Review

Festival Sinema Prancis 3 - 6 Desember 2015 di Kota Bandung




Festival Film Perancis 3-6 Desember di Bandung

Bandung akan menjadi salah satu kota di Indonesia tempat  merayakan ulang tahun ke-20 Festival Sinema Prancis, dari Kamis hingga Minggu, 3 - 6 Desember 2015. Hal  itu  terungkap dalam konferensi pers yang  digelar  Institut Francais d'Indonesie (IFI) di Auditorium IFI Bandung, Jl.  Purnawarman, Selasa (1/12/2015). Selain Bandung, kota lainnya yang juga akan menjadi tempat  merayakan  hari ulang tahun Festival Sinema Prancis  adalah  Jakarta, Denpasar,  Malang,  Surabaya, Yogyakarta,  Medan,  Makassar,  dan Balikpapan.

Panorama,  Fokus, dan Kompetisi Film Pendek 
Panorama,  Fokus, dan kompetisi Film Pendek adalah  tiga  program yang akan dihadirkan pada Festival Sinema Prancis 2015.  Panorama disajikan bagi Anda yang ingin menonton film Prancis terbaru dari berbagai  genre dan berkualitas. Salah satunya film  yang  sukses meraih Palme d'Or di Festival Film Cannes, Dheepan.

Film dari program Panorama lainnya adalah Les Nouvelle  Aventures d'Aladin  (The New Adventures of Aladin) karya Arthur  Benzaquen, Taj  Mahal  karya sutradara Nicolas Saada, Le Petit  Prince  (The Little Prince) karya sutradara Mark Osborne, La  Famille  Bilier (The  Bilier Family) karya sutradara Eric Lartigau, Pourquoi  j'ai pas  mange  mon phre (Monkey Business) karya Jamel  Debbouze,  La French (The Connection) karya Cidric Jimenez, dan Le  Phre  Nokl (Santa Claus) karya Alexandre Coffre.

Sementara  Fokus merupakan film kolaborasi  sinematografi  antara Prancis dan Indonesia, yaitu Sang Penari, Laut Bercermin, Berbagi Suami,  The Photograph, dan Garuda Power: The Spirit Within  yang disutradari  Bastian  Meiresonne. Khusus untuk  Meiresonne,  akan hadir  dalam Festival Sinema Prancis 2015 sebagai  tamu  internasional.

Festival ini juga memberi wadah bagi para  calon sineas dengan  menggelar  kompetisi  film pendek. Delapan  film  pendek potensial yang berhasil menyisihkan kompetitor lainnya adalah Iblis Jalanan karya Salman Farizi, Bid and Run karya Gugun  Ekalaya,  Return  to  Sender karya Vera Lestafa, Iman  karya Nurul Ibrahim,  Sleep Tight Maria karya Monica Vanessa Tedja, Sandekala karya Amriy Ramadhan, Simbiosis karya Wiranata Tanjaya, dan Taste of Fences karya Sinung Winahyoko.

Pengumuman pemenang akan dilakukan tanggal 6 Desember 2015 yakni bertepatan dengan berakhirnya Festival Sinema Prancis 2015. Juara  kompetisi film  pendek  ini  akan mendapatkan tiket  ke  Prancis  dari  Air France.  Selain itu, kedelapan finalis akan  mendapatkan  telepon genggam dari Wiko.

Harga Tiket
Tiket untuk menonton film Prancis terbaru ini seharga Rp  35.000, yang bisa didapatkan di kantor IFI Jakarta, Bandung,  Yogyakarta, dan Balikpapan.

Info lainnya:
Peta lokasi Auditorium IFI Bandung, Jl.  Purnawarman, Bandung lihat di sini.