Review

Pesona Wisata Alam Pangalengan Makin Jadi Primadona




Tempat Wisata Favorit di Pangalengan

Pangalengan merupakan wilayah kecamatan di Bandung Selatan, Kab. Bandung yang dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan, dan perkebunan. Terdapat beberapa perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN. Pangalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi. Peternakan dan pengolahan susu di daerah Pangalengan dan daerah Bandung Selatan lainnya dikelola oleh Koperasi Peternakan Bandung Selatan Pangalengan (KPBS Pangalengan).

Kawasan Pangalengan di Bandung Selatan memiliki pesona keindahan alam pegunungan yang asri dan menyejukkan. Namun, kawasan wisata ini dulu lebih kalah pamor dibandung Ciwidey yang sama-sama di Bandung Selatan. Kini, wisata alam Pangalengan semakin naik daun. Memiliki topografi sama dengan Ciwidey, kawasan Pangalengan memiliki keindahan wisata alam dari perkebunan teh, danau, sungai, hingga wisata bangunan sejarah.

Kawasan wisata Pangalengan pun biasa jadi tempat favorit untuk lokasi shooting. Salah satu lokasi shooting yang jadi film fenomenal adalah  film"Pengabdi Setan". Film karya Joko Anwar ini mengambil tempat pengambilan gambar di salah satu rumah tua di Kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Menyajikan Wisata Alam Memukau
Tempat-tempat wisata alam yang ngehits di sini ada wisata Situ Cileunca, perkebunan teh Malabar, pemandian air panas Cibolang, perkebunan teh Cukul, rafting Sungai Palayangan, Curug Panganten, kampung adat Cikondang, rumah Bosscha, Hutan Pinus Rahong, dan lainnya. Selain itu, daerah Pangalengan pun dikenal dengan produk susu sapi yang menghasilkan produk permen hingga kerupuk susu. Potensi lainnya adalah produk kopi khas Parahyangan. Beberapa jasa layanan wisata pun kini banyak di daerah Pangalengan.

Jalur Alternatif ke Pantai Selatan
Pamor Pangalengan pun semakin ngehits dengan adanya jalur alternatif menuju kawasan wisata pantai Garut Selatan. Dengan melewati jalur keluar tol Buah Batu - Bojongsoang - Dayeuhkolot - Banjaran - Banjaran - Pangalengan - Perkebunan Teh Cukul, jalur tersebut langsung menuju kawasan Pantai Rancabuaya dimana bisa diteruskan ke Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, dan lainnya.

Bila sudah sampai di jalur  pantai selatan ini, Anda bisa menyusuri jalan yang mulus untuk ke arah pantai-pantai di Tasikmalaya, juga ke arah Pangandaran atau ke arah pantai di Cianjur dan Sukabumi. Tak heran bila sekarang banyak wisatawan yang menggunakan jalur ini untuk wisata ke kawasan Pantai Selatan Jawa Barat. Dibanding dengan melalui jalur Garut Kota - Garut Selatan, melalui jalur Pangalengan ini lebih memangkas waktu.

Walaupun jalannya melewati pegunungan, namun akses jalannya mulus dan menyajikan pemandangan luar biasa. Tak heran bila jalur Pangalengan - Pantai Rancabuaya jadi jalur pilihan favorit bagi mereka yang suka touring dan pengguna kendaraan roda empat golongan 1 (sedan, AVP, dan lainnya). Sementara untuk bus kurang disarankan karena jalannya agak sempit.

Pesona wisata Pangalengan
Atraksi wisata favorit yang kian ngehits di Pangalengan ini di antaranya: wisata selfie di daerah perbukitan dan perkebunan teh, rafting, outbond, camping, wisata keluarga di alam terbuka. Hanya saja untuk penginapan di daerah agaknya masih perlu dibenahi agar lebih banyak seperti di kawasan Ciwidey. Namun, wisatawan bisa juga menginap di hotel (salah satunya Hotel Damanaka), villa-villa yang dikelola PTPN, menginap di resort-resort atau camping ground di sekitaran Situ Cileunca.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal pesona wisata alam nan indah, bisa mencoba datang ke Pangalengan. Selain jalur keluar tol Buah Batu - Bojongsoang - Dayeuhkolot - Banjaran - Banjaran - Pangalengan, bisa juga dari jalur Situ Cisanti yang ada di kawasan Kertasari. Untuk ke Situ Cisanti melalui jalur keluar tol Buah Batu - Bojongsoang - Baleendah Ciparay - Pacet - Kertasari. Jarak dari Situ Cisanti ke Pangalengan tidak terlalu jauh. Atau bisa juga pilihannya, Anda dari Pangalengan dulu baru ke Situ Cisanti (titik 0 km/hulu Sungai Citarum).

Tips wisata ke Pangalengan:
1. Bila menggunakan kendaraan pribadi, usahakan perjalanan dilakukan pagi-pagi. Perhatikan pula kendaraan Anda harus prima karena melewati tanjakan dan belokan yang melewati perkebunan-perkebunan di perbukitan. Apalagi bagi Anda yang akan meneruskan perjalanan touring ke kawasan Pantai Selatan melalui jalur Pangalengan - Cukul - Pantai Rancabuaya.
2. Karena termasuk daerah dingin seperti Ciwidey, jangan lupa bawa pakaian hangat seperti jaket atau sweater. Terutama saat Anda memilih camping di kawasan Situ Cileunca dan sekitarnya. Bawa juga penunjang lain seperti obat-obatan, powerbank, kamera, dll.
3. Lebih baik bawa bekal makanan/snack dari rumah. Bila ingin belanja perbekalan atau oleh-oleh bisa di kawasan alun-alun Pangalengan. Jangan lupa pula, bagi penyuka kopi bisa mencobanya di kawasan Pangalengan.
4. Bila naik kendaraan umum, naik bus 3/4 jurusan Terminal Leuwipanjang - Pangalengan. Sampai di Terminal Pangalengan bisa diteruskan naik ojek ke tempat-tempat wisata.
5. Pilih tempat wisata yang sesuai minat Anda. Silakan cari di Google Search untuk info kontak agen-agen layananan wisata di Pangalengan, terutama untuk jasa rafting, outbond, atau penginapan.
6. Jagalah kebersihan lingkungan di sekitar tempat wisata.
7. Bila Anda penasaran dengan tempat-tempat wisata di Pangalengan, Kab. Bandung, lihat direktorinya DI SINI.