Review

Bandung Masuk 10 Destinasi Wisata Utama yang Akan Di-Launching Kemenpar




Bandung masuk 10 destinasi wisata utama Indonesia

Bandung menjadi salah satu kota dari 10 destinasi wisata  yang akan di-launching oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Selain Bandung, Menpar juga akan me-launching destinasi pariwisata utama Indonesia antara lain Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi. Launching akan digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (14/6/2017).

Peluncuran branding baru 10 destinasi pariwisata utama tersebut  sebagai upaya menyelaraskan  sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (Wonderful Indonesia/WI) sehingga memperkuat positioning  dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia setiap destinasi di kancah internasional.

Menpar Arief Yahya menjelaskan,  kesepuluh destinasi utama ini paling siap di-branding sebagai destination branding  dalam mendukung brand Wonderful Indonesia. “Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding  dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019,” kata Menpar Arief Yahya.

Kesiapan 10 destinasi  utama  dengan branding baru tersebut terutama dalam unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) yang membuat mudah bagi wisatawan berkunjung ke masing-masing destinasi untuk menikmati fasilitas,  sarana akomodasi, maupun atraksi unggulan yang ada di daerah tersebut.  Misalnya, untuk wisata bahari (marine tourism)  dimiliki destinasi wisata Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat dengan branding baru sebagai Coral Wonders.

Pameran The New Chapters of Indonesia
Dalam rangkaian acara launching 10 destinasi pariwisata utama juga dilakukan pameran yang mengangkat tema The New Chapters of Indonesia  memamerkan potensi daya tarik wisata berupa budaya (culture), alam (nature), dan daya tarik wisata buatan (manmade) di masing-masing 10 destinasi wisata unggulan tersebut.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar I Gde Pitana mengatakan,  keistimewa daya tarik wisata di 10 detinasi utama dipamerankan dalam kesempatan itu dan  para pengunjung dapat menikmati kebudayaan dari masing-masing destinasi. “Ada putri pariwisata di setiap booth yang siap membantu pengunjung mencari tahu mengenai filosofi branding baru destinasi tersebut.  Dalam pameran ini kami juga memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukkan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang tersedia,”  kata I GdePitana.

Acara launching 10 destinasi pariwisata utama Indonesia  dengan branding baru dan pameran The New Chapters of Indonesia (WI) dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders yang menampilkan tari radisional, fashion show,  dan musik  dan biola  oleh grup musik KAMILA serta alunan musik daerah dipersembahkan oleh Andien. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar)