Review

Pemkot Bandung Akan Bangun Kantor dengan Konsep Sunda Futuristik




Desain rancangan kawasan Gedebage Bandung

Sunda  futuristik. Itulah yang akan diusung Pemerintah Kota  Bandung untuk konsep kantor barunya nanti di kawasan Degebage,  Kota Bandung. Saat ini Pemerintah Kota Bandung tengah menggodok detailed engineering design (DED) untuk bangunan perkantoran yang akan dimulai tahun depan ini.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Selasa (26/4/2016), menyatakan, nantinya secara bertahap kantor Pemerintah  Kota  Bandung akan pindah ke Gedebage. Setelah DED selesai, imbuh Emil, pembangunan akan dimulai tahun depan, dan diperkirakan selesai pada 2018  dan sudah bisa ditempati.

Nantinya, kata Emil, kawasan Gedebage akan menjadi pusat pemerintahan Kota Bandung karena tidak hanya kantor wali kota, kantor-kantor pemerintahan lainnya punakan pindah ke daerah ini sehingga menjadi  kawasan pemerintahan terpadu.

Apalagi, Gedebage memang digadang-gadang untuk menjadi kawasan teknopolis di Kota Bandung. Rencananya, Pemerintah Kota akan membangun 5 sampai 6 gedung. Semua dinas yang ada saat ini nantinya  akan pindah ke kawasan terpadu ini, kecuali pemadam  kebakaran.

"Nantinya, konsepnya Sunda futuristik. Filosofinya  Sunda, tapi bentuknya futuristik. Seperti Singapura, sehingga kantor pemerintahan ini menggambarkan semangat Bandung Juara," katanya. Perkantoran  Pemerintah  Kota Bandung ini akan dibangun di lahan 8-9 hektare yang merupakan milik Kementerian Agama.

Lalu, setelah pusat pemerintahan pindah ke Gedebage, bagaimana dengan  nasib  kantor Pemkot Bandung yang saat ini ditempati? Ternyata, Emil berencana menjadikannya sebagai gedung bersejarah yang  dikategorikan sebagai kawasan heritage. Kawasan yang  tentu saja dilindungi dan patut dilestarikan.