Review

Sentra Penjual Batu Akik di Bandung





Batu akik adalah batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Ada ragam jenis batu akik yang biasa diperjuabelikan. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. Raja-raja China di masa lalu memakai batu giok sebagai perhiasan dan untuk menambah kewibawaannya. Di China pula, ada tradisi meminum bubuk batu giok untuk kesehatan karena giok kaya akan mineral.

Demam Batu Akik di Bandung

Pada tahun 80-an, batu akik (atau urang Sunda biasa menyebutnya batu ali) pernah booming di Kota Bandung. Pada masa itu yang terkenal sebagai sentra batu akik ada di Gedung Palaguna Nusantara lantai 1 (area pintu masuk).

Sejak tahun 2014 hingga kini, demam batu akik kembali menjalar di beberapa titik di Kota Bandung. Kita bisa menemukannya di kawasan-kawasan keramaian. Bahkan tak sedikit para pedagang yang banting setir berjualan batu akik atau menjadi pemoles batu. 

Memang keadaan sekarang kita kembali ke zaman batu, iya batu akik. Adapun para pemakai batu akik beragam motivasinya. Ada ingin pakai batu akik sebagai barang seni saja; senang mengoleksi; latah karena ingin ikut-ikutan; penasaran ingin mencoba; untuk menambah kewibawaan; hingga hal-hal mistis.

1. Sentra Batu Akik di ITC Kebon Kalapa

Seiring demam batu akik di masyarakat saat ini, suasana pusat perdagangan batu akik di beberapa titik di Bandung yang biasanya hanya didatangi kalangan penggemar batu akik, saat ini banyak didatangi masyarakat umum yang mulai tertarik. Salah satu tempat yang menjadi pusat jaul-beli batu akik adalah di ITC Kebon Kalapa, Kota Bandung. Lokasinya di lantai II ahir-akhir ini suasana pun lebih meriah, para pembuat cincin khusus batu akik (watang) dan para penggosok batu akik pun kebanjiran order. Bahkan, di sekitar Kebon Kalapa pun kini banyak penjual batu akik dadakan, seperti di depan Gang Ijan (perempatan Jalan Otista - Jln. Pungkur hingga ITC).

Di ITC terdapat puluhan pelaku usaha batu alam hias yang siap melayani keinginan para pencinta batu akik dan batu mulia. Sekadar informasi, Pusat Batu Akik di ITC telah ada sejak pusat perbelanjaan itu mulai beroperasi. Sebelumnya, penjual batu akik biasanya berjualan di pinggir Jalan Dalem Kaum, atau Otto Iskandar Dinata. Di sini termasuk paling lengkap mulai dari penjual batu akik dan batu mulia, perajin batang, atau cincin, dan pemoles batu.

Kebanyakan batu akik yang dijual di ITC berasal dari daerah Jawa Barat seperti Sukabumi, Garut, Sumedang, dan Banten. Batu lokal tersebut, biasanya berjenis kecubung, tapak jalak, Garut tosca, dan agate. Sejak peminat batu hias melonjak, tingkat kunjungan ke Pusat Akik ITC pun melonjak cukup drastis. Mulai dari yang ingin berburu batu, membuat cincin dan liontin, hingga memoles batu akik, agar terlihat lebih cantik.

2. Sentra Batu Akik Pasar Moderen Batununggal
Lokasi sentra batu akik ini seiring dengan tren batu akik pada 2015. Sebagai brand ambassador sentra batu akin Pasar Moderen Batununggal adalah Matt Drajat alias Kang Komar di sinetron Preman Pensiun. Di sini ada puluhan pedagang dan perajin batu akik yang menempati area dekat Food Lot Pasar Moderen Batununggal. Lokasinya sendiri dekat dengan pool Bus Primajasa ke Bandara Soekarno-Hatta. 

3. Sentra Batu Akik di Jalan Bojongsoang
Jika Anda penggemar batu akik yang berada di Bandung Selatan, cobalah sekali-kali lewat ke Jalan Bojongsoang. Habis pertigaan ke Dayeuhkolot, belok ke arah jalan Jembatan Citarum. Sebelum Borma Bojongsoang (depan perumahan GBA 1), di sana ada tempat penjual batuk akik plus tukang polesnya. Tempat ini asalnya toko meubeul.

Entah karena sepi kemudian toko tutup dan sekarang jadi sentra batu akik. Setiap hari banyak yang berkunjung untuk sekadar melihat-lihat, belanja, atau minta dipoleskan batu mentahannya ke tukang poles yang nongkrong di tempat ini.

Sebenarnya beberapa tempat lainnya banyak penjual batu akik. Dari dari Jalan Cilaki yang terkenal dengan sentra barang antik, Jalan Cicadas, Jalan Astana Anyar - Tegallega, kawasan Jalan Ujungberung, Jalan Soekarno-Hatta, dan lokasi-lokasinya. Pokoknya cirinya mereka berjualan biasanya ngampar di pinggir jalan.

Selain tempat-tempat tersebut, di Bandung pun biasa digelar pameran batu akik. Tempat pameran biasa diadakan di Gedung RRI Bandung, Jln. Diponegoro; Lucky Square Jln. Terusan Jakarta; Miko Mall Jln. Kopo; Bandung Convention Centre Jl. Soekarno Hatta; Balai Kota Plaza Jln. Wastukencana;  ataupun di Pasar Cimahi