Review

Informasi Seputar Upacara Pembukaan PON XIX/2016 Jawa Barat




Tiket Upacara Pembukaan dan Penutupan PON XIX Jabar

Opening ceremony alias pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dipastikan bakal meriah. Pembukaan yang bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung pada Sabtu, 17 September 2016 juga akan ditayangkan secara live oleh stasiun MNCTV juga beberapa televisi nasional‎ termasuk TVRI.

Sementara tema yang diangkat dalam opening ceremony PON XIX Jabar adalah Gurilaps, singkatan dari Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai. Berbagai kemeriahan akan mengandung unsur-unsur tersebut. Nuansa Gurilaps tidak hanya akan berbau Jawa Barat. Ada unsur nasional yang juga akan dimasukkan dalam tema pembukaan PON.

Menjelang upacara pembukaan, sebelumnya digelar Kirab Api PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat yang telah dimulai pada Senin (5/9/2016). Kirab api PON XIX dimulai dari Indramayu dan berakhir pada 17 September 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. Obor api PON tersebut dibawa berkeliling melewati 27 kabupaten/kota di Jabar selama 12 hari. Obor diarak dengan jarak tempuh sepanjang 1.005,4 kilometer di seluruh wilayah Jabar. Sementara sumber api PON tersebut diambil dari api abadi alam di Desa Majakerta, Kab. Indramayu.

Berikut ini beberapa informasi seputar pembukaan PON XIX/2016 Jawa Barat:

1. Dimeriahkan 19 Atlet Legendaris Indonesia
Event pembukaan akan dimeriahkan oleh 19 atlet legendaris Indonesia. Ke-19 atlet tersebut termasuk empat atlet peraih medali pada ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Untuk penyalaan api kalderon akan dilakukan delapan atlet nasional berprestasi, yakni Susi Susanti, Adjat Sudrajat, Elsa Manora Nasution, Gugi Gustaman, Tontowi Ahmad, dan Lilyana Natsir.

2. Melibatkan Ribuan Penari
Jumlah penari yang dilibatkan pada pembukaan PON XIX mencapai 3000 penari yang berasal dari berbagai komunitas. Mulai dari 12 sekolah, 11 sanggar tari se-Jabar, komuniitas tari kontemporer dan modern hingga komunitas perkusi‎.

3. Dimeriahkan Artis Nasional
Untuk hiburan, artis yang akan terlibat di acara pembukaan PON XIX diantaranya Dira Sugandi, Armand Maulana, Dwiki Dharmawan. Selain itu, bakal hadir pula penyanyi pop Sunda, Rita Tila.

4. Dihadiri Presiden Jokowi
Upacara pembukaan PON XIX/2016 akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi sendiri menginginkan upacara pembukaan yang tidak terlalu formal dan mengedepankan unsur tontonan seperti halnya upacara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2016.

5. Paduan Teknologi dan Seni
Pembukaan akan menyajikan paduan teknologi dan orchestra dan akan menjadi seni pertunjukan terbesar dan termegah sepanjang sejarah gelaran PON yang pernah ada. Pembukaan pun akan dimeriahkan oleh videografi dan video mapping yang digadang-gadang akan menjadi pertunjukan terbesar sepanjang sejarah seni pertunjukan se-Indonesia.Video mapping akan dilakukan di media sepanjang 70 x 30 meter. Panggung utama pun dibangun dengan ukuran 20 x 90 meter dan menjadi panggung terbesar sepanjang perhelatan PON di Indonesia.

6. Menghabiskan Dana 90 Miliar
Upacara pembukaan dan penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat menghabiskan dana Rp90 miliar. Jumlah tersebut sudah termasuk persiapan awal selama dua tahun terakhir.

7. Zona Lahan Parkir
Menjelang pembukaan PON XIX/2016 Sabtu malam (17/9/2016), jalur lambat Jalan Soekarno-Hatta (By Pass) akan dijadikan lahan parkir. Dimulai dari perempatan Gedebage hingga 500 meter setelah Mapolda Jabar. Jalur lambat tersebut akan ditutup mulai pukul 14.00 WIB.

Penutupan dilakukan sekitar 2 - 3 km dan hanya lajur lambat yang dipakai untuk  parkir di Gedebage yang mengarah ke Timur. Sementara pengunjung diperkirakan mulai berdatangang sekitar pukul 16.00 WIB. Untuk pengaturan sistem arus lalu lintas akan dilakukan secara situasional tergantung dari padatnya volume kendaraan. Namun bagi masyarakat umum pengguna kendaaraan yang hanya lewat untuk aktivitas biasa, lebih baik hindari jalur tersebut.

8. Tiket Pembukaan untuk Warga Sekitar GBLA
Pihak panitia PON XIX telah mencetak sebanyak 18 ribu tiket. Untuk tiket pembukaan dan penutupan PON XIX tidak dijual karena terbatas meski banyak permintaan dari masyarakat. Dari 18 ribu tiket yang dicetak, sebanyak 2.300 tiket akan dibagikan kepada masyarakat terutama untuk warga sekitar GBLA di Rancanumpang, Gedebage secara cuma-cuma. Tiket tersebut tetap harus dibawa saat upacara pembukaan sebagai bukti undangan.

Baca Juga: Layanan Bus Gratis ke Venue-Venue Pertandingan Cabor PON XIX Jabar di Kota Bandung

9. Penyebaran Tiket dan Undangan
Sebanyak 1.000 lembar tiket telah disebar untuk pemerintah Kota Bandung. Undangan pun disebar untuk seluruh provinsi termasuk Jabar terutama untuk atlet yang mengikuti devile sebanyak 3.400 undangan. Selain itu, untuk beberapa keluarga besar olah raga, komunitas mahasiwa dan pelajar sebanyak‎ 1.700. Sedangkan Untuk undangan VVIP dan VIP panitia menyebarkan 2.000 undangan.

10. Tidak Semua Kursi GBLA Digunakan
Dari 38.000 total kursi atau tribun stadion yang bisa digunakan yaitu maksimum sebanyak 21.000 karena karena tidak semua titik itu bisa digunakan untuk penonton sesuai dengan kondisi GBLA.

11. Ada Bus Penjemputan
Panitia pelaksana PON melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Barat. Masyarakat umum yang akan menonton ke GBLA akan disediakan beberapa tempat untuk lahan parkir. Setelah itu, mereka akan dijemput bus yang siap mengantarkan ke Stadion GBLA. Untuk zona parkir ada di Sumarecon, Peti Kemas, Gede Bage, dan ada juga yang on the street di  Soekarno Hatta. Sementara untuk para atlet, telah disiapkan 189 bus berukuran sedang dan besar. Selain mengantar ke acara pembukaan, bus-bus itu bakal digunakan untuk mengangkut atlet ke lokasi pertandingan serta latihan.

12. Gladi Resik
Gelaran gladi resik yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tampak sejumlah legenda atlet, di antaranya, Lilyana Natsir, Tantowi Ahmad, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Ade Rai, Risa Suseanty dan Anton Suseno. Atlet-atlet tersebut menjadi rombongan yang akan membawa obor api PON dalam acara pembukaan PON XIX Jabar 2016 besok. Rencananya, obor api PON sendiri akan dipegang oleh Ade Rai. Sesampainya rombongan tujuh atlet tersebut, obor api PON akan diserahkan kepada atlet cilik karateka Lala Diah Pitaloka di sisi panggung utama stadion GBLA dan kemudian disulutkan ke kalderon.

Baca juga: Lokasi-Lokasi Venue Pertandingan Cabor PON XIX/2016 Jabar di Bandung

13. Atraksi Kembang Api
Sebanyak 20.000 kembang api yang mampu terbang hingga ketinggian 100 meter akan memeriahkan pembukaan ajang olahraga terbesar se-Indonesia itu. Sebanyak 20.000 kembang api akan “menari-nari” di langit Stadion Gelora Bandung Lautan Api selama delapan menit.

14. Rundown Acara Pembukaan
Sementara untuk acara utama pembukaan PON XIX Jabar, di antaranya:
- Penampilan perkusi, parade atlet legenda, dan parade seluruh kontingen dari 34 provinsi;
- Laporan Ahmad Heryawan, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016;
- Pengibaran bendera PON;
- Pembacaan janji atlet dan janji wasit;
- Pertunjukan gurilaps;
- Sambutan Presiden Joko Widodo sekaligus menekan tombol sebagai peresmian perhelatan PON XIX.

Informasi dan kontak seputar PON XIX/2016 Jawa Barat:
- Website offisial resmi: http://www.pon-peparnas2016jabar.go.id
- Twitter: @PONJabar_2016
- Instagram: @PONJabar2016
- Page Facebook: PON Jabar 2016