Review

Terminal Baru Bandara Husein Mulai Beroperasi, Rabu, 6 April 2016




Tampilan baru Bandara Husein Sastranegara

Rabu (6/4/2016)  tepat pukul 06.00 WIB, pihak otoritas Bandara Husein Sastranegara secara resmi mulai  mengoperasikan terminal baru. Debut termina yang memiliki atap julang ngapak ini melayani penerbangan maskapai Lion Air rute Bandung-Makassar.

"Alhamdulillah, pengoperasian  terminal baru lancar  dan  sesuai rencana," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Internasional  Husein Sastranegara Bandung, Dorma  Manalu, Rabu (6/4/2016).

Terminal baru yang mulai dibangun pada 29  September  2014  ini nantinya diharapkan bisa menampung 3 juta penumpang setiap tahun. Dengan mengedepankan ciri khas kesundaan dan penataan yang unik, terminal baru ini menjadi bagian penting Bandara Husein Sastranegara yang merupakan pintu gerbang ke Kota Bandung dan Jawa Barat.

Jumlah penumpang di Bandara Husein Sastranegara memang semakin melimpah. Apalagi sejak dibukanya jalur penerbangan internasional, seperti Bandung-Kuala Lumpur dan Bandung-Singapura.

Dorma menyatakan, terminal baru ini diharapkan menambah kapasitas Bandara Husein Sastranegara yang kini jumlah penumpangnya mencapai  2,4  juta per tahun. "Kita  harapkan jumlah penumpang terus bertambah seiring dengan perluasan dan pengoperasian terminal baru ini," katanya.

Menurut  Dorma, Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara  saat ini  tengah  mengkaji penambahan jadwal penerbangan dari  dan  ke Kota  Bandung. Saat ini, ada 86 jadwal  penerbangan  di Bandara Husein  yang dilayani 11 maskapai penerbangan.

Dengan pengoperasian terminal baru, tentu juga menggairahkan minat perusahaan-perusahaan angkutan udara itu untuk membuka rute penerbangan baru. "Kita mendukung permintaan semua maskapai untuk membuka rute baru dari Bandung ke berbagai daerah dan negara ASEAN lain," cetus Dorma.