Review

Memperkenalkan Bahasa Sunda Lewat Media Kaos Humor Sunda




kaos sunda kata-kata lucu Bandung

Kondisi bahasa Sunda sekarang di kalangan penutur memang masih menjadi media komunikasi yang tetap eksis. Namun sayangnya, seiring perkembangan zaman,  penutur bahasa Sunda pun seakan pareumeun obor jalan seadanya. Namun untuk di Bandung sendiri, tak terkecuali di beberapa kota lain, upaya memperkenalkan bahasa Sunda ini terus digalakan, misalnya adanya Komunitas Fiksimini Sunda, komunitas karinding, komunitas iket, hip hop Sundanis, dan sebagainya.

Upaya lainnya dilakukan oleh Komunitas Mitra Baraya. Komunitas yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat, khususnya di Kota Bandung. Komunitas yang berdiri sejak 2011 ini sampai kini masih aktif membuat media juga event yang berhubungan dengan kesundaan. 

Komunitas Pemberdayaan Masyarakat Sunda
"Kami bergerak atas dasar duduluran (kekeluargaan). Pengurus dan anggota kami berasal dari Bandung sendiri dan kota lainnya yang ada di Jawa Barat. Malah, anggota kami juga ada urang Sunda yang kini mukim di mancanegara. Untuk memperkenalkan khazanah Sunda, kami biasa membuat event tentang kesundaan; membuat media cetak; pelatihan pengenalan bahasa Sunda; hingga pembuatan kaos berbahasa Sunda," demikian tutur Kang Radit salah satu pengurus di CV Mitra Baraya.

Program lainnya adalah bakti sosial, pelatihan usaha, pelatihan menulis, juga pemberdayaan usaha konfeksi dengan bidang garapan produksi kaos tema bahasa Sunda. Untuk pembuatan kaos berbahasa Sunda tersebut, menurut Kang Irfan adalah untuk mengenalkan kata-kata berbahasa Sunda. Ini sebagai pembelajaran tidak langsung kepada masyarakat. Sementara misi lainnya, hasil penjualan kaos ini dipergunakan untuk mengadakan event kesundaan yang dikelola Komunitas Mitra Baraya.

Selain itu, produksi kaos ini juga mengemban misi sosial,

"Dari hasil penjualan kaos tersebut, sebagian lagi kami kumpulkan dan disalurkan kepada seniman-seniman Sunda yang menjadi mitra kami. Salah satunya, kami telah menyalurkannya pada program Tawis Pangajén atau lifetime achievement kepada keluarga seniman almarhum Wa Kepoh, Kang Ibing, dan Kang Darso. Insya Allah, ke depannya kami berupaya untuk  rutin mengadakan program ini," jelas Kang Radit.

Adapun untuk menebar "virus" kata-kata dalam bahasa Sunda lewat media kaos, Mitra Baraya membuka diri bagi siapapun yang ingin membuat kaos dengan bahasa Sunda. Dalam hal ini, baraya bisa kerja sama untuk membuat kaos dengan kata-kata humor Sunda, babasan-paribasa Sunda, waditra Sunda, maupun pepatah-pepatah, dan kata-kata lainnya yang cocok untuk digunakan di kaos. Bidang garapan lainnya adalah membuat kaos-kaos distro tema Bandung. Untuk spesifikasi: bahan kaos katun combed (30s/24s/20s) dan sablon plastisol dengan minimal order 2 kodi (40 pcs).

Bagi Anda yang tertarik untuk kerja sama pembuatan kaos dengan tema kesundaan dan tema Bandung, bisa menghubungi:

0877-2112-3551 (WhatsApp)
0857-9465-9896 (SMS/Tlp)

Info lengkap prosedur pemesanan KLIK DI SINI.