Review

Taman Pramuka, Taman Bersejarah Dekat Aneka Tempat Wisata Kuliner Bandung





Jika Anda sedang berwisata ke Bandung, bisa menyambangi Taman Pramuka. Di daerah Jln. LLRE Martadinata (Jln. Riau) di sinilah letak taman tersebut berada. Inilah salah satu taman asri yang berada di salah satu pusat keramaian Kota Bandung. Taman ini letaknya berdekatan dengan tempat wisata kuliner di sepanjang Jln. Riau. Taman ini biasa menjadi kumpulnya para anggota Pramuka atau tempat nongkrong anak-anak muda Bandung.

Berdasar sejarahnya, taman ini dulunya tempat istirahat para pegawai Belanda yang berkantor di Gedung Sate. Memang, Taman Pramuka lokasinya dekat dengan peninggalan sejarah warisan kolonial di kawasan ini. Di arah utara ada Gedung Sate dan arah selatan dekat dengan kompleks tentara yang meninggalkan bangunan-bangunan khas kolonial seperti yang ada di Jln. Patrakomala, Jln. Gandapura, atau dekat Stadion Siliwangi (Kodam III/Siliwangi).

Bangunan Peninggalan Belanda
Dulu taman ini bernama Oranje Nassau Plein. Taman ini terletak di Riouwstraat  (Jln. Riau/Jln. LLRE Martadinata). Oranje Nassau Plein dibangun dengan bentuk taman sederhana yang miskin pepohonan pada tahun 1920. Taman ini berbentuk setengah lingkaran dengan bangunan mirip gazebo ditemparkan di tengahnya. Bangunan itu semula berdiri di tengah kolam tetapi ketika tiga sisi bangunannya ditutupi jendela kolam itu pun mulai ditimbuni.

Waktu zaman Belanda hingga pasca Proklamasi, taman ini dengan bangunan di dalamnya tersebut pernah menjadi tempat bersantai, kedai minum santai, hingga toko kelontong. Pada awal tahun 1970-an menjadi bangunan kosong dan akhirnya menjadi pusat kegiatan Pramuka di Kota Bandung. Pada 2000 Pemkot Bandung meresmikan gedung Kwarcab Kota Bandung yang posisinya berhadapan dengan bangunan Oranje Plein.

Kini di depan Taman Pramuka dibangun tugu kitri yang menjadi ciri khasnya. Sampai sekarang, arsitektur bangunan masih dipertahankan keasliannya. Bangunan bercat putih dengan arsitektur gaya Eropa itu dilengkapi dengan taman bunga dan kolam ikan.

Dekat Tempat Wisata Kuliner Bandung
Bila Anda sedang mencari kuliner di seputaran Jln. Riau, cobalah cari di dekat Taman Pramuka ini. Letak Taman Pramuka sendiri diapit jalan LLRE Martadinata dan Jln. Taman Pramuka di mana di kiri kanannya ada persimpangan. Di dekat Taman Pramuka ada juga taman lain, yaitu Taman Fotografi (Taman Cempaka) dan Taman Superheor. Di dekat taman ini pun ada beberapa tempat kuliner yang menjadi primadona di Kota Bandung, di antaranya:
- Iga Bakar Mas Giri
- Warung Makan Ma Uneh
- Butcher's Bill Cafe & Resto
- Bebek Goreng H. Slamet
- RM Sari Bundo
- Kopi Anjis
- Bakso Cuanki dan Batagor Serayu
- Bumi Plengkung Gading
- Kedai Kandang
- Sate Gandapura
- Toko Kue dan Cafe Bawean
- Sate Jln. Anggrek