Review

Sampaikan Ide Kreatif Anda di Situs Inovasi Urang Bandung (Iuran)




situs iuran inovasi urang bandung

Apakah Anda memiliki ide dan inovasi untuk membangun Kota Bandung? Jika ya, sebaiknya Anda segera menyampaikan gagasan tersebut ke situs iuran.id. Karena saat ini, Pemerintah Kota Bandung sedang mengumpulkan dan menyeleksi ide-ide kreatif warganya untuk  menjadikan Bandung sebagai kota yang lebih baik dan lebih maju.

Apabila ide Anda terpilih dari sekian banyak pemberi ide, maka hadiah menarik menanti Anda. Selain akan mendapatkan hadiah uang tunai, Anda pun akan diangkat Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk menjadi deputi wali kota selama satu hari. Sementara juara kedua, ketiga, dan keempat, mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Kontes Andai Aku Wali Kota
Semua warga Kota Bandung memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti kontes yang diberi nama "Andai Aku Wali Kota" ini. Syaratnya, Anda memiliki ide cemerlang yang inovatif dan bisa diterapkan untuk kemajuan Kota Bandung. 

Salah satu juri yang akan menyeleksi ide-ide peserta adalah orang nomor satu di Kota Bandung, Ridwan Kamil. Menurut Emil dalam akun Instagramnya, pemenang kontes yang seru dan langka ini nantinya akan menemaninya selama satu hari dari pagi sampai malam untuk menjadi deputinya.

Melalui kontes ini, komunitas dan masyarakat umum bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung, akademisi, dan pebisnis mewujudkan ide-ide inovatif dari berbagai aspek. Dalam situs iuran.id juga dinyatakan, tujuan utama kontes ini untuk merekrut komunitas yang memiliki pemikiran terbuka, mengumpulkan ide-ide inovatif dari komunitas, dan menyelidiki isu-isu yang sedang bergejolak di publik yang nantinya akan ditindaklanjuti pemerintah maupun sektor swasta. 

Respons positif atas kontes ini berdatangan dari warga Kota Bandung. Karena banyaknya peminat, pengumpulan ide yang semula akan ditutup pada akhir Februari 2016 sejak dibuka pada 15 Desem¬ber 2015, akhirnya diperpanjang hingga 15 Maret 2016. Hingga Kamis (25/2/2016) pukul 00.30 WIB, 635 ide sudah masuk ke situs iuran.id. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme dan kepedulian warga terhadap kotanya.

Aplikasi Pemetaan Potensi dan Permasalahan Kota Bandung
Dalam situs iuran.id, selain bisa menyampaikan ide, Anda juga bisa menilai ide-ide dari anggota lain dengan memberikan rating (dari 1 sampai 5 bintang). Rating dari peserta lain ini akan sangat memudahkan juri dalam memberikan penilaian mengenai tingkat inovatif suatu ide.

Agar bisa berpartisipasi dalam kontes ini, tentu saja Anda harus melakukan registrasi menjadi anggota iuran.id. Antara lain melakukan log in, memasukkan informasi pribadi, menyetujui semua persyaratan dalam situs iuran.id, dan mendaftar. Langkah selanjutnya adalah menuliskan dan menjelaskan ide Anda, disertai foto, judul, tag, dan bahkan dengan melampirkan video.  

Beberapa ide yang disampaikan antara lain mengenai penanganan sampah, perbaikan moda transportasi umum, perbaikan maslah pendidikan. Dan, ide yang paling populer dalam platform iuran.id hingga Kamis dini hari adalah CAREative Bandung! yang mengusulkan pembuatan aplikasi pada ponsel untuk memetakan potensi dan permasalahan di wilayah-wilayah Kota Bandung.

Nah, bila Anda selama ini memiliki ide-ide  yang "mendobrak" dan positif, jangan simpan ide itu seorang diri dan mengendap lebih lama, segera tuangkan ide Anda ke iuran.id. Siapa tahu ide Andalah yang terpilih, sehingga ketiban pulung menemani Kang Emil berkontribusi demi kemajuan Kota Kembang Bandung yang kita cintai. Yah, lumayan kan walaupun cuma sehari...