Review

Alamat dan Kontak Manajemen Seniman Sunda




Seniman Sunda

Kota Bandung dikenal sebagai gudangnya seniman, terutama  seniman Sunda. Untuk lagu-lagu Sunda, misalnya, hal ini bisa dilihat dengan perkembangan lagu pop Sunda yang bergeliat sejak era tahun 1980-an. Sampai sekarang regenerasi di jagad lagu Sunda masih ada. Adapun yang termasuk "senior" dalam jagad ini di antaranya: Nining Meida, Doel Sumbang, Detty Kurnia (almh.), Darso (alm.), dan lainnya. Para penyanyi Sunda tersebut masih terus berkarya dan penggemarnya tidak luntur.

Selain penyanyi Sunda, Bandung pun dikenal dengan seniman dalang wayang golek hingga para seniman lawak. Masyarakat biasa mengundang mereka untuk mengisi acara hajatan, event seni-budaya, atau kegiatan-kegiatan perusahaan.

Bagi Anda yang memerlukan informasi alamat dan kontak seniman Sunda, berikut ini di antaranya:

Nining Meida
Nining Meida bukan lahir dari keluarga seniman. Ia pertama kali mengenal seni Sunda dari grup kesenian pimpinan Ugan Soemarna di Kabupaten Bandung. Sejak berumur empat tahun, ia sudah mahir memainkan bonang dan ikut pentas bersama beberapa grup seni tradisional pimpinan Tetty Afienty. Semakin akrab dengan dunia seni, perlahan ia belajar dari beberapa sinden yang mahir menyanyikan tembang Sunda, khususnya Cianjuran.

Bakat Nining ternyata memang ada pada tembang Sunda. Berbagai perlombaan vokal lagu Sunda dan pop dia ikuti sejak masih SD hingga SMA. Dia nyaris selalu menjadi juara satu dalam setiap ajang kompetisi tersebut. Prestasi Nining membuat para pemandu bakat terpikat. Hingga suatu saat pada 1984, seorang produser mengajak dia masuk dapur rekaman untuk menyanyikan single "Kokoronotomo" versi bahasa Sunda. Ketika itu lagu asal Jepang tersebut tengah populer di Indonesia.

Suara Nining yang manja dan mendesah juga menarik perhatian maestro karawitan dan pencipta lagu Sunda, Nano S (almarhum). Waktu itu Nano menganggap Nining adalah penyanyi yang tepat untuk membawakan lagu ciptaannya berjudul "Kalangkang" pada 1986. Nining lalu diarahkan menyanyi duet bersama Adang Cengos. Lagu lainnya yang digemari masyarakat antara lain: Potret Manehna, Jol, Sorban Palid, Karembong Kayas, Es Lilin, Mojang Priangan, Tibelat, dsb.

Nining Meida pernah melakukan langkah besar untuk ukuran seniman Sunda dengan menggelar konser tunggal pertamanya di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Minggu (21/10/2012). Konser dengan tiket gratis ini diklaim yang pertama kali dilakukan seniman tembang dan penyanyi pop Sunda. Pada konser di hadapan 5.000 lebih pengunjung hadir penggemar Nining Meida dari berbagai daerah di Jawa Barat, luar Pulau Jawa, bahkan ada yang sengaja datang dari luar negeri. Tidak ketinggalan juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, pihak Pemkot Bandung, dan para tokoh serta seniman Sunda turut hadir di konser akbar tersebut.

Kontak Manajemen Nining Meida
Alamat: Jln. Babakan Priangan (Bapri) V No. 12 Moh. Toha, Bandung.
Telepon:
- 0812 1442 0130
- 0821 1969 9767
-  0813 2115 3330
- 0815 620 1931 (Tommy)
- 0821 1934 4610
Facebook:  KLIK DI SINI
Twitter: KLIK DI SINI

Doel Sumbang
Doel Sumbang lahir di Bandung, 16 Mei 1963 dengan nama Wahyu Affandi. Doel lahir dan dibesarkan dalam keluarga santri yang agamis. Ayahnya yang dikenal dengan sebutan ‘Abah Kabayan’ adalah seorang mubalig di Kota Bandung. Ia mulai bersentuhan dengan dunia seni khusunya seni musik dan teater saat duduk di bangku SMP. Ia menimba ilmu pada sastrawan nyentrik, Remy Sylado.

Selain menciptakan lagu berbahasa Indonesia, Doel juga turut melestarikan bahasa Sunda lewat lagu-lagunya. Bagi penikmat lagu Sunda pasti sudah tidak asing lagi dengan tembang Pangandaran, Bulan Batu Hiu, Ah Hoream, Ai, Awewe Sapi Daging, Beurit, Ceu Romlah, Sumedang, Jol, dan masih banyak lagi.

Kontak manajemen
Telepon: 0817 022 8686
Fan Page Facebook: KLIK DI SINI
Twitter: KLIK DI SINI

Yayan Jatnika (Dinasti Darso)
Kontak Manajemen:
Alamat: Komplek Bumi Parahyangan Kencana Blok E17
No. 13 Soreang, Kab. Bandung
Telepon: 0852 9461 8181
Facebook: KLIK DI SINI

Rika Rafika
Selain sukses di panggung-panggung festival, kesuksesan Rika juga dibuktikan dengan menjadi Duta Seni ke beberapa Negara, seperti Rumania, Skotlandia, Yugoslavia, Turki, Yunani, Abu Dhabi, Perancis, Belanda, Jepang, korea dan lain-lain.

Rika Rafika mulai terjun ke dunia rekaman tahun 1996, dan sampai sekarang sudah mengeluarkan beberapa album Degung, Jaipongan, dan Pop Sunda, diantaranya “Dalingding Asih”, “Bentang Midang”, dan “Rujak Cuka”. Nama Rika Rafika semakin dikenal luas sejak ia menjadi presenter acara lagu sunda  tahun 2005, dan mengeluarkan album Pop Sunda berjudul “Dalingding Asih”.

Kontak Manajemen Rika Rafika
Alamat: Jln. Karang Tineung Indah II No, 90C Bandung
Telepon:
- 0812 230 4000 (Ceppy)
- 0858 6028 5000
Facebook: KLIK DI SINI
Twitter: KLIK DI SINI

DH Production
Kontak Manajemen:
Alamat: Jl. Cilengkrang I No. 11A Ujungberung Bandung
Telepon:
 - 085223887979
- 085277696969
Fan Page Facebook: https://www.facebook.com/bentangdhproduction
Twitter: https://twitter.com/DoseHudaya
Website: http://dhproductionindonesia.com/

Kontak seniman Lainnya:
Rita Tila (Penyanyi Sunda)
Kontak: KLIK DI SINI

Inonk(penyanyi Sunda)
Kontak: KLIK DI SINI

Ceu Edoh (Preman Pensiun)
Kontak: KLIK DI SINI

Kusye (D'Bodor)
Kontak: KLIK DI SINI

Ikang Sulung (Bos Jamal Preman Pensiun)
Kontak: KLIK DI SINI

Pipit (Preman Pensiun)
Kontak: 081220033503 (WA) / 082216660651 (WA)

Dadan Sunandar Sunarya (Dalang Wayang Golek)
Kontak: KLIK DI SINI

Opick Sunandar Sunarya (Dalang Wayang Golek)
Kontak: KLIK DI SINI

Jun Jun (Komedian)
Kontak: KLIK DI SINI

Sundanis (Hip Hop Sunda)
Telepon: 0813-1340-3411
Kontak: KLIK DI SINI

OGI SOS
Kontak: KLIK DI SINI