Review

Ekonomi Kerakyatan Bandung, dari Blok Kupat, Blok Ransel, Sampai Blok Tahu




Sentra Produksi Topi di Bandung

Jika Anda berbelanja atau mencari produk khas Bandung, biasanya mendatangi tempat yang umum dan telah dikenal sebagai sentra belanja. Misalnya, jika Anda belanja sepatu lebih mengenal Cibaduyut atau untuk belanja celana jeans di Cihampelas. Sebenarnya, jika Anda ingin ngider alias berkeliling apa saja yang khas di Bandung, ada sentra-sentra khusus pusat usaha masyarakat yang jadi ciri khas di Bandung. Malah, lokasi-lokasi tersebut menjadi ikon bagi daerah tersebut. Penamaan ini biasa dengan penyebutan "blok".

1. Blok Kupat
Misalnya menjelang Lebaran, nama Blok Kupat akan menggeliat sebagai sentra pembuatan ketupat di Bandung.  Lokasi sentra pembuat ketupat di Bandung ini tepatnya berada di Gang Blok Kupat, Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay (Bacip), Kota Bandung. Warga Blok Kupat sudah di kenal lama dalam pembuatan ketupat lebaran. Kegiatan membuat ketupat di dekat Pasar Induk Caringin ini sudah menjadi tradisi saat menjelang lebaran.

Ketupat dari Blok Kupat ini biasa jadi langganan para tukang kupat tahu ataupun dijual ke pasar-pasar di seputaran Bandung. Apalagi mendekati hari raya Idulfitri, sejumlah warga di daerah itu biasa sibuk membuat cangkang ketupat. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp2.500 - Rp3.500 / 10 cangkang ketupat.

2. Blok Tahu
Tempat ini dari dulu dikenal sebagai pusat pembuatan tahu di Kota Bandung. Lokasinya di daerah Cibuntu, sebelah barat perempatan stopan/keluar tol Pasirkoja. Tahu menjadi penopang perekonomian masyarakat yang dikenal dengan tahunya yang khas berwarna kuning alami dari kunyit. Di kawasan yang bertetanggaan dengan bekas Situ Aksan (kini jadi perumahan) ini sentra tahu berada hampir di setiap rumah penduduk. Paguyuban para pembuat tahu tersebut disatukan dengan membuat koperasi.

3. Blok Ransel
Ini bisa Anda temukan di Jln. Sadang yang aksesnya bisa dari Pasar Sayati - belok kanan ke arah Jln. Sadang. Atau dari keluar tol Kopo - belok kanan - Jln. Cirangrang/Cibolerang - Cigondewah - belok kiri ke jembatan tol TKI II - belok kiri lagi ke arah Jln. Sadang. Sepanjang jalan ini banyak berjejer toko-toko dan sentra produks tas. Kawasan ini biasa ramai saat tahun ajaran baru. Banyak orang tua yang membelikan tas untuk anak-anaknya atau juga para pedagang tas yang datang dari daerah lain.

4. Blok Topi
Jika dari jembatan tol TKI ke kiri ke Blok Ransel (Jln. Sadang), jika ke kanan lurus terus ke arah Sindang Palay atau Curug (ke arah Pemakaman Mahmud), di wilayah inilah terkenal Blok Topi. Kawasan ini dikenal sebagai sentra industri rumahan yang membuat topi. Sepanjang Jln. Sadang, Kampung Pangkalan, hingga ke arah Pemakaman Mahmud berjejer toko-toko dan home industry topi. Selain dijual ke Tanah Abang (Jakarta) dan kota lainnya, di sini pun menerima pesanan produksi topi untuk sekolah, kantor, partai, hingga untuk distro.

Selain kawasan-kawasan tersebut, industri rumahan made in Bandung dan sentra belanja pun terdapat di blok kain yang terkenal di Cigondewah. Di daerah Cigondewah pun ada Blok Tengteng yakni pembuat cemilan berbahan beras. Lalu ada Blok Ager, pembuat agar-agar dekat Perumahan Sumbersari (dekat keluar tol Pariskoja). Untuk sentra pembuat makanan pun ada di kawasan daerah Cimenyan. Di daerah Cimenyan dikenal dengan sentra pembuat peuyeum singkong.

Di dekat Cibuntu, Pasteur, dan di daerah Sayati ada juga Blok Boneka yang terkenal sebagai sentra produk boneka. Juga ada Blok Beas (beras) dekat Pasar Induk Caringin. Di kawasan Bandung selatan, di daerah Banjaran dikenal pembuat raksukan Sunda, seperti iket, baju pangsi, dan perlengkapan khas Sunda lainnya.

Lalu, bagi Anda yang hobi belanja pakaian murah dengan model terkini di toko-toko di Bandung. Pakaian-pakaian dari baju anak, busana muslimah, hingga kopiah sebetulnya dibuat di daerah Soreang, Kab. Bandung. Di kawasan Soreang inilah banyak konveksi pembuat aneka sandang. Yang lainnya sentra sablon yang banyak tersebar di beberapa titik di Bandung, dari kawasan Jln. Suci, Cijerah, hingga daerah Baleendah Kab. Bandung.