Review

Sensasi Mandi dari Sumber Mata Air di The Cipaku Garden Hotel




Sumber Mata Air Ledeng Cipaku

Setiap orang kalau berlibur dan menginap ke Kota Bandung, pasti ingin berlibur di tempat yang sejuk alamnya dan nuansanya Bandung banget. Beberapa kawasan di utara Bandung masih menyajikan suasana alami dengna pohon-pohon dimana diantaranya mengalir air nan bening yang menambah kesejukan. Suara gemerecik suara sungai bisa menjadi penenang tersendiri untuk melepas segala penat jauh dari rutinitas.

Bila Anda ingin merasakan suasana alami dan asri di kawasan Bandung utara, kunjungi The Cipaku Garden. The Cipaku Garden Hotel adalah salah satu hotel di Kota Bandung yang masih menjaga keasrian lingkungannya. Pohon-pohon di sekitar hotel yang menampilkan suasana alami nan hijau dibiarkan alami. Saat berkunjung ke The Cipaku Garden Hotel, Anda akan merasakan suasana alam yang tak terlupakan dan membuat Anda ingin kembali ke sini.

Aliran sungai kecil
Di area hotel pun terdapat aliran sungai kecil yang dilengkapi lapangan untuk bermain, kolam renang, kolam pancing, Resto Vanda dan Resto Saung Kemangi khas Sunda, juga ada sanggar seni budaya ECO Bambu Cipaku. Aliran sungai yang ada di area The Cipaku Garden Hotel mengalirkan air dari sumber mata air alami.

Jarang yang mengetahui bahwa air sungai tersebut bersumber dari mata air yang berasal dari salah satu situs purbakala yang di zaman belanda dikenal dengan "Tjibadak". Nama ini pula yang jadi asal mula nama daerah Ledeng sebagai sumber mata air di zaman Belanda, yang kini menjadi Kelurahan Ledeng. Secara epistimologi, nama ‘Cibadak’ berarti ‘tempat berendam badak’ Sunda = pangguyangan badak. Di area inilah dari dulu hingga sekarang terdapat sumber air yang melimpah.

Oleh pemerintah Hindia, sumber mata air yang melimpah dari tempat ini dibuatkan bangunan pelindung untuk kemudian disadap dan dialirkan melalui saluran pipa besar yang ditanam di dalam tanah. Bangunan pelindung itu dikenal dengan nama Gedong Cai. Pembangunan Tjibadak yang berlangsung ketika Bandung dipimpin oleh Bertus Coorps ini miliki beragam alasan.

Selain untuk mengaliri kebutuhan air ke seluruh kota dan perkebunan, pembangunan ini juga bertujuan dalam rangka mempersiapkan Bandung sebagai ibu kota Hindia Belanda. Waterleiding Tjibadak ini dikelilingi sejumlah pohon diantaranya aren, jambu, mahoni, dan tanaman keras lainnya. Benteng ini menghadap cekungan yang dipenuhi pepohonan dan bangunan mewah di daerah Cipaku, Ledeng, Bandung.

Sensasi mandi dari mata air alami
Kini, Anda bisa merasakan sensasi air alami yang bersumber dari mata air Cibadak tersebut. Tamu yang menginap di The Cipaku Garden Hotel akan merasakan sensasi mandi dari mata air alami, bahkan PH airnya lebih tinggi di banding air kemasan.

Jadi ketika kita berlibur ke Kota Bandung dan ingin menginap di tempat yang asri dan merasakan mandi dengan mata air ini, datanglah  ke The Cipaku Garden Hotel. The Cipaku Garden Hotel lokasinya mudah dijangkau dan dekat dengan tempat-tempat wisata d Bandung, antara lain kawasan Lembang, Cihideung, Dago, dan Cihampelas. The Cipaku Garden Hotel beralamat di Cipaku Indah XI no. 2 ( dari arah keluar tol Pasteur  ke Jln. Setia Budhi/Ledeng dan di dekat gerbang kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung belok kanan dan ikuti petunjuk arah.  Untuk info dan reservasi silakan kontak ke WhatsApp 0857-2270-0945.