Review

Wisata Pengolahan Berlian, Destinasi Wisata Baru di Kota Bandung




Wisata Pengolahan Batu Permata Dago Bandung

Berlian  selama ini dihubungkan dengan perhiasan-perhiasan  mewah yang  biasanya menghiasi anggota-anggota tubuh kalangan  menengah ke  atas, seperti pengusaha atau artis-artis  ternama. Sementara bagi kalangan menengah ke bawah, batu mulia ini  adalah  sesuatu yang tidak terjangkau dan hanya bisa melihatnya ketika  dikenakan kaum high class.

Namun kini, "keagungan" berlian itu coba dikikis dengan  membawanya  lebih dekat pada masyarakat, bahkan dengan harga  yang  terjangkau. Itulah yang akan dilakukan pabrik pengolahan berlian di daerah Dago Atas, Kompleks Citra Green Blok N No-1-10, yang  akan dibuka  untuk umum pada akhir Februari tahun ini  dan  diharapkan menjadi destinasi wisata favorit baru.

Indo Wisata Permata (IWP), itulah nama yang disematkan pada objek wisata  baru  di Kota Kembang yang menawarkan  wisata  pengolahan berlian  di pabrik yang memiliki peralatan  berteknologi  canggih ini. Langkah IWP untuk membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat  untuk melihat proses pengolahan berlian merupakan  langkah inovatif dan "revolusioner" karena selama ini, pabrik  pengolahan berlian seperti di India dan Eropa selalu tertutup untuk umum.

Wisata Edukatif
Menurut  pengembang IWP, Yudi Yopie Mesah, langkah ini  dilakukan untuk  memberikan  wisata  edukatif kepada  masyarakat  sehingga mereka mengetahui bagaimana pengolahan yang baik dan benar  sebutir berlian, dari masih berupa intan (rough  diamond), pemotongan  batu  permata dengan mesin  laser  yang berteknologi canggih,  hingga proses terakhir menjadi berlian yang cantik  dan berkualitas tinggi (excellent).

Dengan mengenal berlian lebih dekat, masyarakat diharapkan  tidak "minder" lagi pada berlian dan tidak menganggapnya sebagai barang yang hanya cocok untuk kaum menengah ke atas. Karena dengan  uang sekitar  Rp 2 juta saja sudah bisa memiliki berlian  yang  cantik untuk perhiasan.

Selain itu, IWP juga ingin menunjukkan dan memperkenalkan berlian produksi  Indonesia  yang kualitasnya  tidak  kalah  dibandingkan berlian  dari  Afrika Selatan itu memang terkenal sebagai  negara penghasil batu  permata terbaik di dunia. Salah satunya  permata  berukuran 29,6 karat yang ditemukan belum lama ini.  Selama ini, Indonesia mengandalkan Martapura di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, sebagai penghasil intan terbesar di  Nusantara.

Kualitas permata Indonesia sebenarnya merupakan  salah satu yang  terbaik di dunia. Sayangnya, pengolahan yang  masih  tradisional  membuat  kualitas  berlian yang  dihasilkan  tidak  mampu menyaingi berlian dari Afrika Selatan.

Yudi  Yopie  Mesah berharap kehadiran IWP sebagai  objek  wisata pengolahan  berlian  akan  semakin menambah  khazanah  wisata  di Bandung yang selama ini dikenal sebagai surga kuliner dan factory outlet. IWP pun diharapkan masuk ke dalam daftar tujuan wisatawan dari dalam dan luar negeri saat melancong ke Kota Bandung.

Harga Tiket Masuk
Pengunjung cukup membayar voucher Rp 50.000 per orang. Voucher ini bisa untuk potongan harga dari berlian yang Anda beli. Namun tidak beli berlian juga tidak apa-apa karena ini tempat wisata edukasi dan belanja. Bagi yang tidak membeli berlian, voucher bisa ditukarkan makanan dan minuman yang tersedia di kafe yang ada di tempat wisata ini.

Rute Menuju Lokasi
Lokasi wisata asah berlian ini berada di Kompleks Cipta Green Dago Blok N 1-10, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Adapun lokasinya tak jauh dari Jalan Ir H Juanda (Dago). Anda bisa menyusuri Jalan Dago hingga terminal Dago, setelah terminal belok ke kiri. Di sini, kondisi jalan menurun cukup curam, lalu disambut tanjakan. Dari sana, tinggal susuri jalan utama Kompleks Cipta Green Dago. Anda akan melewati Sekolah Internasional Stamford. Jaraknya hanya 10 meter dari sekolah ini, ada di sebelah kiri.

Tempat wisata tematik tersebut mulai dibuka untuk umum hari Minggu, 14 Februari 2016.
"Tapi ini baru soft launching, untuk menerima masukan dari para pengunjung. Kalau sudah benar-benar siap, baru kami grand launching dalam 2-3 bulan ke depan. Mudah-mudahan lebih cepat," kata pria asal Bandung itu.

- Lokasi Kompleks Cipta Green Dago lihat di sini
- Foto-foto di Indo Wisata Permata lihat di sini