Review

Event Gebyar Budaya Kreatif ke-4 Tampilkan Aneka Seni Budaya Cibiru




Gebyar Budaya Kreatif 4 Tahun 2017 di Cibiru

Event Gebyar Budaya Kreatif 4 digelar di lapangan eks Tanah Makam Pahlawan Cipadung Legit dibuka pada Sabtu (22/04/17). Peresmian acara menampilkan pencak silat, barong, gagak layang, kepang, kuda renggong, tari jaipong, rajah, bajidor. Sementara pada hari Minggu (23/4/2017) akan menampilkan potensi seni dari setiap kelurahan: pencak silat dan reak (Pasirbiru); calung dan reak (Palasari), reog dan reak (Cisurupan).

Event budaya tersebut dibuka langsung Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Dalam sambutannya, Oded menyampaikan tentang akan dibangunnya Rumah Budaya Kota Bandung di daerah Cibiru tersebut. Rumah budaya tersebut bertujuan untuk mewadahi seni budaya di kawasan Cibiru dan rencananya akan dibangun tahun ini.

Hiburan yang mengedukasi
Selain Rumah Budaya yang akan dibangun untuk menunjang pelestarian budaya di kawasan ini, Mang Oded sapaan akrab Wakil Wali Kota tersebut, mengajak seluruh pelaku seni budaya di Kota Bandung untuk menjadikan budaya sebagai hiburan yang mengedukasi.

Ditambahkan Camat Cibiru Ayi Sutarsa, di kawasan tanah eks makam pahlawan yang mempunyai luas 5261 meter persegi tersebut jika nantinya akan dibangun Rumah Budaya untuk tidak melupakan jasa para pahlawan yang dimakamkan di kawasan ini.

"Minimal ada cirinya, jadi kalau pun akan dibangun rumah budaya tidak menghilangkan atau melupakan kalau dulu disininya bekas taman makam pahlawan," tuturnya di sela sambutan kegiatan.

Pelestarian dan pemanfaatan seni budaya
Perhelatan seni budaya bernama Gebyar Budaya Kreatif ini merupakan kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung bersama komunitas seni budaya dan lingkungan. Kegiatan ini sebagai upaya pelestarian dan pemanfaatan seni budaya serta penyelamatan dan pelestarian lingkungan.

Perhelatan Gebyar Budaya Kreatif yang dikenal dengan tradisi Festival Reak dan Festival Benjang, tahun ini menampilkan sejumlah potensi seni tradisi di wilayah Kecamatan Cibiru. Selain menampilkan beberapa kesenian reak, juga kesenian singa depok, kuda renggong, reog, tarawangsa dan lainnya