Review

23 Tempat Wisata Anak Favorit di Kota Bandung




Tempat wisata anak favorit di Bandung

Saat musim liburan sekolah, Anda bisa mengaja anak berlibur di Bandung. Berikut ini beberapa tempat wisata anak di Kota Bandung yang jadi primadona para wisatawan:

1. Kawasan Gedung Merdeka dan Alun-Alun Bandung
Area Gedung Merdeka di Jln. Asia Afrika biasa jadi spot berfoto anak-anak dengan cosplayer film animasi seperti Dora, Doraemon, Boboboy, sampai Naruta. Lokasinya antara Gedung Merdeka dengan jembatan penyeberangan di Jln. Cikapundung Barat. Lalu, Taman Alun-Alun yang berada persis di depan Masjid Raya Bandung pun jadi spot wisata favorit. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di lapangan luas dengan rumput sintetis hijau. Di sini pun ada area tempat bermain anak.

2. Wisata Selfie di Amazing Art World
Konsep wisata dengan berfoto unik memang kini mulai digemari wisatawan di Bandung. Anda dan keluarga bisa mencoba berfoto dengan konsep latar 3D sehingga terkesan nyata. Namanya Amazing Art World. Museum lukisan 3D yang berlokasi di Jln. Setiabudhi (Ledeng), no. 293 Bandung, tak jauh dari Terminal Ledeng ke arah Lembang (utara)/bekas Rumah Sosis.

Para pengunjung bisa berfoto dengan konsep gambar 3D di antaranya Amazing Art World yakni History Zone, Aqua Zone, Dinosaurus, Zone, Animal Zone, Artistic Zone, Living Zone, Media Zone, Main Hall, Fantasy Zone, Love Zone, dan Winter Zone.

3. Trans Studio Bandung (TSB)
Adalah Indoor Theme Park terbesar kedua di Indonesia setelah Makassar. Trans Studio Bandung lebih spektakuler dan lebih dahsyat dari Trans Studio yang ada di Makassar. Selain tempat bermain, Trans Studio Mall (TSM) adalah pusat belanja dan hiburan yang tak ada habisnya di kota Bandung. di sini pun terdapat pusat perbelanjaan dimana pengunjung dapat menikmati pengalaman belanja di lebih dari 200 outlet antara lain gerai Trans Fashion Indonesia yang bertaraf internasional.

4. Upside Down World Bandung
Pengunjung bisa berfoto-foto dengan posisi seolah terbalik. Pengunjung bisa berfoto dengan berbagai macam background, dari latar di dapur, ruang kamar, hingga ruangan keluarga. Pengunjung jangan khawatir mengenai keamanan saat berada di dalam ruangan, karena barang-barang tersebut telah ditata diatur posisinya dan diletakkan dengan kuat dan perhitungan yang matang. Bagi yang bingung menentukan gaya berfoto, bisa juga lihat dari foto-foto lain yang dipajang di sini.

Lokasinya di Jln. H Wasid No. 31, Coblong, Bandung (dekat Jln. Dipatiukur/busana muslim Rabbani), telepon 022-20454234 / 0821-4718-6732.

5. Taman Lalu Lintas Bandung
Selain menyajikan aneka wahana yang sangat cocok untuk mengisi liburan anak-anak, tempat wisata di Jln. Belitung no. 1 ini harga tiketnya pun terbilang ramah di kantong yakni Rp6000 untuk hari biasa, dan Rp7000 saat weekend. Tak heran bila saat musim liburan anak sekolah, libur Lebaran, atau libur baru, Taman Lalu Lintas yang dekat dengan kompleks Kodam III/Siliwangi tersebut biasa ramai pengunjung. Anak-anak bisa bermain sepeda mini, kereta api mini, korsel, kereta motor, dan sarana mainan koin.

6. Next Level
Next Level baru dibuka pada Minggu, 29 Januari 2017. Tempat wisata outbond di salah satu tempat belanja terkenal di Bandung yakni Paris van Java (PVJ)l, Jln. Sukajadi ini menghadirkan lebih dari dari 15 wahana permainan, di antaranya wall climbing, trampoline, walking on the rope, steping bar, spyder web, dan steping stone. Tempat wisata ini ditujukan untuk segmen anak-anak, remaja, hingga dewasa. Next Level juga diperlengkapi dengan sarana Wall Climbing tertinggi di Bandung bagi pecinta wall climbing profesional.

7. Fun Station Bandung
Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata bermain dan edukasi bagi anak-anak, bisa mengajak buah hati Anda ke Fun Station Bandung. Tempat wisata petualangan anak ini berada di kompleks perumahan Singgasana Pradana/Mekarwangi. Lokasinya tak jauh dari Jln. Moh. Toha dan Cibaduyut. Jika keluar tol Moh. Toha belok kiri ke arah Kompleks Mekarwangi kemudian ke arah Perumahan Singgasana Pradana (lebih dekat dari arah Jalan Cibaduyut). Untuk ke dalam perumahan memang tidak ada akses angkutan umum. Lokasi tepatnya di Jl. Candra Kirana no. 1, Perumahan Singgasana Pradana, Cibaduyut, Kota Bandung, telepon: (022) 5436338.

8. Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip yang berada di Jl. Pasir Pogor, Ciwastra.  Adalah Pak Nanang yang menyulap kawasan sekira 800 meter persegi ini menjadi sebuah kampung wisata berupa taman bunga lengkap dengan fasilitas kolam untuk naik perahu. Ada banyak spot selfie dan tempat bermain anak.

9. Kebun Binatang Bandung
Lokasinya berada di Jln. Taman Sari, tak jauh dari area kampus ITB. Untuk harga tiket masuk yang berupa gelang, kini dibanderol dengan harga Rp40.000 / orang. Sebelumnya harga tiket masuknya Rp25.000. Dengan harga tiket tersebut, pengunjung bisa gratis naik perahu, roaler coaster, serta outbond. Ada pula pertunjukan binatang layaknya sirkus, parade satwa, ataupun foto bersama satwa.

10.  Kolam Renang Karang Setra
Bagi Anda yang biasa berkunjung ke Lembang dari arah keluar tol Pasteur via Jln. Sukajadi menuju Ledeng/Geger Kalong pasti melewati jalan dekat wisata kolam renang ini. Kolam Renang Karang Setra bisa juga diakses dari Jln. Suka Sirna. Karang Setra pada awal berdiri termasuk terluas se-Asia Tenggara dengan luas area mencapai 6 hektare.

Kolam renang Karang Setra Waterland buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiket hari biasa Rp33.000 dan akhir pekan Rp38.000, harga bisa berubah sewaktu-waktu). Untuk informasi lengkap silakan hubungi nomor kontak (022) 2035272.

11.  Wisata Edukasi Permainan Tradisional ECO Bambu Cipaku
Bila Anda bersama keluarga berwisata ke Bandung, sekali-kali bisa membawa anak-anak ke sanggar seni budaya ini. Nama ECO Bambu Cipaku dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat yang concern dalam literasi seni budaya Sunda di Kota Bandung. Sanggar seni yang memiliki ciri khas serba bambu ini berlokasi di Jln. Cipaku Indah XI, tepatnya di area The Cipaku Garden Hotel, Cidadap, Ledeng, Kota Bandung.

Selain bisa lebih mengenal aneka waditra (alat musik Sunda) dan permainan tradisional, anak-anak pun bisa berenang di kolam renang Bukit Cipaku Indah. Atau bisa memancing bersama ayah dan bunda di Kolam Pemancingan Cipaku. Info dan reservasi, silakan hubungi tlp/SMS/WhatsApp 0857-2270-0945.

12. Kolam Renang Panghegar Waterboom
Lokasi wahana wisata bermain air ini ada di daerah Bandung selatan, tepatnya di Jl. Mengger Tengah No. 37, Bandung (dekat perumahan Batununggal Indah). Lokasi wisata berenang yang berfasilitas terlengkap di Bandung ini cocok bagi anak-anak yang ingin bermain sambil berolahraga air. Fasilitas terbaru di sini ada mini zoo.

13. Museum Geologi
Penataan museum di sebelah timur Gedung Sate (Jln. Diponegoro) ini, sekarang lebih nyaman dan bisa membangun suasana bagaimana pengisi bumi zaman purba. Di lantai satu, pengunjung terlihat sedang asyik mengamati benda-benda prasejarah. Bahkan anak-anak kecil biasanya antusias melihat-lihat dari satu ruangan ke ruangan lain.

Di sini juga pengunjung bisa melihat aneka fosil purbakala, salah satunya pohon-pohon purba yang telah membatu. Ada juga fosil kerang raksasa yang ditemukan di Padalarang. Penataan display juga didukung dengan adanya layar-layar komputer yang menyajikan aneka informasi seputar penelitian dan penjelasan kehidupan zaman purba serta peninggalannya. Ada juga benda-benda yang rusak terkena semburan letusan Gunung Merapi.

14. Taman Sejarah dan Taman Sungai Cikapayang
Konsep taman ini sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi. Taman ini lokasinya dekat dengan Taman Sungai Cikapayang di Jln. Merdeka, Taman Balai Kota, dan Taman Vanda. Bila Anda sedang berkunjung ke Taman Vanda, tinggal jalan kaki saja menyusuri trotoar Jln. Merdeka ke arah utara (arah Bandung Indah Plaza/BIP) atau persisnya di area bekas lapangan parkir gedung DPRD Kota Bandung.

Kehadiran taman ini langsung mendapat antusiasme masyarakat. Seperti terlihat pada hari tersebut, banyak wisatawan yang mengunjungi taman ini. Para pengunjung banyak yang bersantai di area taman. Sementara anak-anak asyik guyang bermain air di kolam kecil setinggi betis orang dewasa di taman yang ada di pinggir jalan tersebut. Spot rekreasi air di Taman Sejarah memang menjadi favorit anak-anak.

15. Peta Park

Di sini, pengunjung bisa merasakan sejuknya taman dengan hiasan taman rumput juga pohon-pohon yang teduh. Daya tarik taman ini selain menyajikan lanskap yang indah juga biaya masuknya yang murah meriah hanya Rp10.000 (bisa berubah sewaktu-waktu). Untuk parkir, silakan ambil tiket dulu di depan lalu bayar di biaya parkir di kasir loket. Jadi, pulangnya tinggal scan barcode karcis parkir yang sudah dibayar di pintu keluar. Lokasinya di Jln. Peta no. 229, Bandung. Info dan kontak lebih lengkapnya silakan hubungi telepon: (022) 20560735.

16. Taman Superhero
Pemerintah Kota Bandung membuat taman lainnya yang tak kalah menarik dan diharapkan kembali menjadi ikon baru di Kota Bandung. Kini di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek ini ada Taman Superhero. Taman Superhero biasa menjadi kawasan ruang publik untuk para orangtua mengasuh anak-anak.

17. Dago Dreampark
Berada di kawasan perbukitan Bandung Utara, destinasi wisata ini kini menghadirkan spot-spot menarik buat berfoto ekstrem. Kehadiran wahana-wahana tersebut pun kian eksis jadi trending di media sosial.untuk para orangtuan mengasuh anak anak.

Di tempat wisata terpadu Jalan Dago Giri ini, kini banyak spot menarik buat bermain anak maupun berfoto. Selain bermain sepuasnya, anak-anak bisa berfoto di rumah balon ala film animasi Up, pesawat UFO, atau berinteraksi dengan hewan ternak. Lokasi wisata ini berada di Jln. Dago Giri Km 2,2, Mekarwangi, Lembang, Bandung. Kontak informasi dan reservasi: 0812-223-0069 / 0812-2223-8696.

18. Pramestha Bird Pavillion
Wisata taman burung Pramestha Bird Pavillion terletak di Jln. Akaza Utama no. 9 Pramestha Resort Town Dago Giri, Bandung, telepon: 022 - 87791919. Lokasinya sekitar 5 km dari Sheraton Hotel Dago atau sekitar 15 menit dari Dago Commercial Area. Jika Anda keluar dari tol Pasteur, bisa mengambil jalur alternatif melalui jalur ke Jln. Ir. H. Juanda sampai terus ke arah Dago Giri. Bisa juga diakses dari Lembang melalui Jln. Dago Giri.

Pramestha Bird Pavillion cocok bagi wisata keluarga terutama anak-anak yang ingin mengenal aneka macam burung. Di sini ada burung nuri ambon, caique parrot, burung hantu, double yellow amazone, burung macaw scarlet, nuri merah, dan lainnya. Di sini pun ada kolam yang dihiasi ikan-ikan cantik di dalamnya. Bagi yang senang foto-foto, bisa berselfie ria di taman dengan hiasan aneka tanaman dan bunga.

19. Miss Bee Providore
Anda bisa datang ke Jalan Rancabentang No. 11A, Ciumbuleuit, Bandung. Di sini ada sebuah kafe dan resto yang bisa memenuhi harapan Anda akan sebuah tempat makan yang nyaman dan cocok untuk keluarga, namanya Miss Bee Providore.

Di sini, Anda bisa tetap mengawasi buah hati Anda yang sedang asyik menikmati arena permainan untuk anak-anak berupa ayunan dari kayu, ayunan dari ban, dan papan jungkat-jungkit. Anak-anak pun bisa bermain dengan menyapa kelinci-kelinci lucu dan imut yang berada di area berpagar dengan lubang-lubang di tanah.

Ingin pesan minuman? Anda bisa memesannya dengan mudah karena di honey suckle juga tersedia minibar yang menyediakan Bee's affogato, cafe latte, coffee cheese praline, lychee berries splash, passion tangerina, dan lain-lain. Info lebih lengkap silakan hubungi 022-2033613.

20. Kolam Renang Graha Tirta Siliwangi
Lokasinya di Kompleks. Stadion Siliwangi, Jln. Belitung, Telepon: (022) 4220763 / (022) 4222016. Untuk tiket masuk pada hari biasa Rp50.000 dan hari libur Rp75.000, sudah termasuk softdrink. Kolam renang Siliwangi juga menyediakan western and traditional food dengan pelayanan terbaik. Hal ini memudahkan customer untuk breakfast, lunch, dan dinner di kolam renang. Selain itu anda bisa booking untuk berbagai acara seperti reuni dan ulang tahun.

21. Chinatown Bandung
Inilah destinasi wisata yang sedang ngehits di pusat Kota Bandung. Lokasinya di Jln. Kelenteng no. 41 Bandung. Kawasan wisata chinatown tersebut buka dari pukul 12 siang hingga pukul 12 malam. Adapun untuk tiket masuknya Senin - Kamis Rp10.000 dan weekend Rp20.000 (plus souvenir). Transaksi di dalam menggunakan kartu BCA (Flazz, kartu debit, dan kartu kredit).

Selain kuliner dan nongkrong, pengunjung pun bisa belanja aneka pernak-pernik/souvenir juga aneka barang antik. Dengan konsep wisata kuliner ruang terbuka, pengunjung bisa menikmati suasana chinatown ini di kursi-kursi yang disediakan di sana. Adapun berbagai makanan dan minuman tenang saja, di sini makanannya no pork alias halal. Sementara untuk spot bermain anak ada di bagian belakang.

22. Museum Sri Baduga
Museum sejarah Jawa Barat ini bisa menjadi tujuan wisata Anda bersama buah hati dengan konsep wisata edukasi. Museum ini terletak di  Jl. BKR No. 185 Bandung (seberang Lapangan Tegallega), telepon: (022) 5210976. Dari enam ribu koleksi Museum Sri Baduga Maharaja Jawa Barat, 40% di antaranya merupakan koleksi yang berasal dari masa peradaban kebudayaan Cina di Tanah Air. Sedangkan sisanya yang 60% merupakan koleksi dari berbagai peradaban budaya bangsa Indonesia.

23. Museum Gedung Sate
Museum Gedung Sate yang diresmikan pada 8 Desember 2017 ini, buka dari Selasa s.d. Minggu dengan waktu operasionalnya mulai pukul 09.30 - 16.00 WIB, libur Senin dan hari libur nasional. Selama Desember tidak dikenakan tarif. Selanjutnya, mulai Januari 2018 pengunjung akan dikenakan tarif Rp5000/orang. Untuk rombongan sebaiknya reservasi dulu melalui  Call Center Museum Gedung Sate (022) 4267753.

Di museum baru ini, pengunjung dapat mencoba kacamata virtual reality yang membuat pengunjung seolah-olah menaiki balon udara mengelilingi area sekitar Gedung Sate. Ada juga ruangan yang membuat pengunjung seolah-olah terlibat pada pengerjaan Gedung Sate, dengan teknologi augmented reality. Ada juga beberapa display yang mengupas desain pilar, kusen, tangga, hingga ke sudut-sudut eksterior dan interior Gedung Sate. Bahkan ada tembok yang sengaja dikelupas untuk mengetahui struktur dan dan material penyusunnya.