Review

Kegiatan dan Acara De Syukron 5, Peringatan Hari Jadi Jawa Barat





Bagi Anda yang ingin mengisi kegiatan akhir pekan di Bandung bulan Oktober 2015 ini, di seputaran Geduang Sate - Gasibu akan digelar De Syukron. Kali ini merupakan event De Syukron yang ke-5, dimana Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) akan ikut mengisi kegiatan milangkala tersebut. Pada Jumat, 23 Oktober 2015 akan tampil Cakra Khan, Tata Janeta, Hedi Yunus, Armand Maulana, Melly Goeslow, Dewi Gita, dan Nassar.

Sementara pada, Sabtu 24 Oktober akan tampil The Titans, Sarasvati, Nelly Agustin, Kristina, dengan Host Deswita Maharani. Tak kalah menari, akan digelar pula Pelepasan 2000 balon led, juga pagelaran wayang golek Dadan Sunandar Sunarya pada Jumat 23 Oktober.

Video Mapping dan Kembang Api
Untuk lebih memeriahkan De Syukron, akan ada juga pertunjukan Video Mapping dan kembang api. Kedua pertunjukan tersebut akan digelar pada Sabtu, 24 Oktober 2015.  Dengan tema “Jabar Kahiji, Jabar Kreatif dan Bestari” Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-70, Pesta Rakyat De Syukron ke 5 juga akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jumat, 23 Oktober 2015 pada pukul 08.30 WIB.

Bagi pengunjung yang ingin berbelanja, ada juga pameran multi produk, peserta kedutaan negara sahabat, anggota mitra praja utama, kabupaten/kota, perguruan tinggi, wirausaha kreatif, kuliner, jajanan tempo doeloe, komunitas hobi, klub, dan sponsor. Selain pertunjukan para artis Ibu Kota yang tergabung dalam GASS, pada acara pesta rakyat ini akan diadakan pula Drapping Contest yakni seni merancang busana dari lembaran kain sarung pada manekin tanpa proses jahit mesin. Kegiatan ini direncanakan akan memecahkan rekor muri diikuti oleh 635 peserta. Kegiatan lainnya ada Fashion Show On The Street Jabar Ngagaya “Gandrung Kasarung 3”.

Gelaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD):
Sementara kegiatan lain yang digelar oleh OPD antara lain:
1. Diskominfo Jabar akan menyajikan Kampung TIK. 
2. Biro Otda dan Kerjasama akan menghadirkan peserta pameran dari Mitra Praja Utama dan Kedubes Sister City yang telah menjalin kerjasama dengan Pemprov.
3. Badan Ketahanan Pangan akan menggelar icip-icip makanan nonberas gratis.
4. Dinas Perikanan dan Kelautan akan menggelar icip-icip makanan dari bahan serba ikan gratis.
5. Dinas Peternakan akan memberikan telor dan susu gratis bagi pengunjung.
6. Dinas Sosial akan membuka dapur umum dan makanan gratis untuk pengunjung.
7. Dinas Kesehatan akan menggelar pemeriksaan kesehatan semacam cek kolesterol, asam urat, lemak darah, pap smear.
8. Biro Pemum yang akan menggelar Pembuatan E-KTP Gratis.
9. Dinas Perindustrian dan Perdagangaan mengadakan kegiatan karnaval.
10. Dinas Perkebunan menyelenggrakan Tea Festival mulai tanggal 23 - 25 Oktober 2015
11. Dinas Pariwisata akan menyelenggarakan “Kemilau Nusantara”. Event ini berupa helaran seni dan budaya tanggal 25 Oktober 2015. Kemilau Nusantara rencananya akan diikuti oleh 16 provinsi dan 26 kabupaten/kota.