Review

April 2016, Skywalk Dibangun di Cihampelas





Pemerintah Kota Bandung beberapa waktu lalu menyataka tahun 2016 ini akan melakukan pedestrianisasi, dengan membangun sejumlah pedestrian yang nyaman dan keren bagi para pejalan kaki. Salah satu area pedestrian yang akan diwujudkan tahun ini berada di Jl. Cihampelas. Skywalk ini nantinya akan tersambung pula dengan tempat-tempat belanja.

Di  jalan  ini, Pemerintah Kota Bandung akan membangun skywalk sepanjang 500 meter, dimulai dari Rumah Sakit Advent hingga Hotel  Promenade. Skywalk adalah jembatan khusus bagi para pejalan kaki, yang membentang di atas atau di pinggir jalan. Dengan keberadaan skywalk, para pejalan kaki bisa melenggang dengan aman dan nyaman, dan kendaraan pun bisa melaju tanpa lalu lalang orang  yang menyeberang.

Target Selesai Desember 2016
Sebagai  langkah awal, Pemerintah Kota Bandung telah menyosialisasikan rencana pembangunan skywalk ini kepada warga yang  bermukim  di sekitar Jl. Cihampelas, dengan mengundang mereka ke Pendopo  Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Kamis (11/2/2016) malam.

Maret mendatang diharapkan sudah ada pemenang lelang proyek  ini, sehingga  pembangunan bisa dimulai April tahun  ini.  Pembangunan skywalk diharapkan selesai dalam tujuh bulan  dan bisa mulai digunakan pada Desember 2016. 

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, skywalk yang akan menggunakan struktur baja ini tidak akan dibangun di pinggir jalan utama, sehingga tidak akan mengambil jalan aspal atau lahan warga. Biaya  yang dibutuhkan untuk membangun  skywalk, ungkap Emil, sekitar Rp 60 miliar hingga Rp 70 miliar.

Terhubung dengan Pusat Perbelanjaan
Selain untuk memanjakan pejalan kaki dan pengunjung ke kawasan belanja Cihampelas, imbuh Emil, skywalk juga bisa menambah ruang usaha. Toko-toko yang berjejer di Jl. Cihampelas, nantinya  bisa menaikkan bangunannya hingga berlantai tiga, sehingga memudahkan para pejalan kaki dari skywalk untuk masuk ke toko dan  berbelanja.

Potensi ekonomi tersebut tentu saja disambut baik sebagian besar pemilik usaha dan warga. Hal itu terungkap saat pemerintah  kota melakukan sosialisasi skywalk kepada warga dan pengusaha di Pendopo Kota Bandung, Kamis (11/2/2016) malam.  

Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL)
Emil  mengungkapkan, selain membangun skywalk, Pemerintah  Kota Bandung juga akan menata pedagang kaki lima (PKL) di Jl. Cihampelas  dengan memfasilitasi mereka untuk berjualan di atas.  Dengan penataan, nantinya area bagian bawah bebas dari PKL sehingga arus lalu lintas pun lancar karena tidak ada lagi pejalan kaki  dan pedagang yang sering menyita badan jalan.

Pembangunan  skywalk  sebenarnya  merupakan  rencana yang  sudah didengungkan sejak tahun 2014. Saat itu, wacananya skywalk  akan membentang dari Tamansari hingga Cihampelas. Waktu itu, Ridwan Kamil telah melakukan pertemuan bersama Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan atau Pusjatan. Maka, bila hal ini terwujud, akan mengurangi penumpukan kendaraan di kawasan Cihampelas karena para pengendara bisa memarkirkan kendaraannya  di  Tamansari, kemudian berjalan melalui skywalk untuk berwisata belanja di  Jl. Cihampelas.