Review

Festival Pendidikan di Taman Sejarah pada Sabtu, 25 Februari 2017




Pestival Pendidikan Sabtu 25 Februari 2017 di Taman Sejarah Bandung

Wisata edukasi dan hiburan akan digelar pada Sabtu (25/2/2017) di Taman Sejarah, Jln. Aceh no. 53 Bandung. Di lokasi taman belakang Balai Kota Bandung yang sedang ngehits ini bakal digelar kegiatan Festival Publik dengan tema "Pesta Pendidikan". Kegiatan tersebut sebagai bentuk nyata partisipasi publik dalam bergerak memperjuangkan pendidikan secara bersama-sama.

Inilah event tempat kumpulnya jaringan komunitas, pelajar, guru, kaum remaja, dan masyarakat umum yang bekecimpung dalam di bidang pendidikan maupun non pendidikan. Bandung menjadi kota pertama tempat digelarnya event edukatif tersebut. Acara ini digelar pula di kota lainnya, seperti Ambon, Makassar, Yogyakarta, dan puncaknya di Jakarta pada 2 Mei dan 21 Mei 2017. Pesta Pendidikan tahun ini merupakan gelaran kedua dimana pada tahun 2016 lalu acara ini hanya digelar di Kota Jakarta.

"Pesta Pendidikan ini merupakan bentuk nyata partisipasi publik dalam satu wadah yang bergerak, belajar dan bermakna bersama untuk pendidikan," kata Najelaa Shihab inisiator event Pesta Pendidikan. Rangkaian Festival Publik Pesta Pendidikan Bandung diadakan selama dua hari yakni 24 - 25 Februari 2017.

Pada hari pertama, acara diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dalam kegiatan ngobrol publik berupa talkshow dan workshop dari berbagai komunitas pada Jumat, 24 Februari 2017.

Bersama untuk pendidikan
Adapun "Berkarya Melintasi Batas" menjadi tagline yang diangkat dalam Pesta Pendidikan yang digelar di tahun ini. Dalam kegiatannya akan mengusung isu karier dan pekerjaan dalam definisi yang lebih luas dengan mengutamakan karya, kolaborasi, serta karakter sebagai tujuan pendidikan dan bekal utama di masa depan.

Dalam event tersebut akan ada juga pameran tentang Pendidikan di Bandung Planning Gallery, Balai Kota. ucapn Beberapa pergelaran menarik akan disajikan dalam Pesta Pendidikan yang digelar di Bandung. Beberapa pengisi acara yang bakal hadir, di antaranya: Band Efek Rumah Kaca, Wali Kota Bandung. Imam Besar The Panas Dalam "Ayah" Pidi Baiq, Tulus, dan lainnya.

Penampilan dari sekolah-sekolah di Bandung
Dalam event ini akan ada juga penampilan dari SMPN 7 Bandung, SMA Al-Bidayah, Azalia Voice, TK Alifa Kids, VL Band Itenas, SDN Soka, juga kegiatan diskusi bersama pegiat pendidikan dan komunitas, kelas ngobrol publik, hingga baca cerita dan pantomim bersama Kak Andi Yudha.

"Kami mengapresiasi digelarnya acara Pesta Pendidikan ini di Kota Bandung. Kami berharap acara ini dapat menjadi wadah pertemuan yang membuka kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan yang ada di Kota Bandung," kata Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana.