Review

Taman Cikapayang, Spot Nongkrong Asyik di Kawasan Dago




Taman Cikapayang Dago Bandung

Renovasi Taman Cikapayang Dago sudah selesai. Ada air mancurnya juga di tengahnya. Bulan depan pas Agustusan sudah bisa dipakai warga dan wisatawan. Kerjasama istimewa dengan JNE . Hatur Nuhun. Demikian isi postingan yang diunggah Wali Kota Ridwan Kamil dalam akun instagramnya pada Sabtu (8/7/2017).

Inilah sajian baru yang dihadirkan Pemkot Bandung bagi khalayak. Namanya Taman Cikapayang, sebuah taman di bilangan Jln. Ir. H. Djuanda yang sebelumnya jadi landmark kawasan Bandung Utara sekaligus dikenal sebagai area nongkrong favorit anak muda. Lokasinya dikenal juga dengan Taman Dago. Lokasi persisnya di bawah Jembatan Layang Pasupati (Cikapayang/Jln. Badak Singa). Revitalisasi taman ini tinggal beberapa persen lagi  rampung.

Taman yang berada di kawasan Kecamatan Coblong ini rencananya bakal dibuka untuk umum pada bulan Agustus 2017. Namun bagi wisatawan, nama taman ini jangan sampai tertukar dengan Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang yang ada di sebelah Balai Kota Bandung (dekat Taman Sejarah). Ciri khas taman ini ada tulisan DAGO dengan huruf warna-warni dan dari dulu biasa jadi area berselfie para wisatawan dengan latar sign huruf tersebut. Kini, bentuk di tengahnya pun melingkar seperti di Taman Vanda dan lebih nyaman. Delapan batu bulat besar mengelilingi spot air mancur di tengahnya.

Taman Cikapayang kini sudah masuk dalam beberapa tahapan pembangunan. Proses renovasi saat ini tengah dikerjakan dan yang membutuhkan waktu lama adalah pembangunan air mancur. Konsep tamannya sendiri seperti di Taman Vanda di mana tidak ada genangan air. Pembangunannya sendiridisesuaikan dengan kontur taman di sana, sehingga tidak banyak melakukan perubahan.

Taman Cikapayang tidak hanya dipercantik. Ada beberapa sarana lainnya yang ditambahkan guna memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung seperti penyediaan toilet umum. Taman ini punya ciri serba batu dari tempat duduk hingga hiasan "kelereng raksasa" alias batu bulat. Batu bulat tersebut seperti yang terlihat menghiasi trotoar beberapa ruas jalan di Bandung. Di taman ini pun disediakan amphiteater dimana disesuaikan karena taman ini selain ruang publik dan sosial juga bisa digunakan untuk menggelar event/acara tertentu yang setiap pekannya selalu dihadirkan.

Peta lokasi Taman Cikapayang lihat di sini.