Review

Bojongsoang, Kawasan Sentra Bisnis Baru di Bandung Selatan




Potensi Bisnis di Bojongsoang Kabupaten Bandung

Dibanding wilayah lainnya di Kabupaten Bandung, kawasan Bojongsoang tahun-tahun terakhir ini termasuk yang paling pesat dalam perubahan wilayahnya. Bojongsoang diproyeksikan menjadi kawasan yang bakal terus berkembang menjadi sentra perekonomian, pendidikan, dan wisata di Bandung Selatan. Tentunya ini perlu adanya kerja sama optimal dari berbagai pihak: pemerintah daerah, swasta, juga masyarakat. Maklum saja, di balik perkembangan yang ada, Bojongsoang menyimpan potensi permasalahan terutama dari urusan tata kelola lingkungan dan lalu lintas.

Bojongsoang selama ini saat musim hujan kerap dicap sebagai salah satu daerah langganan banjir. Cap oleh media ini kadang tidak sepenuhnya benar, karena bila dilihat di lapangan banjir yang menyergap hanya sebagian kecil di kawasan ini. Hanya saja, bila banjir, jalur Jln. Bojongsoang Raya selalu kena imbasnya terutama dari jalur keluar tol Buah Batu - pertigaan Bojongsoang (Pos Polisi Kersen) - Baleendah.

Bila pun banjir, biasanya di titik dekat Jembatan Citarum lama dan setelahnya di dekat Jembatan Citarum Baru. Namun, rencana akan dibuatnya danau retensi di kawasan Dayeuhkolot bisa jadi salah satu solusi penanganan banjir di Bandung Selatan.

Masalah lainnya adalah kemacetan yang kerap menyergap saat jam sibuk pergi dan pulang kerja. Ada benarnya juga beberapa waktu lalu, pihak DPRD Kota Bandung mengusulkan agar di Jln. Bojongsoang dibikin jembatan layang. Kemacetan akibat banyaknya persimpangan (salah satunya persimpangan Telkom University) kerap membuat para pengendara kesal.

Sentra bisnis di Bandung Selatan
Namun di balik permasalahan klasik tersebut, kawasan Bojongsoang ke depan diproyeksikan akan jadi sentra ekonomi yang bergeliat di Bandung Selatan. Salah satu pendukungnya, kawasan ini berbatasan langsung dengan wilayah Kota Bandung (terusan Buah Batu). Dengan demikian, akses menuju kawasan Bojongsoang tidak terlalu sulit, mudah dijangkau dari luar kota juga dari Kota Bandung.

Tak heran bila dalam beberapa tahun ini, kawasan Bojongsoang telah tumbuh jadi kawasan yang potensial untuk bisnis. Selain itu, kawasan Bojongsoang ditopang dengan aneka layanan kebutuhan publik seperti hadirnya Kampus Telkom University; beberapa bank (BCA, Mandiri, BJB, BRI, dll.); laundry; jasa tranportasi online; counter handphone; bengkel mobil dan motor; layanan klinik dan apotek 24 jam; bangunan-bangunan apartemen; hingga tempat-tempat wisata dan kuliner.

Kawasan wisata dan kuliner
Khusus untuk akses ke kawasan wisata dan kuliner, dari Bojongsoang terbilang mudah untuk ke tempat wisata seperti Ciwidey atau Pangalengan. Dari Bojongsoang ke Pangalengan dan Ciwidey, aksesnya tinggal menuju kawasan Baleendah - Banjaran dan lurus ke Cimaung - Pangalengan. Sementara bila hendak ke Ciwidey dari Banjaran tingga belok kanan ke arah Jln. Raya Banjaran - Soreang terus ke Ciwidey.

Beberapa tempat wisata dan kuliner yang dekat dengan kawasan Bojongsoang ada Tektona Park (Kampung Batu Malakasari) di Baleendah; Panghegar Waterboom di Jln. Mengger; juga beberapa destinasi wisata lainnya. Untuk sentra kuliner, coba saja Anda susuri dari keluar tol Buah Batu belok kanan ke arah Bojongsoang berjejer tempat-tempat kuliner, dari RM Ampera, Dapur Bebek, cafe-cafe, dan lainnya. Rupanya, kehadiran ribuan mahasiswa yang di sana menjadi peluang bagi para pelaku usaha penjual makanan.

Gerai Transmart Carrefour
Dan di kawasan Bojongsoang pun kini telah hadir Transmart Carrefour Buah Batu persis dekat jembatan tol Buah Batu. Transmart Carrefour Buah Batu yang di-launching pada Jumat (28/4/2017) tersebut hadir dengan konsep belanja keluarga yang lebih dinamis. Karena menggabungkan konsep sebagai destinasi belanja favorit dimana keluarga dapat berbelanja, bersantap, bermain, dan menonton dalam satu kawasan.

Gerai Transmart Carrefour Buah Batu Bandung Square hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekitar akan tempat belanja yang sekaligus menawarkan tempat untuk bersantap, bermain, dan menonton dengan adanya Kidcity dan XXI. Kini, Transmart Carrefour Buah Batu Bandung Square menjadi primadona baru masyarakat Bojongsoang dan sekitarnya untuk belanja, makan, dan rekreasi. Sebelumnya, di kawasan ini pun hadir Toserba Yogya dan Borma Bojongsoang.

Tak heran bila semakin ke sini, kawasan Bojongsoang menarik banyak investor untuk membangun tempat bisnis. Ruko-ruko pun mulai menghiasai kawasan Jln. Bojongsoang. Dan sebagai daerah penyangga Kota Bandung, di Bojongsoang pun kini menjadi incaran para pengembang yang membangun perumahan, tempat wisata, bank, usaha kuliner, ruko, kos-kosan, jasa transportasi, laundry, apotek, klinik, hingga apartemen. (WB-001)