Review

Bandung Kota Selfie




Bandung Kota Selfie

"Bandung Kota Selfie" rasanya ungkapan tersebut sekarang ini cocok buat menambah  julukan baru bagi kota ini. Beragam tempat di seputaran Bandung tak luput dari perhatian para pelancong untuk berwisata. Bandung sebagai kota wisata terus mengalami perkembangan. Indikatornya, selalu ada saja hal-hal baru di Bandung yang selalu diburu para wisatawan. Hal ini ditunjang juga dengan kreativitas urang Bandung yang selalu saja ada hal-hal baru untuk menjadi trending di dunia maya. Mungkin juga Anda termasuk yang selalu menunggu apa yang baru di Bandung?

Peran media sosial pada perkembangan wisata
Perkembangan teknologi informasi turut juga mendukung cepat tersebarnya informasi wisata di Kota Bandung. Maka, trend demi trend pun silih berganti. Entah itu trend wisata alam, wisata kuliner, ataupun event-event yang ada di Bandung. Kecepatan perubahan trend pun seiring dengan trending topic di jejaring media sosial. Kita masih ingat dengan trend bagaimana para penikmat pemandangan alam yang ramai-ramai mengunjungi Tebing Keraton, Bukit Moko, atau sekadar berbasah-basah ria di Sanghyang Heuleut. 

Bukan hanya wisata yang menyajikan pemandangan alam, di tengah kota pun trend kunjungan wisata begitu kentara. Apalagi dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Ridwan Kamil. Kiprah sang Wali Kota dalam membenahi Bandung menciptakan kekuatan basis informasi massa di media sosial. Hal ini ditindaklanjuti dengan kegiatan di lapangan.

Maka, kegiatan membenahi Taman Alun-Alun, kawasan Cikapundung, hingga pembuatan taman-taman di beberapa titik telah mengundang masyarakat untuk berkunjung. Lihatlah sekarang di kawasan Alun-Alun, orang rela berdesak-desakan di Jln. Ir. Sukarno, nongkrong di depan Gedung Merdeka, ataupun sekadar bersantai di Taman Alun-Alun.

Fenomena lainnya dengan program adanya Bandung Tour on Bus alias Bus Bandros. Sepertinya, belum sah ke Bandung kalau belum naik bus bertingkat ini. Pokoknya, segala hal yang baru yang ada di Bandung selalu menjadi buruan. Hal itu lebih dari sekadar hiburan, yang penting momen atau objek bisa diabadikan untuk diunggah ke media sosial.

Pesona Bandung bagi wisatawan
Informasi pun secara viral menyebar dan membuat yang lain tertarik untuk ikut mengunjungi. Bahkan, hingga objek manusia berbusana pocong pun tak luput dari objek untuk swafoto (selfie). Awal tahun hingga pertengahan 2015, muncul trend untuk foto bareng para pemain sinetron Preman Pensiun yang kebetulan lokasi shootingnya di seputaran Bandung.

Bandung memang menyimpan berjuta pesona bagi warganya sendiri maupun para pendatang yang berwisata di kota ini. Maka, budaya selfie pun seakan menjadi bagian dari "promosi gratis" tempat wisata, kuliner, atau event-event di Bandung. Namun, semua itu kembali pada tujuan berwisata yakni untuk menghibur diri. Dan kegiatan wisata tak afdol rasanya jika tidak foto atau video dokumentasi.


Foto Anda ingin nampang di antara kumpulan foto-foto tersebut? Silakan posting saja di akun Instagram Anda sendiri dengan tema foto seputar kegiatan wisata Anda di Bandung. Untuk bisa ditampilkan di grid gambar tersebut, caranya di caption tinggal pakai #wisatabandung, maka foto baru dengan hashtag tersebut akan otomatis update sendiri di grid tersebut. Selamat bereksis ria!