Review

Lintasan Teras Cihampelas Diperpanjang, Lebih Bikin Nyaman Wisatawan



teras cihampelas Bandung

Pembangunan lanjutan Teras Cihampelas mulai dilaksanakan. Lintasan jalan kaki di atas tersebut akan diperpanjang sejauh 250 meter mengarah Fly over Pasupati. Ground breaking pembangunan Skywalk Cihampelas tahap II tersebut dilaksanakan pada Selasa, 21 Agustus 2018.

Nantinya, setelah pembangunan tahap II selesai, akan dilanjut pembangunan tahap III yang akan menghubungkan Jln. Cihampelas dengan Jln. Ir. H. Juanda (Dago) yang letaknya di sisi jalan Layang Pasupatu. Jalur skywalk ini akan menghubungkan taman-taman yang berada di bawah jembatan Pasupati seperti Taman Jomblo dan Taman Film. Dengan demikian, nantinya wisatawan akan lebih mudah menjangkau kawasan wisata belanja Cihampelas dari Jln. Dago. Sementara Jln. Dago sendiri sekarang sudah nyaman untuk pejalan kaki dengan hadirnya trotoar lebar.

Teras Cihampelas tahap II akan memiliki lebar sekitar 7,2-16,4 meter. Untuk pembangunan skywalk tahap II ini, Pemkot Bandung menganggarkan sebesar Rp9 miliar khusus untuk pedestrian orang dan pot tanaman lampu. Berbeda dengan Teras Cihampelas sebelumnya, di tahap II ini difokuskan untuk pedestrian. Jadi, nantinya tidak akan ada pedagang yang berada di Teras Cihampelas Tahap II. Sama dengan versi 1, bagian kaki atau tiang menggunakan baja, sedangkan rangka lantai memakai beton.

Seperti diketahui, kehadiran Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas ini langsung menyedot perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Jalur pedestrian yang membentang di Jln. Cihampelas ini pun jadi ikon baru wisata Bandung. Para wisatawan selain bisa berjalan kaki, juga bisa belanja kuliner, nongkrong, dan belanja oleh-oleh Bandung.

Di sini ada sebanyak 182 pedagang. Untuk zona sendiri dibagi dalam tiga zona, yaitu kuliner, suvenir, dan taman. Skywalk yang diresmikan pada 4 Februari 2017 tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia bahkan di dunia dengan konsep jalan di atas jalan raya dan berisi pedagang kaki lima serta dikelilingi pepohonan.

Dari ketinggian Skywalk Cihampelas, pengunjung bisa melihat pemandangan dan kerlap kerlip lampu kota Bandung sambil menikmati jajanan murah yang disajikan dari berbagai kios-kios pedagang kaki lima yang tertata dengan rapi.

Pada Rabu, 12 April 2017,  Teras Cihampelas pernah dikunjungi Presiden Jokowi. Saat itu, Presiden Jokowi amat mengapresiasi langkah yang dilakukan Ridwan Kamil dalam menata kotanya. Menurutnya, penataan tersebut sangat rapi dan apik. Jokowi pun mengharapkan agar inovasi seperti ini bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia. Infrastruktur ini bisa menjadi contoh bagi kota yang tidak memiliki lahan untuk penataan PKL.