Review

Pentas Para Artis dan Seniman Sunda di Kampung GaSS 2 Sabuga, 19 Agustus 2015





Mulang ka lembur alias pulang kampung rupanya pas untuk perhelatan yang akan digelar di Sasana Budaya Ganesha pertengahan Agustus nanti. Pada tahun 2010 lalu, para artis Sunda pernah mengadakan Karya Musik Panggung (Kampung) GaSS 1 dimana dalam acara tersebut sejumlah pengisi acara seperti Gigi, Kahitna, Rossa, Vina Panduwinata, Camelia Malik, dan artis serta seniman lainnya meramaikan konser.

Pada Kampung GaSS 1 tersebut ada 200 artis yang memeriahkan acara memperingati 200 tahun Kota Bandung yang digelar di Lapangan Gasibu, Bandung. Kini, tahun 2015 sejumlah jumlah musisi ternama hingga musisi indie akan meramaikan pagelaran Kampung GaSS 2 yang bertajuk 'Gasspol'. Acara tersebut rencananya digelar pada hari Rabu, 19 Agustus 2015 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung.

Pengisi Konser Kampung GaSS 2
Pada gelaran kali ini, panggung pentas terbagi dalam 2 panggung outdoor dan special show (indoor). Untuk panggung outdoor diisi oleh: Gigi, The Titans, Project Pop, Sule & Bukan Sekedar Wayang, Smash, Bukan Bintang Biasa (BBB), Iis Dahlia, Kristina, Nassar KDI, Mulan Jameela, Aura Kasih, Java Jive, Dira Sugandhi, The Groove, Tata Janeta, T-Five, Caffeine, KSP Band, Kian, Burgerkill, Seringai, The S.I.G.I.T, /RIP, Pure Saturday, Pas Band, Koil, Rosemary, Don Lego, Cupumanik, The Milo, Angsa & Serigala, Rocet Rockers, The Kubs feat Camelia Malik, Taring, Eyefeelisix, dll.

Untuk panggung special show akan diisi: Rossa, Tulus, Titi DJ. Vina Panduwinata, Cakra Khan, Marcell, Syahrini, Nicky Astria, Elfas's Singers, Dian HP and Friends.

Harga dan Tempat Pembelian Tikeit Kampung GaSS 2
Berdasarkan informasi yang diterima Redaksi www.wisatabdg.com,  acara yang digagas Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GaSS) kali ini, akan menghadirkan beragam pertunjukan musik hingga bazaar. Acaranya sendiri akan dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Untuk tiket Kampung GASS outdoor Rp. 40.000 plus ada tambahan pula yang bisa bawa CD original karya Indonesia akan diberi potongan 50%.

Sementara untuk tiket special show (indoor) ada 3 kategori: VIP Rp. 350.000, Class 1 Rp. 250.000, dan Festival Rp. 180.000. Untuk tiket bisa didapatkan salah satunya di Radio Ardan, Jalan Cipaganti, Bandung.

GaSS dari Sunda untuk Indonesia
GaSS (Gabungan Artis dan Seniman Sunda) merupakan paguyuban dengan lebih dari 400 artis dan seniman sudah bergabung. "Gegedug" GASS adalah Melly Goeslaw yang mendirikan paguyuban ini bersama kawan-kawannya karena kecintaannya terhadap tanah kelahirannya, tanah Sunda. Juga melihat kenyataan bahwa banyak sekali musisi dan seniman besar yang lahir di tanah Sunda, maka pada tanggal 15 oktober 2009, Melly mendirikan GaSS (Gabungan Artis dan Seniman Sunda) dan ia dipilih menjadi ketua. Pelindung paguyuban ini Jenderal (purn.) Agum Gumelar.

Sejumlah program GaSS bukan hanya konser, yang utama adalah membangun keperdulian sesama dengan membantu korban bencana alam, santunan yatim piatu, dan sebagainya. GaSS juga melakukan aksi kepedulian berupa santunan kepada para seniman dan artis senior yang sudah sepuh. GaSS pun giat mengkampanyekan antipembajakan karya.

Pada 26 April 2011, Melly Goeslaw disahkan sebagai Duta HKI (Hak Kekayaan Intelektual) pertama di Indonesia. Ia dipercaya mengemban tugas dalam memerangi pembajakan dan mengingatkan seluruh warga masyarakat baik itu seniman, pengusaha, ataupun wiraswasta mengenai pentingnya Hak Cipta untuk melindungi sebuah karya cipta.