Review

Informasi Seputar Upacara Penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat




Upacara Penutupan PON XIX 2016 Jawa Barat

Perhelatan akbar pertandingan berbagai cabang olah raga PON XIX Jabar digelar selama 12 hari dari  tanggal 17 - 29 September 2016. Dan pada Kamis (29/09/2016) malam upacara penutupan pun akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rancanumpang, Gedebage, Kota Bandung. Upacara penutupan sendiri rencananya akan dimulai pukul 19.30 WIB dan disiarkan MNCTV.

Berikut ini beberapa informasi seputar upacara penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat.

1. Dihadiri Jusuf Kalla
Wakil Presiden M Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri Upacara Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar. Kedatangan Waprse JK rencananya bakal hadir sekitar pukul 19.30 WIB. Sejumlah tamu VIP juga bakal hadir langsung mulai dari Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi dan pengurus PB PON Jabar.

2. Penampilan Penanyi Rossa
Konsep penutupan PON akan diperkuat dengan pagelaran selama 90 menit. Pada awal acara, penyanyi Rossa akan tampil dengan diiringi orkestra dari Cekoslovakia.

3. Penampilan Angklung dan Tarian
Sebanyak 500 pemain angklung akan tampil dengan balutan multimedia bernuansa tradisional dan futuristik. Upacara penutupan pun akan diisi penampilan tarian. Dan "Harmonisasi Nusantara" akan menjadi tema Upacara Penutupan PON XIX/2016 Jabar. Suguhan video mapping juga akan kembali menyemarakkan closing ceremony.

4. Defile Atlet
Atlet dan rombongan kontingen akan kembali tampil dalam defile. Jika tidak ada hambatan, rombongan akan keluar dari empat sudut stadion untuk menuju ke tengah lapangan.

5. Lagu "Kebyar-Kebyar"
Ahmad Heryawan mengusulkan kepada bagian acara PB PON XIX agar menampilkan lagu "Kebyar-Kebyar" ciptaan Gombloh saat Upacara Penutupan PON XIX/2016 Jawa Barat.

6. Serah Terima Pataka ke Papua
Serah terima pataka dilakukan dari perwakilan Jabar kepada KONI dan Papua yang akan jadi tuan rumah PON 2020.

7.  Disiagakan 3.500 Personel Keamanan
Polda Jabar akan menyiapkan 3500 personel untuk mengamankan jalannya penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016.

8. Penampilan Doel Sumbang
Penampilan penutup yakni pentas Doel Sumbang dan Kikan (eks vokalis Cokelat Band).

9. Doa untuk Sumedang dan Garut
Terkait bencana alam di Sumedang dan Garut yang terjadi saat pelaksanaan PON Jabarakan dilakukan doa bersama 27 ribu orang.

10. Tiket Upacara Penutupan PON XIX/2016 Jabar
Penonton yang ingin menyaksikan upacara penutupan sudah disediakan tiket oleh panitia sebanyak 27 ribu di tribun Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage. Untuk tiket ada dua tanda masuk, undangan VIP dan penonton regular. Untuk tiket umum disebar sebanyak 22.000 lembar yang diprioritaskan bagi warga di sekitar GBLA.

Tiket akan disebarkan ke kecamatan-kecamatan yang ada di sekitar wilayah GBLA atau Gedebage. Di dalam tiket tersebut akan tertera kode tribun yang boleh dimasuki para penonton. Dengan adanya pengkodean tersebut diharapkan tidak ada penumpukan di satu titik.

11. Tempat Parkir Upacara Penutupan PON XIX Jabar
Beberapa lokasi untuk parkir tamu undangan, yakni zona parkir di Stadion GBLA, Kawasan Summarecon, sekolah terdekat dari Stadion GBLA, kawasan peti kemas Gedebage, tempat pengujian kendaraan bermotor Gedebage, dan pinggir Jalan Soekarno-Hatta. Juga akan ada tanda-tanda khusus bagi tamu undangan dan penonton agar tidak lupa dan tidak salah naik bus untuk menuju zona parkir yang benar.

Selain itu, akan ada shuttle bus di setiap zona parkir yang disiapkan sebab lokasi Stadion GBLA harus steril dari kendaraan. Penonton, masyarakat, dan tamu undangan diimbau datang sebelum pukul 16.00 WIB. Penonton pun diimbau membawa payung sebab menurut laporan prakiraan cuaca dari BMKG, pada saat penutupan nanti, di sekitar Stadion GBLA kemungkinan akan turun hujan.