Review

Bandung Jadi Tuan Rumah Asia Tourism Forum (ATF) 2016




Asia Tourism Forum 2016 Bandung

Bandung menjadi tuan rumah Asia Tourism Forum (ATF) 2016. Event ini digelar oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) yang berlokasi di Jln. Setiabudhi, Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dahulu dikenal dengan nama NHI (baca: eNHaii). Dijadwalkan, 20 delegasi negara yang akan menghadiri gelaran forum pariwisata Asia ini. Sebelumnya pada 2012 lalu, STP Bandung pernah menggelar event serupa. Untuk event kedua kalinya tahun ini mengambil tema 'A New Approach To Wonderful Tourism'.

Event ATF pertama kali digelar pada 1993 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. Acara ini rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan kini Indonesia menjadi tuan rumah. ATF menjadi forum internasional yang mewadahi para praktis industri pariwisata, akademisi, peneliti, pejabat pemerintah dan para pembuat kebijakan pariwisata. Mereka datang bersama-sama untuk bertukar informasi penelitian penting sebagai pengembangan industri pariwisata berkelanjutan, baik di Asia maupun di dunia.

Momentum Promosi Wisata Indonesia
Event ATF di Bandung tahun ini dihelat selama tiga hari, Sabtu hingga Senin, 7 Mei - 9 Mei 2016. Sementara peserta acara ATF ini ditargetkan mencapai 300 orang.  Selain itu, delegasi dari negara Prancis, Amerika, Belanda, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, Malaysia, Srilangka, Bangladesh, Hong Kong, Filipina, dan Nepal sudah menyatakan siap untuk menghadiri acara ini.

ATF merupakan momentum Indonesia untuk lebih mempromosikan potensi wisata. Tak terkecuali untuk Kota Bandung dan sekitarnya yang kini potensi wisatanya semakin dikenal hingga ke mancanegara.
"Kami ingin buktikan jika Indonesia ini mempunyai potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Artinya, tempat-tempat wisata di Indonesia harus sejajar levelnya dengan tempat wisata di negara lain," kata Endang.

Jadwal ATF 2016
Pada hari pertama kegiatan akan digelar pertemuan para peserta di Gedung Sate. Pada hari kedua, kegiatan dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Dan hari ketiga, seluruh peserta diajak tur keliling Bandung Raya untuk melihat langsung destinasi wisata heritage, alam, art museum dan syariah. Beberapa rekomendasi objek wisata yang dikunjungi peserta antara lain Gunung Tangkuban Parahu, Masjid Cipaganti dan Gedung Merdeka.

Pada ATF kali ini juga akan dihadirkan pembicara-pembicara terkemuka di bidang pariwisata yang memiliki reputasi internasional.

Asia Tourism Forum (ATF)
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Jl. Dr. Setiabudhi 186, Bandung
Phone: +62 22 2011456
Fax: +62 22 2009170

Official website: klik di sini