Review

ASEAN Flower Festival 2016, Ajang Promosi Potensi Bunga Kab. Bandung Barat





Kawasan Cihideung, Lembang, Kab. Bandung Barat sudah lama dikenal sebagai sentra pertanian bunga. Bunga-bunga dari Cihideung dipasok ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Pertanian tanaman bunga ini pun yang menjadi salah satu pergerakan ekonomi masyarakat setempat. Bandung Barat memiliki 80 persen petani bunga di Indonesia, dimana 30 persen merupaka petani bunga potong dan 50 persen petani bunga hias. Bunga dari Cihideung ini pun sudah dikenal ke negara lain, khususnya di kawasan ASEAN.

Dimeriahkan Aneka Kegiatan
Pada Selasa hingga Kamis, 26-27 Oktober 2016, di Grand Hotel Lembang digelar ASEAN Flower Festival  (AFF) 2016. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kab. Bandung Barat, Abubakar pada 25 Oktober 2016. Dalam event bertaraf internasional tersebut digelar beberapa kegiatan, di antaranya: pameran bunga Nusantara dan bunga ASEAN, business meeting dan workshop, pawai mobil hias, wisata bunga, pesta rakyat, kompetisi model dan mewarnai, pemecahan rekor ORI oleh Ori Rekor Mahakarya Srikandi Indonesia, RHR rangkaian bunga terpanjang di dunia serta pemilihan maskot putri bunga dan maskot putri karnaval bunga.

Ketua PKK Kabupaten Bandung Barat, Elin Suharliah Abubakar memimpin pemecahan rekor merangkai bunga dan pertunjukan musik internal dan eksternal. Kegiatan ini diikuti 2.016 orang digelar selama 2.016 detik. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah raja dan ratu dari kerajaan di Nusantara turut hadir. Istri Bupati Kab. Bandung Barat tersebut memimpin langsung pemecahan rekor kolaborasi musik dan pagelaran budaya serentak yang dilakukan pesilat 50 orang, 150 perangkai bunga, 100 pemusik dan seniman lukis.

Diikuti 15 Negara
ASEAN Flower Festival 2016 diselanggarakan oleh Yayasan Pamanah Rasa Nusantara (YPRN) yang bekerjasama dengan Sekretariat Korpri Provinsi Jawa Barat, Forum Putra Putri PNS Provinsi Jawa Barat, Asosiasi Petani Bunga Indonesia, Forum Petani Bunga Potong, Kelembagaan Adat Jawa Barat, dan UMKM. Event ini pun diikuti  15 negara Asia yakni Singapura, Laos, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, China, Jepang, Korea Selatan, Timor Leste, Australia, dan tuan rumah Indonesia. Event Festival Bunga ASEAN 2016 ini mengusung tema ‘Bandung Raya Pintu Dunia Bunga".

Kawasan Wisata Bunga Cihideung
Hamparan kebun bunga dengan segala macam variasinya di kawasan Cihideung, sedap dipandang dan tentunya membawa nuansa keindahan tersendiri. Di sini, pengunjung bisa menjumpai aneka bunga, seperti bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit. Selain bisa melepas lelah dengan memandang bunga-bunga, tentunya pengunjung pun bisa membeli tanaman bunga.

Para penjaga kebun bunga akan siap mengantar Anda berkeliling melihat-lihat bunga. Anda juga bisa membeli polybag, pot, atau pupuk. Selain itu, pengunjung punbisa memesan aneka karangan bunga untuk acara atau event tertentu.

Para penduduk di sini biasa menjual beberapa bibit tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, bonsai, tanaman hias, tanaman buah cangkok,tanaman langka, dan tanaman rawa seperti teratai yang benihnya diimpor dari Cina, Jepang dan Korea. Anda pun dapat membeli pohon cemara, kamboja, geranium, dan lain-lain. Di sini juga sekarang mulai menjamur adanya penginapan-penginapan (villa) dan juga cafe. Ini merupakan imbas karena mulai banyaknya para pelancong yang mengunjungi kawasan Cihideung ini.

Rute ke Sentra Bunga Cihideung
Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat bisa ditempuh kurang lebih sekitar 20 Km dari pusat Kota Bandung. Untuk menuju kawasan wisata bunga ini, lokasinya sekitar 4,7 km dari Jalan Sersan Bajuri (dari arah Kampus UPI ke ada pertigaan terminal Ledeng, kemudian belok kiri. Anda pun bisa mengambil rute dari arah Cimahi.