Review

Reuni Akbar Alumni Fakultas Sastra Unpad, 6 Februari 2016





Bagi Anda lulusan Fakultas Sastra Unpad (semua angkatan baik S1 maupun D3) pada Sabtu, 6 Februari 2016 akan digelar reuni akbar alumni. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi sekaligus akan diisi beragam event dan progam. Acara ini dipersembahkan untuk semua alumni Fakutas Sastra (kini Fakultas Ilmu Budaya) Unpad semua angkatan. Kegiatan sebagai ajang silaturahmi mempererat tali persaudaraan sebagai sesama lulusan Fakultas Sastra Unpad.

Sementara untuk kategori alumni akan dibagi dua yaitu "anak pantai" yakni alumni yang dulu kuliah di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur dan dan "anak gunung" untuk alumni yang kuliah di Kampus Unpad Jatinangor. Sementara  konsep acara akan dibuat 100% fun alias hiburan. Susunan kepanitiaan akan melibatkan semua angkatan, termasuk dari fakultas/dekanat.

Rangkaian Kegiatan
Acara lainnya, ikatan alumni Fakultas Sastra Unpad akan memberikan penghargaan untuk dosen purnabakti di setiap jurusan. Kegiatan lainnya akan dilangsungkan pemilihan ketua Alumni Sastra dan mekanismenya akan dibuat tim formatur terlebih dahulu. Adapun untuk kegiatan pemberdayaan pada mahasiswa, akan diluncurkan program CDC (Career Development Centre) yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang akan berkarier.

Untuk mengenang memori masa kuliah, pada event reuni ini akan ada konsep "Museum Sastra" dimana akan menampilkan foto-foto lawas. Pameran foto-foto jadoel tersebut akan dikonsep secara khusus oleh pakar museum yang kebetulan alumni Fakultas Sastra Unpad. Untuk lebih memeriahkan kegiatan reuni akbar, di lokasi kegiatan juga akan mengumpulkan jajanan-jajanan lawas dan hadirnya para pedagang yang tergabung dalam Pedagang Kaki Lima Unpad (Pakilun).

Sejarah Fakultas Sastra Unpad
Berdasarkan informasi dari laman www.unpad.ac.id, Fakultas Sastra Unpad secara resmi dibuka pada 1 November 1958. Pembukaan ini didasarkan atas Surat Keputusan Yayasan Pembina Universitas Padjadjaran No. 6/FS/531 tertanggal 1 Oktober 1958 tentang Pembukaan Fakultas Sastra. Dua tahun kemudian, status  Fakultas Sastra  memperoleh legalitas yang lebih kuat dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri PPK No. 66971/UU/60 tertanggal 12 Agustus 1960 yang menetapkan Fakultas Sastra sebagai salah satu fakultas di lingkungan Unpad.

Fakultas Sastra merupakan fakultas ke-8 di Unpad, dan pada awal berdirinya memiliki 4 jurusan program sarjana yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sunda, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah, serta Bahasa dan Sastra Perancis. Seiring dengan tantangan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi, Fakultas Sastra Unpad telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan di berbagai bidang.

Pada Februari 2012, Fakultas Sastra Unpad berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya (FIB).  Perubahan itu akan berbarengan pula dengan pemberian gelar kepada mahasiswa S-1 yang semula bergelar sarjana sastra (SS) menjadi sarjana humaniora (S.Hum).

Informasi dan kontak seputar Reuni Akbar Alumni Fakultas Sastra Unpad
- Website: www.alumnisastra.or.id
- Group Facebook: di sini.