Review

Persiapan Jelang Laga Final Persib VS Sriwijaya FC





Gegap gempita warga Jawa Barat, khususnya warga Bandung sendiri begitu terasa saat Persib sukses menjadi kampiun ISL 2014. Waktu itu, Persib Bandung berhasil  juara setelah hampir dua dekade puasa gelar. Drama di Stadion Jakabaring tersebut, Persib mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 5-3 melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2. Bobotoh Persib pun membirukan Kota Bandung. Walau, saat itu ada insiden-insiden di jalan ketika Bobotoh pulang dari Palembang. Lapangan Gasibu pun akhirnya menjadi lautan manusia dimana tak sedikit yang terluka karena ulah oknum Jakmania yang melempari bus yang mengangkut Bobotoh.

Kini, ekspektasi Bobotoh untuk mengulang perayaan kemenangan tersebut sudah di depan mata. Adalah Sriwijaya FC yang akan menjadi lawan pada pertandingan final Piala Presiden 2015. Pertandingan super big match ini akan digelar pada Minggu, 18 Oktober 2015 selepas magrib. Bobotoh pun sudah disiapkan untuk membirukan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai tempat laga final. Diperkirakan 60 - 80 ribu Bobotoh siap menggetarkan lapangan di Senayan tersebut. Persiapan digeber para Bobotoh untuk berangkat ke Ibu Kota. Rayon-rayon Viking dan jaringan Bobotoh lainnya sudah menyiapkan bus-bus untuk mengangkut para pendukung Persib ke Jakarta.

Keamanan Super Ketat
Tak terkecuali, aparat keamanan pun dikerahkan secara maksimal untuk mengamankan laga ini. Maklum saja, laga yang digelar di Jakarta ini berpotensi besar menimbulkan gesekan antara Bobotoh dan The Jakmania. Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya menyiapkan 30 ribu personel untuk mengamankan jalannya final Piala Presiden. Kodam III Siliwangi pun menyiapkan kendaraan cadangan truk sekira 40 hingga 50 unit untuk membantu Bobotoh. Sementara pihak Polri dari Polda Metro Jaya menyiapkan aparat sekitar 7.000 personil, Korps Brimob 1.000 personil, pasukan Kodam Jaya dan Kostrad 2.000-3.000 personil.

Komitmen dari Bandung
Sebelumnya, pada Rabu, 14 Oktober 2015, bersama manajemen PT. PBB (Persib Bandung Bermartabat), pihak keamanan, dan Wali Kota Ridwan Kamil, perwakilan bobotoh mengadakan pertemuan di Grha Persib, Jl. Sulanjana No.57, Bandung. Dalam acara tersebut, baik Umuh maupun Emil memberikan pengarahan kepada Bobotoh untuk menjaga suasana kondusif saat melakukan perjalanan ke Jakarta. Pihak Bobotoh pun mengeluarkan delapan pernyataan sikap yang pada intinya akan selalu menjaga kondusivitas.