Review

Menikmati Kuliner Nusantara di Rumah Makan Alas Daun




Rumah Makan Alas Daun Bandung

Menghadirkan  suasana  tradisional  dan  membangkitkan citarasa  yang  berbeda merupakan konsep Rumah Makan  Alas  Daun sehingga "tega" membiarkan para tamunya makan "hanya" beralaskan daun pisang. Ternyata konsep yang dianut pengelola  rumah  makan ini tidak sembarangan. Karena ternyata, nasi panas yang  dituangkan  ke atas daun pisang memiliki aroma yang lebih wangi  dibandingkan memakai piring dan dipercaya bisa  membangkitkan  selera makan.

Menu Tatar Parahyangan dan Nusantara
Rumah  makan yang dibuka pada 15 April 2011 ini  juga  menyajikan menu tradisional lain dalam daftar menu yang dihidangkan.  Antara lain  tumis  genjer, nasi liwet parahyangan, karedok, dan  lain-lain. Dilengkapi dengan berbagai jenis sambal sebagai  pelengkap hidangan,  seperti sambal hejo dadakan, sambal terasi,  dan  yang superpedas, sambal halilintar.

Meski  nuansa  Sunda  sangat kental terasa di  rumah  makan  yang terletak di Jln. Citarum No. 34, Cihapit (dekat Pusdai), Bandung Wetan ini, namun makanan  yang  tersedia tidak hanya dari  Tatar  Sunda. Beberapa makanan  dari  penjuru Indonesia lainnya, seperti  Lombok,  Bali, Padang, Jawa, Makassar, terdaftar dalam menu.

Beberapa  makanan  yang dihidangkan antara lain  orak-arik  bunga pepaya,  bandeng  pepes, gepuk, ulukutek,  gado-gado,  dan  sayur asem.  Ada juga seafood berupa olahan barakuda,  bawal, kakap, dan lain-lain dengan bumbu acar kuning. Sajian andalan rumah makan ini antara lain turuwuk, semacam tumis dengan bahan dasar bunga tebu yang dipesan dari luar kota. Dipadukan  dengan  udang,  cabai, dan bumbu-bumbu  lainnya.  Ada  juga jengkol  crispy, tempe mendoan, sate maranggi, ayam bakar  gurih, dan lain-lain.

Puas menikmati makanannya, tentulah tidak lengkap tanpa  minuman. Tenang saja, Rumah Makan Alas Daun pun menyediakan aneka  minuman seperti  minuman  ringan, soft drink, jus,  dan  koleksi  minuman spesial dengan nama-nama unik, seperti karembong ungu,  karembong kayas, dan es lyce biru.

Harga Menu Rumah Makan Alas Daun
Selain memiliki beragam hidangan dan minuman, harga yang  dipatok pun  cukup  ramah di kantong. Harga makanan  berkisar  antara  Rp 5.000  hingga Rp 25.000. Sementara harga minuman sekitar Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Rumah  makan ini pun cukup luas sehingga mampu  menampung  hingga 280 orang, dengan beberapa space yang terbuka dan dihiasi rimbunnya  tumbuhan sehingga terasa asri khas perdesaan. Sangat  cocok bagi Anda yang hendak melakukan gathering atau adara-acara  perusahaan.  Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul  10.00  WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Mencari  Rumah Makan Alas Daun cukup mudah karena letaknya  hanya beberapa  ratus  meter dari ikon Kota Bandung dan  Provinsi  Jawa Barat, yaitu Gedung Sate. Bila Anda datang dari arah Gedung Sate, Jl. Diponegoro Bandung, beberapa ratus meter dari kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat itu tingga belok ke kanan masuk ke  Jl. Citarum. Anda pun akan menjumpai Rumah Makan Alas Daun di sebelah kiri  jalan.

Sementara  bila  Anda  datang dari arah  Jl.  Supratman,  sebelum mencapai Gedung RRI, tinggal belok kiri saja ke Jl. Citarum. Nah, setelah muter-muter Kota Bandung, tidak ada salahnya Anda mampir sejenak  ke rumah makan yang menyajikan makanan secara  prasmanan ini. Selamat mencoba!

Rumah Makan Alas Daun
Jalan Citarum No. 34, Cihapit, Bandung Wetan
 Telepon:022-7231101
- Foto-foto di Rumah Makan Alas Daun lihat di sini
- Video di Rumah Makan Alas Daun tonton di sini