Review

Asyiknya Seluncuran di Curug Cipanji, Ciwidey




Curug Cipanji Tenjolaya Ciwidey

Buaian alam nan segar dengan hawa pegunungan yang membuai akan Anda rasakan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Salah satunya adalah Curug Cipanji yang bisa coba Anda eksplor keindahannya. Curug Cipanji sepertinya akan menjadi destinasi wisata baru yang bakal trending. Bagi Anda yang berjiwa petualang atau tukang jarambah (suka main ke tempat jauh dan penuh tantangan), rasanya belum lengkap bila belum menjajal lokasi wisata eksotik ini. Apalagi tempatnya berada di kawasan Ciwidey yang selama ini dikenal sebagai surganya para wisatawan yang berkunjung ke Bandung selatan. Curug atau Air Terjun Cipanji secara administratif berada di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Kejernihan air Curug Cipanji menjadi magnet bagi para penjajal petualangan alam. Maklum saja, air terjun ini berada di kaki gunung. Air terjun ini merupakan bagian dari tujuh air terjun yang ada di Gunung Cipanji. Di bawah air terjun, Anda bisa menyaksikan keindahan gemericik air plus air yang sangat jernih. Keunikan Curug Cipanji adalah air terjunnya yang bertingkat-tingkat dengan ketinggian paling atas yaitu sekitar 25 meter. Di tingkat terdasar ada curug yang tingginya 6 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Kadangkala dinding air terjun suka menjadi perosotan alami. Pengunjung dengan asyiknya bisa ngagolosor (meluncur) di batuan besar yang menjadi lintasan air.

Rute Menuju Curug Cipanji
Untuk ke curug di kaki Gunung Cipanji ini kita melewati rute ke Ciwidey. Jaraknya sekitar 35 km dari Bandung.  Rute yang dilalui untuk mencapai kawasan ini adalah Bandung - Ciwidey - Desa Tenjolaya. Untuk  ke tempat ini, jalannya lumayan mulus. Saat Anda sampai di Desa Cigenteng ke lokasi dengan bejalan kaki sejauh kurang lebih 1,5 km. Sambil berjalan, kita bisa melihat keindahan hamparan perkebunan teh. Dari arah perkebunan 1,5 km lagi kita masuk hutan.

Jalan masuk menuju Jalan Tenjolaya tidak jauh dari Alun-Alun Kecamatan Ciwidey (PLN Ciwidey). Masuk ke jalan yang tidak terlalu lebar lalu nanti ada pertigaan (depan Madrasah Tsnawiyah), ambil ke kanan. Terus hingga ada pertigaan lagi ambil kanan lagi dan kita akan melewati perkebuban teh.

Adapun perkebunan teh yang kita lewati tidak terlalu luas dan ada permukiman penduduk. Untuk motor, kita bisa menitipkannya di rumah penduduk. Sensasi hiking inilah yang bisa menjadi kegiatan wisata baru. Dengan perjalanan sekitar satu jam menuju lokasi, tak akan terasa saat melewai keindahan perkebunan dan area hutan pinus. Belum lagi dengan sensasi lain melintasi aliran-aliran sungai  kecil, apalagi saat kemarau.

Curug Cipanji
Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung

- Foto-foto di Curug Cipanji lihat di sini
- Video di Curug Cipanji tonton di sini