Review

Asian Water Color Expression III Bakal Digelar di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung




Asian Water Color Expression III - 2016 Bandung

Dari Selasa hingga Rabu, 2-10 Agustus 2016, di Bandung akan diadakan Asian Watercolour Expression (AWCE) III. Pameran lukisan car air se-Asia tersebut  akan digelar di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jln. Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 2-10 Juli 2016. Pameran AWCE yang pertama digelar di Bentara Budaya Jakarta tanggal 4 - 14 April 2012. Acara serupa pada tahun tersebut juga digelar di Bentara Budaya Yogyakarta 22 – 30 Mei 2012, Balai Soedjatmoko Solo 2 – 9 Juni 2012, dan Bentara Budaya Bali 22- 31 Juli 2012.

Sementara kegiatan AWCE yang kedua digelar pada 2014 lalu di Bali. Waktu itu, sebanyak 138 pelukis cat air dari 7 negara di Asia memamerkan karya-karyanya di Bentara Budaya Bali pada 24 Oktober hingga 2 November 2014. Asian Watercolour Expression II kali ini mengambil tema “Colour of Asia”, yang dibuka secara resmi oleh budayawan dan pemerhati seni, Popo Danes.

Melibatkan 120 Pelukis dari Berbagai Negara
Dan gelaran yang ketiga pada pertengahan tahun 2016 ini, Bandung menjadi tuan rumah. Pameran ini akan melibatkan sekitar 120 pelukis dari berbagai negara, yakni Hongkong, Korea, Malaysia, Myanmar, Singapur, Filipina, dan Indonesia. Adapun AWCE III/2016 kali ini mengusung tema "Halo-Halo Bandung". Pemilihan tema ini kkarena Kota Bandung dinilai memiliki sejarah nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Pameran tahun ini akan melibatkan sekitar 120 pelukis dari tujuh negara di Asia yaitu Indonesia, Hongkong, Malaysia, Myanmar, Singapura, Filipina, dan Korea Selatan.  Sebelum melaksanakan pameran, para peserta akan diajak berkeliling di Kota Bandung untuk melukis beberapa lokasi yang menjadi ikonik seperti Braga dan sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu, Gedung Sate, dan Saung Angklung Udjo.

Selama ngider di Bandung tersebut, para peserta bukan hanya menikmati sajian di tempat wisata. Misalnya di Saung Angklung Udjo, para peserta selain bermain angklung juga akan menuangkan ide berupa lukisan untuk dipajang. Kurator dalam pameran ini ialah seorang pelukis sekaligus pengamat seni, Herry Dim.

Dalam event ini akan dihadirkan pula karya-karya maestro pelukis Indonesia, seperti lukisan karya Barli Sasmitawinata, Abdullah Suriosubroto, Srihadi Sudarsono, Azis Tirtaatmadja, Sunaryo, dan Dodo Abdullah. Nah, bagi Anda para pecinta seni lukis jangan lewatkan untuk mengunjungi event seni di Bandung ini.