Review

Tempat Selfie di Venue Gantole, Cihampelas, Cililin, Kab. Bandung Barat




Venue Gantole Cihampelas Cililin

Nama venue gantole di Kampung Pasirpanjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas berpotensi menjadi destinasi wisata baru di KBB. Tempat take off olahraga gantole ini mulai ramai sejak digunakan untuk PON XIX lalu. Landasan gantole yang menghadap ke arah utara memberikan panorama alam nan indah. View cekungan Bandung Raya dan hamparan pesawahan di antara genangan Waduk Saguling menjadi keindahan di spot ini. Tempat ini pun kini pada Sabtu dan Minggu biasa ramai dikunjungi.

Menikmati keindahan alam dari ketinggian
Sajian pemandangan di wilayah Bandung selatan ini kini ramai menjadi spot selfie anak-anak muda. Walaupun aksesnya lumayan jauh dari pusat kota Bandung, area di ketinggian 392 meter di atas permukaan tanah tersebut menyuguhkan pemandangan indah.

Sejak ditetapkan daerah ini menjadi venue resmi PON XIX lalu, gairah kehidupan masyarakat setempat meningkat drastis. Indeks kebahagiaan masyarakat setempat juga naik karena banyak yang memanfaatkan kawasan tersebut sebagai lokasi selfie.

Kehadiran spot di ketinggian tersebut memang akhir-akhir ini instagramable dimana banyak anak-anak muda banyak yang sengaja menyambangi tempat ini.  Dari ketinggian venue gantole tersebut, pengunjung bisa melayangkan pandangan bebas ke bawah yang berupa hamparan sawah nan hijau di daerah Cihampelas, Cililin, dan sekitarnya. Sementara di sekelilingnya, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan sejumlah gunung di Bandung selatan.

Bupati Bandung Barat Abubakar sendiri sebelumnya pernah mengungkapkan, kehadiran arena gantole diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan kawasan wisata di Bandung selatan. Namun ada beberapa hal yang perlu dikemas lebih menarik terhadap area wisata ini, salah satunya akses yang masih banyak belum diketahui oleh para pengunjung.

Tanjakan tajam
Akses jalan sepanjang 5.679 meter di Desa Singajaya pun belum semuanya mulus. Hal lainnya pengelolaan yang masih apa adanya alias belum bisa dikategorikan sebagai objek wisata ideal. Dari ujung jalan di Desa Singajaya, kemiringan tanjakan menuju venue sebagian besar mencapai 45 derajat. Tajam setiap kelokan bisa mencapai 30 derajat. Tak ada lampu dan minim rambu-rambu.

Untuk akses ke venue gantole di kawasan Cihampelas, Kab. Bandung Barat ini bisa diakses dari arah Cimahi - Batujajar - Cililin atau jalur Soreang - Cipatik - Cihampelas. Bagi yang suka touring dengan sepeda motor atau ngagowes dengan sepeda, bisa mencoba menjajal menyambangi spot selfie yang sedang ngehits ini. Namun, harap utamakan kehati-hatian selama di perjalanan dan siapkan perbekalan makanan sendiri. Peta lokasi venue gantole Cihampelas, Cililin, Kab. Bandung Barat lihat di sini dan foto-fotonya lihat di sini.