Review

50 Tempat Wisata Edukasi di Bandung Buat Liburan Anak Sekolah

share to whatsapp



50 tempat wisata anak di Bandung

Liburan sekolah adalah momen buat mengajak wisata sang buah hati. Bila para orang tua ingin mengajak anak-anak berwisata ke Bandung, salah satu pilihannya bisa ke tempat-tempat wisata edukasi. Tempat-tempat wisata edukasi di Bandung terhitung banyak, berikut di antaranya yang bisa jadi referensi para orang tua:

1. Museum Gedung Sate
Museum Gedung Sate yang diresmikan pada 8 Desember 2017 ini, buka dari Selasa s.d. Minggu dengan waktu operasionalnya mulai pukul 09.30 - 16.00 WIB, libur Senin dan hari libur nasional. Selanjutnya, mulai Januari 2018 pengunjung akan dikenakan tarif Rp5000/orang. Untuk rombongan sebaiknya reservasi dulu melalui  Call Center Museum Gedung Sate (022) 4267753.

2. Museum Geologi
Museum di sebelah timur Gedung Sate ini harga tiketnya cuma Rp3000. Di sini anak-anak bisa menyaksikan gambaran sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dari primitif hingga modern, yang mendiami planet bumi ini dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan. Panel-panel gambar yang menghiasi dinding ruangan berisi informasi tentang sejarah bumi. Di sini juga pengunjung bisa melihat aneka fosil purbakala, salah satunya pohon-pohon purba yang telah membatu. Ada juga fosil kerang raksasa yang ditemukan di Padalarang hingga fosil T-Rex.

3. Museum Sri Baduga
Museum yang terletak di Jln. BKR No. 185 Bandung ini buka pada hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 08.00–15.00 WIB, Sabtu–Minggu pukul 08.00–14.00 WIB. Pembangunan fisik museum ini dikerjakan tahun 1974 dengan mengacu pada rumah tradisional Jawa Barat, yaitu bangunan atap panjang dan rumah panggung yang dikombinasikan dengan arsitektur modern.

4.Museum Mandala Wangsit
Museum  yang dahulu pernah dijadikan markas militer ini berada di Jalan Lembong No, 38 Bandung (arah barat sebelum Patung Persib/Perempatan). Museum ini memiliki areal seluas 4.176 m2 dan luas bangunan 1.674 m2, menempati sebuah gedung yang pernah digunakan sebagai markas militer

5. Museum Konferensi Asia Afrika 
Merupakan salah satu museum yang berada di kota Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka.

6. Bandung Planning Gallery
Bila Anda dan anak-anak sedang berkunjung ke Taman Sejarah di area belakang Balai Kota Bandung, cobalah untuk mampir ke Bandung Planner Gallery yang tak jauh dari spot ruang publik tersebut. Kini, warga dapat mengetahui identitas Bandung masa lalu, masa kini, dan masa depan dalam media interaktif anjungan perencanaan kota di Bandung Planning Gallery (BPG).

7. Museum Pos
Jika ingin melihat sejarah perkembangan pos, bisa mendatangi Museum Pos yang ada di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat PT Pos Indonesia di Jalan Cilaki 73. Bangunannya tepat ada di sebelah timur Gedung Sate. Merunut pada sejarah, Museum Pos dibuka di tahun 1931 dengan nama Museum Pos, Telegraf dan Telepon (PTT). Dulu, sebagian besar koleksinya berupa perangko dari dalam dan luar negeri.

8. Gedung Capetang
Di area gedung perkantoran Pemkab Bandung, kini ada spot wisata edukasi baru bernama Gedung Calon Pemimpin di Masa Datang (Capetang). Dulunya, gedung itu dibangun untuk sarana penitipan anak khusus karyawan/karyawati Pemkab Bandung. Namun atas dasar pemikiran bahwa kebutuhan anak mulai dari 0 sampai 18 tahun semakin bertambah, gedung tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi anak usia dini.

9. Bandung Champion City (BCC)
Wahana theme park yang berlokasi di lantai Lucky Square Mall lantai P8A Jln. Terusan Jakarta No 2, Kota Bandung. Bandung Champion City (BCC) mengusung konsep kota metropolitan mini untuk anak-anak yang dirancang sistematis dan realistis serupa dengan tatanan dan struktur kota sebenarnya. Memiliki kurikulum yang terintegrasi dengan program pendidikan nasional "Belajar di Luar Kelas" sebagai laboratorium satuan pendidikan. Terdiri darim 78 wahana dan 177 profesi dalam area seluas 10.000 m2.

10. Happy Farm Ciwidey
Berdiri di area seluas tempat kurang lebih empat hektare. Dengan mengusung konsep wisata untuk anak-anak, Happy Farm mempunyai area-area, di antaranya Taman Kelinci, Kandang Domba, Kuda Poni Tunggang, Menyusui Anak Sapi, hingga Petting Zoo yang berisi berbagai satwa yakni iguana, sugar glider, kelinci, landak, serta burung hantu.

Untuk tiket masuknya hanya Rp 20.000. Tiket masukpun bisa ditukar dengan segelas susu murni segar ataupun ditukar makanan di resto dengan harga sama.

11. Fairy Garden
ini dibuat untuk wisata keluarga yang dapat membawa anak-anaknya ke suasana magical kualitas terbaik, dengan tetap menggunakan sumber daya manusia lokal namun bercita rasa global. Sebanyak 6 wahana nanti akan hadir di wisata ini. Saat ini wahana yang ada hanya ada 4, yakni Woodland, Wood fairy, Book fairy, Flower fairy, dan Art fairy.

12. Science Center Soreang
Merupakan museum masa depan dan masa lalu. Mulai terbentuk kawasan Bandung hingga kuliner tersaji di lantai satu. Di lantai dua terdapat perpustakaan digital, foto-foto ilmuwan, dan alat peraga ilmu pengetahuan. Perjalanan ke luar angkasa tersaji di lantai 3 yang dilengkapi 4D Cinema.Puser Elmu atau Gedung Science Center dimiliki Pemkab Bandung. Di gedung ini terdapat ruangan Augmented Reality (AR) Sabilulungan. Letaknya berada di pojok kanan lantai 1. Ukuran ruangannya sekitar 10x6 meter dengan kapasitas sekitar 25 meter.

13. Taman Lalu Lintas Bandung
Selain menyajikan aneka wahana yang sangat cocok untuk mengisi liburan anak-anak, tempat wisata di Jln. Belitung no. 1 ini harga tiketnya pun terbilang ramah di kantong yakni Rp6000 untuk hari biasa, dan Rp7000 saat weekend. Tak heran bila saat musim liburan anak sekolah, libur Lebaran, atau libur baru, Taman Lalu Lintas yang dekat dengan kompleks Kodam III/Siliwangi tersebut biasa ramai pengunjung. Anak-anak bisa bermain sepeda mini, kereta api mini, korsel, kereta motor, dan sarana mainan koin.

14.  Bandung Zoo (Kebun Binatang Bandung)
Lokasinya berada di Jln. Taman Sari, tak jauh dari area kampus ITB. Untuk harga tiket masuk yang berupa gelang, kini dibanderol dengan harga Rp40.000 / orang. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung bisa gratis naik perahu, roaler coaster, serta outbond. Ada pula pertunjukan binatang layaknya sirkus, parade satwa, ataupun foto bersama satwa.

15.  Wisata Edukasi Permainan Tradisional ECO Bambu Cipaku
Bila Anda bersama keluarga berwisata ke Bandung, sekali-kali bisa membawa anak-anak ke sanggar seni budaya ini. Nama ECO Bambu Cipaku dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat yang concern dalam literasi seni budaya Sunda di Kota Bandung. Sanggar seni yang memiliki ciri khas serba bambu ini berlokasi di Jln. Cipaku Indah XI, tepatnya di area The Cipaku Garden Hotel, Cidadap, Ledeng, Kota Bandung.

16. Dago Dreampark
Di tempat wisata terpadu Jalan Dago Giri ini, kini banyak spot menarik buat bermain anak maupun berfoto. Selain bermain sepuasnya, anak-anak bisa berfoto di rumah balon ala film animasi Up, pesawat UFO, atau berinteraksi dengan hewan ternak. Lokasi wisata ini berada di Jln. Dago Giri Km 2,2, Mekarwangi, Lembang, Bandung.

18. Pramestha Bird Pavillion
Wisata taman burung Pramestha Bird Pavillion terletak di Jln. Akaza Utama no. 9 Pramestha Resort Town Dago Giri, Bandung, telepon: 022 - 87791919. Lokasinya sekitar 5 km dari Sheraton Hotel Dago atau sekitar 15 menit dari Dago Commercial Area. Jika Anda keluar dari tol Pasteur, bisa mengambil jalur alternatif melalui jalur ke Jln. Ir. H. Juanda sampai terus ke arah Dago Giri. Bisa juga diakses dari Lembang melalui Jln. Dago Giri.

19. Chinatown Bandung
Inilah destinasi wisata yang sedang ngehits di pusat Kota Bandung. Lokasinya di Jln. Kelenteng no. 41 Bandung. Kawasan wisata chinatown tersebut buka dari pukul 12 siang hingga pukul 12 malam. Adapun untuk tiket masuknya Senin - Kamis Rp10.000 dan weekend Rp20.000 (plus souvenir). Transaksi di dalam menggunakan kartu BCA (Flazz, kartu debit, dan kartu kredit).

20. Tektona Waterpark - Kampung Batu Malaksari
Kampung Batu Malakasari atau bisa dikenal dengan Tektona Waterpark. Lokasinya berada di Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari, Kec. Baleendah, Kab. Bandung. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner. Kawasan ini mempunyai ragam fasilitas yang bisa digunakan pengunjung, terutama anak-anak.

21. Penangkaran Rusa di Kampung Cai Rancaupas
Tempat wisata yang kini lebih dikenal dengan Kampung Cai Rancaupas tersebut menyediakan arena camping ground, kolam renang, hingga wisata interaksi dengan rusa. Di tempat inilah habitat rusa-rusa yang sangat alami. Katanya, rusa-rusa tersebut dulunya didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. Beda halnya dengan memberi makan rusa seperti di Kebun Raya/Istana Bogor, di tempat konservasi fauna ini pengunjung berhadapan langsung dengan rusa tanpa terhalang pagar.

22. Gunung Puntang
Desa Campaka Mulya, Kec. Cimaung, Banjaran-Pangalengan Kab. Bandung. anak-anak bisa menikmati suasana alam dengan sungai dan hutan pegunungan yang memberikan nuansa asri, alami yang menentramkan hati setiap pengunjung.

23. Rumah Hobbit Farmhouse Lembang
Inilah tempat wisata yang booming di kawasan jalur ke Lembang. Farmhouse Susu Lembang di Jl. Raya Lembang No. 108, Cihideung, Kab. Bandung Barat. Spot rumah Hobbit, foto dengan kostum, dan interaksi dengan hewan ternak  jadi spot yang menjadi primadona wisatawan.

24.  The Lodge Maribaya
Di sini terdapat fasilitas lengkap bagi Anda yang ingin menjajal wisata. Tempat yang juga dikenal dengan "The Lodge Cibodas" terdapat fasilitas outbound (flying fox, trekking, fun games, camping, dll. Tempat ini cocok juga bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan gathering atau sekadar kumpul-kumpul bersama keluarga dan sang buah hati.

25. De'Ranch Lembang
Objek wisata De'Ranch resmi dibuka untuk umum pada Desember 2007, sebagai tempat wisata kuda ala cowboy yang bertemakan food, leisure and knowledge. Hingga saat ini De'Ranch telah mempunyai sekitar 20 ekor kuda dari pelbagai daerah dan dalam pengoperasian wisata kuda De'Ranch pun bekerja sama dengan masyarakat pemilik kuda yang berdomisili di sekitar lokasi De'Ranch.  Teretak di Jln. Maribaya no. 17, Lembang - Kab. Bandung Barat Telepon: (022)278-5865. Fax: (022) 278-5842.

26. Kota Mini Floating Market Lembang
Di sini, anak-anak bisa lebih belajar mengenal aneka profesi yang mungkin saja jadi salah satu cita-cita anak di kemudian hari. Di sini pun ada ruangan khusus berisi aneka boneka dengan ragam karakter. Bagi yang ingin berfoto dengan busana luar negeri ada spot berfoto Litte Missy Custome.

Anak-anak bisa bermain sambil belajar, lengkap dengan fasilitas pendukung. Contohnya, rumah polisi, pemadam kebakaran, dokter, salon, dan pasar. Ada lebih dari 10 bangunan tematik untuk setiap profesi.

27. Orchid Forest Lembang
Terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga Tiket masuk  Orchid Forest Lembang Rp 30.000/orang dan bagi yang bawa kamera DSLR Rp 50.000/orang. Adapun waktu operasionalnya untuk hari biasa dari pukul 09.00 s.d. 18.00 WIB dan akhir pekan pukul 08.00 s.d. 19.00 WIB.

28. Taman Bunga Begonia
Inilah tempat wisata bagi anak untuk lebih mengenal alam terutama aneka jenis bunga nan indah. Pengelola di sini pun menyediakan fasilitas dan layanan untuk para wisatawan, antara lain restoran, mushola, tour guide, live music, dan sebagainya. Tips untuk mendatangi tempat ini baiknya dilakukan pada pagi hari karena bunga-bunga masih terlihat lebih segar.  Kebun Begonia berlokasi di Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, telepon: (022) 2788527.

29. Terminal Wisata Grafika Cikole
Tempat ini cocok menjadi tujuan wisata Anda untuk menyelenggarakan aktivitas luar ruangan bersama keluarga. Anak-anak bisa menjajal bertualang di alam terbuka di tengah kesejukan alam Cikole. Terminal Wisata Grafika Cikole berlokasi di Jln Raya Tangkuban Perahu km 8 Desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Informasi dan kontak (022) 8278 2441.

30. Observatorium Bosscha
Merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung.

31. Dusun Bambu
Kawasan wisata Dusun Bambu terletak di Jln. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat, telepon: 022 - 82782020. Pengunjung bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu.

32. Ciwangun Indah Camp (CIC)
Lokasi wisata CIC terletak di Kampung. Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kab. Bandung barat. Lokasinya dekat dengan area wisata Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Cimahi, serta Dusun Bambu.

33. Sapu Lidi
Inovasi back to nature ini kini telah menjadi jualan utama Sapu Lidi. Di sini, Anda bisa menemukan aneka ragam makanan, jajanan pilemburan, souvenir, hingga bercengkrama dengan alam. Khusus untuk urusan kuliner. Di tempat ini juga, Anda bisa juga berbelanja souvenir dari mulai wayang golek, alat permainanan anak-anak, aneka makanan tradisional, dll. Lokasinya di Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Cihideung – Lembang Kontak dan informasi resort: (022) 2786915  dan restoran: (022) 2786461.

34. Jendela Alam
Pesona Sahabat Alam merupakan area kebun pertanian konvensional. Lokasinya berdampingan dengan Villa Istana Bunga, Parongpong, Bandung Barat. Area kebun yang luas sekitar 4 hektare, udara sejuk pegunungan serta perpaduan bukit dan lembah, hal ini merupakan salah satu daya tarik bagi Anda saat menjelajah sambil melihat aktivitas berkebun atau bahkan ikut memetik sayuran di musim panen.

35. Di Puspa Iptek Sundial
terdapat lebih dari 180 buah alat peraga interaktif. Pengunjung dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi alat-alat peraga tersebut. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan antara Puspa Iptek dan Sundial.

Puspa Iptek adalah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sedangkan Sundial berarti jam Matahari. Kata Sundial tersebut melekat karena Puspa Iptek Sundial berada di sebuah bangunan yang unik dan menjadi ikon perumahan ini. Keunikannya adalah gedungnya sekaligus berfungsi ganda sebagai jam Matahari.

36. Batu Kuda
Bila Anda mencari tempat wisata alam nan sejuk dan cocok buat kemping, cobalah menyambangi tempat wisata di Bandung Timur ini. Wisata alam Batu Kuda sebenarnya sudah lama dikenal masyarakat Bandung, namun dulu pengelolaannya belum dioptimalkan. Kini, kawasan wisata di kaki Gunung Manglayang ini telah direvitalisasi oleh pihak Perhutani. Hutan pinus batu kuda pun kini mulai jadi wisata favorit buat kemping, gathering, outbond, dan lainnya.

37. Taman Wisata Kaulinan Pasir Kunci
Salah satu tempat yang kini menjadi primadona wisatawan di kawasan kaki Gunung Manglayang adalah Taman Wisata Kaulinan Pasir Kunci yang berada di kawasan Jalan Pasir Kunci, Ujungberung, Kota Bandung. Di spot wisata alam ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung. Sehingga dari ketinggian dan tentunya bisa puas berswafoto dengan view menakjubkan.

38. Villa Kancil - Kampoeng Sunda
Lokasinya di Jln. Raya Desa Padamukti, Kecamatan Solokan Jeruk, Kab. Bandung Anak-anak bisa dikenalkan sejak dini akan lingkungan desa. Salah satunya, mereka bisa naik perahu yang ditarik seekor munding (kerbau). Selain arena main di air, anak-anak pun bisa menjajal permainan di darat, seperti flying fox, naik sepeda, main trampolin, dan lainnya. Sementara bagi orang tua bisa bermain flying fox, naik ATV, atau rehat sejenak di saung-saung sambil menikmati aneka kuliner.

39. Cantigi Camp
Jika Anda ingin mengajak anak-anak wisata outbond bisa mendatangi Cantigi Camp yang berada di daerah Cileunyi, Bandung Timur.  Di sini kita bisa melakukan wisata dan petualangan di alam terbuka yang melibatkan unsur fisik, mental, emosional, dan spiritual.

Kegiatan outbond tersebutdikemas dalam bentuk fun games dan simulasi yang menyenangkan. Adapun bentuk kegiatan yang bisa dilakukan antara lain: Fun Games, High-Impact Activities, High Rope Element, Fun Camp, Hill Walking, dan Rafting.

40. Forest Walk Babakan Siliwangi (Baksil)
Setelah direvitalisasi, pengunjung bisa menikmati suasana segar area hutan dengan berjalan-jalan, olahraga, maupun berselfie ria tanpa harus menembus lebatnya hutan. Dan tentunya untuk masuk kawasan wisata hutan kota ini tak dipungut biaya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan alam sambil jalan-jalan; memotret area Baksil.

41. Rainbow Garden - Floating Market Lembang
Nama Rainbow Garden kini semakin ngehits di kalangan wistaawan. Taman bunga yang jadi tempat favoru selfie wisatawan ini berada di area Floating Market Lembang Lembang di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kab. Bandung Barat. Aneka warna-warni bunga tersebut menyajikan pemandangan indah berupa taman bunga yang disusun sedemikian rupa menyerupai pelangi.

42. Tahura Djuanda
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman yang terletak di Kota Bandung, Indonesia. Luasnya mencapai 590 hektare membentang dari kawasan Dago Pakar sampai Maribaya.

43. Wisata Mini 3D Art Jelekong
Ingin menjelajah destinasi wisata yang lain daripada yang lain di Bandung? Kawasan wisata kampung kreatif dan seni budaya ini bisa jadi pilihan. Adalah objek Wisata Mini 3D Art Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung yang kini jadi salah satu destinasi alternatif di Bandung Selatan. Di kawasan ini pun, anak-anak bisa melihat proses pembuatan wayang golek dan lukisan.

44. Kawah Putih
Berada di ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha, objek wisata Kawah Putih menjadi primadona wisatawan dari masa ke masa.  Kawah Putih bukan sekadar jadi tempat wisata yang hingga kini masih menjadi destinasi wisata Ciwidey. Anak-anak bisa belajar mengenai gunung berapi.

45. Bajabang Eduar
Destinasi wisata baru  punya nama "Bajabang Eduar" yang berlokasi di area perkebunan hutan karet, tepatnya di Kampung Pasir Ucing, Desa Nanggeleng,  Kec. Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat.. Tempat wisata ini aslinya "Bajabang Edukasi Agrowisata" namun lebih dikenal dengan sebutan "Bajabang Eduar".

46. Kawasan Alun-Alun Bandung
Anak-anak bisa bermain di Taman Alun-Alun atau berfoto dengan para karakter superhero. Adapun wisata edukasi di kawasan ini dengan memperkenalkan anak pada bangunan-banguna bersejarah, dari Masjid Agung, Pendopo, Kantor Pos, Hotel Savoy Homann, sampai Gedung Merdeka.

47. Taman Balai Kota
Pengunjung bisa mengunjungi Taman Dewi Sartika yang berada di bagian selatan Balai Kota. Peresmian taman hasil revitalisasi ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Desember 2017. Sebetulnya, taman ini dari dulu sudah ada dengan ciri ada patung pahlawan wanita asal Tatar Sunda, yakni Ibu Dewi Sartika.

48. Teras Cikapundung
Teras Cikapundung yang berada di Jalan Siliwangi menjadi salah satu tujuan favorit anak-anak buat liburan di Bandung. Fasilitas yang ada di sini diantaranya adalah tempat parkir, toilet, tempat sampah, area natural (sungai), musholla, kolam ikan habitat sungai, Tubing dan  Rafting, Taman Bunga, Amphitheater, air mancur menari, Jembatan merah, ada juga area edukasinya.

49. Taman Superhero
Taman ini berada di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek ini ada Taman Superhero. Taman  denga luas sekitar 600 meter persegi ini terbilang nyaman karena banyak pohon yang melindungi pengunjung dari paparan sinar matahari. Di sini pun anak-anak bisa bermain sepuasnya.

50.  Keliling Naik Bus Bandros
Dengan adanya bus wisata ini, para wisatawan ke depan tidak perlu menggunakan mobil pribadi untuk keliling ke destinasi wisata di Kota Bandung, melainkan cukup naik Bandros yang akan melintasi sejumlah jalur heritage, kuliner dan fesyen di Kota Bandung. Bus tersebut juga akan dilengkapi oleh awak yang bertugas sebagai relawan. Fasilitas lainnya adalah internet gratis, makanan ringan khas Bandung dan beberapa layanan lainnya.




share to whatsapp