Review

Wisata Pasar di Kota Bandung




Wisata Pasar Terkenal  di Bandung

Pasar identik dengan tempat belanja kaum ibu-ibu untuk membeli kebutuhan sehari-hari, terutama kebutuhan memasak. Namun, jika Anda ingin menjajal wisata di Bandung, cobalah sekali-kali untuk jalan-jalan ke pasar rakyat yang ada di seputaran Bandung. Memang, pasar di seputaran Bandung sama seperti pasar umumnya yang menyediakan segala kebutuhan, utamanya untuk kebutuhan memasak.

Namun, bukan Bandung namanya jika tidak ada yang unik di antara pasar-pasar yang ada. Bisa disebut juga pasar-pasar tersebut mengusung konsep tematik. Wisatawan mungkin lebih mengenal Pasar Baru sebagai ikon pasar di Bandung. Maklum saja pasar terbesar dan termegah di Bandung ini menyediakan segala kebutuhan pengunjung, utamanya belanja sandang. Tapi bila Anda ingin mencoba lokasi pasar lain, bakal menemukan hal-hal unik dan kiranya menarik untuk menjadi salah satu tujuan Anda berbelanja di Bandung.

Apa saja ciri khas barang-barang yang dijual di pasar tersebut? Berikut ini pasar-pasar yang bisa menjadi salah lokasi untuk penjelajahan wisata Anda di Kota Bandung.

1. Pasar Cihapit
Tempat ini sudah lama berdiri dari zaman penjajahan. Namun, pada awal 2016 pasar di  dekat Jalan Riau Bandung ini semakin trending. Penataan Pasar Cihapit dengan konsep yang lebih asyik buat nongkrong atau berburu kuliner enak dan murah meriah menjadi magnet baru di Bandung. Belum lagi dengan kekompakan para pedagang yang memunculkan konsep tematik, misalnya para pedagang menggunakan pakaian khas Sunda (pangsi dan iket). Para pedagang di sini pun sudah turun temurun.

Tempat ini welcome banget bagi para pengunjung. Tempatnya pun tertata rapi dan bersih. Di pasar ini, kadang pula digelar aneka pertunjukan seni untuk menghibur pengunjung. Jadi, tempat ini bukan saja sebagai sentra aneka kebutuhan namun juga bisa menjadi sensasi lain para pengunjung. Bagi yang senang ngopi banyak kedai-kedai kopi ala kafe dengan harga terjangkau. Bagi yang senang makanan berat, ada juga penjual makanan semisal Warung Bu Eha yang legendaris. Lokasi ini pun dikenal dengan sentra barang-barang antik dan barang elektronik.

2. Pasar Jatayu dan Pasar Banceuy
Bagi yang tengah cari onderdil bekas, bisa ke Pasar Jatayu di arah barat dekat Jln. Pajajaran/arah Bandara Husein Sastranegara. Tempat ini pun terbilang lengkap bagi yang mencari barang-barang besi atau peralatan rumah tangga. Lokasi lainnya yang dikenal sebagai sentra onderdil yakni di Jalan Banceuy. Lokasi pasar arah timur/arah selatan Alun-Alun Bandung ini dari zaman dulu menjadi rekomendasi bagi para pencari onderdil bekas.

3. Pasar Leuwipanjang
Letaknya dekat dengan Terminal Leuwipanjang, sedikit ke arah utara (ke arah stopan RS Immanuel/Jln. Peta). Pasar ini selain menyediakan aneka kebutuhan pangan juga dikenal sebagai sentra penjual jaket kulit dan ikan hias. Di sini pun tersedia aneka macam oleh-oleh khas Bandung. Sentra oleh-oleh pun ada sebelah timur area luas Terminal Leuwipanjang. Dari Pasar Leuwipanjang, bisa diteruskan ke arah selatan yakni ke sentra sepatu Cibaduyut.

4. Pasar Andir
Pasar ini bagi urang Bandung menjadi alternatif Pasar Baru. Bagi Anda yang ingin belanja aneka pakaian dan perlengkapannya, coba ke pasar ini. Gunakan jurus adu tawar. Maka, Anda pun bisa puas membeli aneka barang sandang dengan harga yang tak terlalu menguras dompet. Pasar ini berada di arah barat Pasar Baru, dari Jln. Asia Afrika terus lewat Jln. Jenderal Sudirman. Pasar ini dekat juga dengan Pasar Jatayu (arah selatan dari Pasar Jatayu/Pasar Ciroyom).

5. Cimol Gedebage
Dulu di Bandung ada Cibadak Mall, pasar PKL di Jalan Cibadak (dekat Pasar Baru) yang lebih dikenal dengan Cimol. Ini merupakan sentra pakaian bekas branded dan berkualitas. Namun kemudian pindah ke Pasar Induk Gedebage. Kini, nama "Cimol" pun masih melekat walau pindah lokasi. Anda bisa mencari barang bekas berkelas dan jangan lupa tawar barang sebanting-bantingnya.

6. Pasar Cikudapateuh dan Pasar Kosambi
Pasar Cikudapateuh terkenal dengan sentra sepatu, perlengkapan TNI/Polisi, dan barang-barang bekas. Untuk barang bekas ini ada kursi, filling cabinet, meja, dsb. Walau bekas, namun kualitasnya dijamin tidak mengecewakan. Maklum saja barang-barang di sini biasanya dari kantor-kantor bonafide atau dari hotel-hotel. Dekat Cikudapateuh ada Pasar Kosambi yang menyediakan aneka kebutuhan pangan dan sandang. Di sini pun berjejer penjual oleh-oleh. Bila Anda sekalian ingin mencipi kuliner, datang saja pada sore hari. Di sekitaran pasar ini banyak penjual makanan yang enak-enak.

7. Pasar Cikapundung
Bagi yang sedang jalan-jalan di Alun-Alun Bandung (Taman, Gedung Merdeka, atau Braga) sekali-kali bisa menyambangi pasar ini. Lokasinya dekat dengan Gedung Merdeka (arah barat Jln. Braga/Bank BJB). Di sini dikenal dengan pasar elektronik dan barang antik.Bagi yang ingin mengoleksi TV, radio, vinyl, kaset, telepon, kursi, mesin jahit, uang, kamera, atau barang-barang jadoel antik lainnya bisa mencarinya di sini.

Selain pasar-pasar tersebut, masih ada lokasi belanja lainnya yang layak Anda sambangi sesuai kebutuhan masing-masing. Ada Pasar Buku Palasari (dekat Hotel Horison), sentra distro Parahyangan Plaza (Alun-Alun), Jalan Malabar (sentra sepeda), Jln. Cigereleng/stopan Jln. Moh. Toha (sentra mebel bekas), pasar subuh Buah Batu/utara stopan (sentra kue), sentra kain Cigondewah, Pasar Kordon (sentra aneka pisang), Pasar Sukahaji/dekat Mall Festival Citylink (sentra penjual burung), sentra busana muslimah Jln. Buah Batu, dan yang terbaru bakal hadir Art Market di Jln. Jakarta, Bandung.