Review

Roti Gempol, Kuliner Legendaris di Kota Bandung Favorit Wisatawan




Roti Gempol Bandung

Roti,  makanan yang enak disantap kapan saja. Biasanya roti dimakan untuk sarapan, teman minum teh hangat, atau untuk ta'jil puasa di bulan Ramadhan. Nah, salah satu roti yang terkenal enak di Bandung ada Roti Gempol. Lokasinya terletak di tengah Kota Bandung, tepatnya di Jln. Gempol Wetan. Kuliner serba roti ini biasa buka dari pagi hingga malam hari. Roti Gempol sendiri termasuk kuliner "senior" yang sudah lama berdiri di Bandung, yakni dari tahun 1958. Ciri khas jika berkunjung ke sini, dari luar sudah tercium aroma roti yang bikin mengundang selera.

Merunut pada sejarahnya, Roti Gempol berasal di Salatiga kemudian pindah ke Bandung pada tahun 1958. Adalah Ibu Lidya, sang pemilik Roti Gempol yang sudah mulai merintis usaha Roti Gempol ini sejak dia masih berkuliah di ITB. Roti-roti yang sudah selesai dipanggang kemudian dibungkus dan dipisahkan menjadi dua, yaitu roti untuk dijual di tempat dan untuk dikirim ke cabang-cabang Roti Gempol yang ada di Bandung. Untuk yang siap dijual di tempat, roti dibawa ke kedai Roti Gempol tempat di sebelah tempat produksi.

Rata-rata sehari Jumlah roti yang diproduksi sekitar 300 buah baik untuk dikirim maupun dijual di tempat Saat ini, Roti Gempol memiliki empat cabang yang tersebar di Maranatha, Dusun Bambu, dan Surya Soemantri.

Lokasi Roti Gempol
Jalan di daerah ini memang pendek-pendek dan berada di permukiman penduduk. Berada di dekat Jln. Bahureksa, Jln. Sultan Tirtayasa atau dekat Jln. Trunojoyo. Roti enak asal Bandung dekat dengan Kupat Tahu Gempol yang juga terkenal di Bandung. Di sini memang dikenal sebagai pusat kuliner untuk sarapan. Kuliner lainnya yang terkenal di sini ada Sate Gempol. Tak heran jika tempat ini dari pagi-pagi sekali sudah ramai oleh pemburu kuliner yang ingin membeli makanan untuk sarapan. Tempatnya pun termasuk cocok buat nongkrong.

Jika Anda dari arah Dago, letak Roti Gempil sebelum belokan Jln. Bahureksa yang menuju Jonas Photo (Jln. Banda) dimana cirinya di beloka ada Masjid Gempol. Untuk pesanan makanan bisa porsi perseorangan bareng-bareng. Silakan Anda pesan roti kesukaan dan tukang olah akan menyiapkan roti yang Anda pesan. Untuk harga rata-rata roti antara Rp4.000-an hingga Rp40.000 bergantung jenis roti dan topping. Untuk roti bakar harga sajian santap perseorangan dari 8 ribuan hingga 17 ribuan. Untuk sajian rame-rame berkisar dari harga 30 - 40 ribuan. Untuk harga roti tawar antara 9 ribuan - 15 ribuan.

Pilihan Aneka Menu Roti
Anda bisa makan roti di sini atau juga bisa memesannya untuk dibawa pulang. Utamanya ada roti putih dan roti gandum. Lengkapnya, inilah beberapa pilihan roti yang ada di sini antara lain:
1. Roti bakar manis dengan pilihan olesan selai strawberry, blueberry,  atau meses cokelat
2. Roti bakar asin, dimana pilihannya ada telur, keju, dan daging asap
3. Roti bakar spesial (daging, telur/daging, keju)
4. Roti bakar komplit (daging, telur,  keju).
4. Ada juga roti tawar putih (roti gandum).  

Khusus untuk roti asin, roti spesial, dan roti komplit menggunakan mayonaise. Untuk lainnya ada juga sajian donat dan pancake.

Ada Juga Menu Selain Roti
Roti gandum khas Roti Gempol terkenal lezat dengan pengolahan dibakar dengan kompor plat, rotinya garing dan panas juga isiannya banyak. Isian yang banyak inilah yang saat digigit isinya terasa luber keluar. Di sini pun disediakan sambal saus yang juga sangat nikmat dipadukan dengan roti. Roti ini memang cocok buat dimakan sambil minum teh hangat.

Sajian dari bahan roti lainnya roti isi, burger, hotdog, roti sobek, dan sebagainya. Anda juga bisa membeli aneka roti olahan yang sudah dibungkus. Lumayan buat oleh-oleh ke rumah atau makanan pembuka saat ta'jil di bulan Ramadhan. Masih ingin mencicipi sajian lainnya? Di Roti Gempol ada juga makanan berat  yakni mie yamin asin dan mie yamin manis plus baso. Sedangkan sajian minumannya ada  susu, teh tawar/manis, sari apel, yoghurt, kopi susu, dan andalannya teh addictea dengan pilihan ukuran gelas besar dan gelas kecil.

Roti Gempol
Jln. Gempol Wetan no. 14 Bandung