Review

Rumah Makan Rencong, Kuliner Legendaris di Bandung Selatan




Rumah Makan Rencong Banjaran

Bila wisatawan yang biasa tamasya ke Bandung Selatan, mungkin lebih familiar dengan kawasan wisata alam Ciwidey. Namun, untuk urusan wisata kuliner wilayah lainnya di kawasan Bandung Selatan tak kalah pamor. Hanya lokasinya memang agak jauh dari jalur ke Ciwidey. Sentra kuliner Bandung Selatan beberapa di antaranya ada di kawasan Baleendah dan Bojongsoang. Salah satu tempat wisata kuliner di Bandung Bandung Selatan yang legendaris ada Rumah Makan Rencong.

Nama rumah makan ini tak ada kaitannya dengan senjata tradisional khas Aceh. Rencong sendiri di kawasan Baleendah menuju Banjaran ini singkatan "Rengas Condong". Rumah makan Rencong sendiri berada tak jauh dari Borma Baleendah (di seberangnya) dan dekat dengan tempat wisata Kampung Batu Malakasari atau kolam renang Tektona Waterpark. Untuk akses menggunakan angkutan kota, Anda bisa naik jurusan Tegallega - Banjaran.

Rumah makan Rencong dikenal sebagai tempat kuliner wisatawan yang berkunjung ke daerah Bandung Selatan. Saat weekend atau liburan, tempat makan ini biasa dijejali pengunjung. Rumah makan Rencong dikenal dengan sajian ayam bakarnya yang nikmat. Ayam bakar di sini terkenal dengan rasanya yang meresap ditambah dengan tekstur ayamnya yang terasa lembut dan halus.Kulit dan daging ayam yang berwarna merah sempurna, tidak gosong atau berwarna hitam.

Rumah makan yang buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam ini sangat pas bagi Anda berkumpul berama keluarga atau teman-teman sambil menikmati hidangan. Tempat makan ini pun cocok buat acara buka puasa bersama di bulan Ramadan.

Adapun untuk urusan menu, harganya sangat terjangkau dan pas untuk kantong. Satu ekor ayam bakar kampung dihargai Rp60.000 yang bisa dinikmati ramai-ramai. Sementara untuk ayam negeri atau ayam buras harganya lebih murah dari itu. Sehingga, harganya sangat terjangkau dan pas untuk kalangan menengah.Di sini pun ada menu lain khas Sunda seperti sambal terasi, perkedel, ikan asin dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu nasi yang disediakan juga ada dua macam yakni nasi putih dan nasih merah.

Untuk akses ke rumah makan Rencong, bila Anda menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalur keluar tol Buah Batu - Jln. Raya Bojongsoang - Pasar Dayeuhkolot / Baleendah - Rumah makan Rencong. Sementara bila dari arah Ciwidey melalui jalur Jln. Soreang-Banjaran ke arah Terminal Banjaran - Jln. Raya Banjaran ke arah Baleendah (patokannya di seberang Borma Baleendah/Rencong).

Rumah Makan Rencong
Jalan Raya Banjaran No.253, Andir, Baleendah

Nomor kontak:
(022) 5941964
(022) 85937500
0821-2088-8005