Review

De 'Syukron 4: Pesta Rakyat dalam Rangka Memperingati Ulang Tahun Jawa Barat ke-69




Dengan mengangkat tema "Jabar Kahiji, Jabar Bestari" event D'Syukron dirangkaikan dengan soft launching Monorel Bandung Raya. Acara ini merupakan gelaran yang ke-4 sebagai puncak peringatan HUT Jabar ke-69. Acaranya sendiri dibuka pada Jumat pagi (19/9/2014). Rangkaian acara pembukaan di depan halaman Gedung Sate Jalan Diponegoro begitu meriah. Sementara esensi dari kegiatan De Syukron merupakan ungkapan rasa syukur atas berbagai keberhasilan serta prestasi yang telah diraih dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Jawa Barat.

Acara pembukaan gelaran ini dimulai dengan pertunjukan marching dari Gita Pakuan yang membawakan empat buah lagu. Dua maskot PON ke XVI, Surili pun hadir di atas panggung. Selain itu ada juga pertunjukan tarian miniatur Jabar dari Oseng Percusion. Tiga penerjun pun turun dan mendarat di halaman Gedung Sate.  Rangkaian De Syukron antara lain diisi dengan bazar berbagai produk dari 200 stand, serta pameran foto. Serta acara hiburan musik dna pertunjukan lainnya. Ada 69 makanan berbahan baku lokal yang bisa dinikmati.

Adapun pada Sabtu (20/9/2014), De Syukron akan diselenggarakan dan diisi dengan Video Mapping dan pelepasan lampion. Mock up monorel atau contoh monorel seperti aslinya. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, serta bupati dan walikota di Jabar seperti Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser, Wali Kota Cimahi Ati Suharti, Bupati Indramayu Anna Sophanah serta Bupati Sumedang Ade Irawan. Serta dihadiri pula oleh pimpinan DPRD Jabar, Pangdan III Siliwangi, Kepala Pengadilan Tinggi Jabar dan pejabat lainnya.

Selain soft launching monorel, kolaborasi video mapping, juga ada pagelaran wayang golek Astrajingga Gugat oleh Dalang Riswan, Coaching Clinic Video Feature Bersama Wagub Jabar Deddy Mizwar, Jabar Ngagaya – Gandrung Ka Sarung, serta pameran produk unggulan dan unik dari Jawa Barat. Khusus puncak peringatan De Syukron juga akan ada pertunjukan wayang semalam suntuk.

Adapun kegiatan lainnya pada event ini adalah dengan diselenggarakannya acara Jabar Ngagaya 2014,  pagelaran Gandrung Ka Sarung Festival 2014 berupa:

1. PARADE & LOMBA RANCANG KOSTUM KARNAVAL (Tanggal 20 September 2014 jam 09.00 – 12.00 WIB)
2. LOMBA KREASI MEMBUAT DRAPING SARUNG (tanggal 20 September Jam 15.00 – 17.00 WIB)
3. PAMERAN INDUSTRI KREATIF (Tanggal 19-20 September 2014 Jam 09.00 – 21.00 WIB)

Jabar Ngagaya tahun ini akan menampilkan fashion dengan kain sarung. Sudah ada 300 desain kain sarung yang ditampilkan di Halaman Gedung Sate.