Review

Inilah Kalender Event Wisata di Kota Bandung Sepanjang Tahun 2019

share to whatsapp



Kalender event wisata Bandung 2019

Bandung bukan saja menyajikan tempat-tempat wisata instagramable dan wisata kuliner yang maknyus. Event wisata pun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan maupun urang Bandung sendiri. Bagi Anda yang penasaran, event apa saja sih yang bakal digelar di sepanjang tahun 2019 ini? Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung sudah menyiapkan 35 event unggulan pada tahun ini. Selain acara tahunan, disiapkan gelaran baru yang akan mengisi setiap bulan dengan beragam tema.

Berikut ini beberapa agenda event wisata di Kota Bandung yang bakal digelar sepanjang tahun 2019"

1. Absolute Drumfest
Ini merupakan event kompetisi drum berskala internasional yang menyediakan pameran drum, coaching clinic, yang telah digelar Januari 2019.

2. Diecast 4 Fun
Event ini bakal digelar Februari 2019 dimana akan menyajikan diorama, diecast clinic, diecast sales, diecast show-off, diecast photography, dan race competition.

3. Bandung Philharmonic
Ini merupakan event pertunjukan opera dengan visi mengharmonisasi perbedaan yang disebut-sebut mampu menciptakan “dialog” antara harta karun musik internasional dengan tradisi local. Hadir penampil internasional yang berkolaborasi dengan artis lokal papan atas. Bandung Philharmonic tampil dengan tema “Emperor dan Night at The Operas”, yang dipimpin oleh Robert Nording.

4. Bandung Hackathon
Acara dengan mengusung konsep teknologi ini bakal digelar April 2019 yang mempertemukan para pengembang dan pengusahan UMKM untuk memecahkan berbagai permasalahan di bidang ekonomi kreatif di Kota Bandung.

5. Karinding Festival
Bakal digelar April 2019 dengan peluncuran album kompilasi dari 13 musisi karinding di Kota Bandung, Tur Ngabuburing 2019, Konferensi Karinding, pemetaan jejaring sosial, jejaring budaya, serta Konferensi Harpa Mulut. Kegiatan itu juga diisi lokakarya musik karinding, Showcase Musik Karinding, Rampak Karinding Indonesia, dan peluncuran buku “Sejarah Karinding Priangan” karya tokoh karinding Kota Bandung, Kimung.

6. Lomba Batik Bandung
Event ini juga akan digelar pada April 2019. Event ini untuk mendorong ekonomi kreatif di sektor fesyen yang menjadi ciri khas Kota Bandung. Perlombaan ini menegaskan batik sebagai salah satu identitas utama budaya Indonesia, sekaligus memperkaya ragam batik khas Kota Bandung, yang hasilnya berdasarkan atas kajian budaya.

7. Festival Ramadhan
Ini bakal digelar pada bulan Mei bertepatan dengan bulan Ramadan. Festival diisi acara buka bersama terbuka untuk masyarakat umum, yang digalang Pemkot Bandung. Seperti tahun sebelumnya, acara ini digelar di Jalan Asia Afrika. Acara ini disebut-sebut sebagai acara buka bersama terbesar. Kebersamaan sangat terasa karena acara ini tidak hanya terbuka untuk masyarakat Islam yang berpartisipasi, namun, seperti tahun-tahun sebelumnya yang diramaikan berbagaim komunitas nonmuslim. Ada rangkaian acara hingga Idulfitri.

8. Bandung International Art Festival
Acara multidisiplin akan digelar pada bulan Juni 2019 ini menghadirkan pertunjukan berbagai jenis seni mulai dari pertunjukan music, tari, rupa, teater, dan lainnya. Acara ini adalah kegiatan skala internasional yang diikuti perwakilan dari beberapa provinsi dan negara lain.

9. Asia Africa Festival
Bakal digelar pada Juni, dengan menampilkan seni dan budaya dari perwakilan negara anggota Asia Afrika. Asia African Carnival juga akan dimeriahkan negara-negara sahabat, Bandung Sister Cities, dan kabupaten-kota seluruh Indonesia.

10. Bandung Travel Exchange
Event yang bakal digelar pada Juli 2019 merupakan acara temu pembeli antara tour operator mancanegara dengan penyedia jasa wisata lokal seperti agen travel, pemilik hotel, objek wisata, hingga restoran.

11. Silat Rekor Nasional dan Bandung Broadway.
Akan digelar pada Juli 2019

12. Kaulinan Urang Lembur
Acara seni budaya Sunda yang digelar Agustus 2019 ini merupakan pasanggiri (lomba) kaulinan lembur (permainan tradisional) yang diselenggarakan antarpelajar SMP se-Kota Bandung.

13. Musiconic
Akan digelar pada September 2019. Event ini merupakan rangkaian acara yang menampilkan musisi dan band ternama

14. Bandung Agri Market
Dalam event pada September 2019 ini akan dibagikan aneka bibit tanaman dan ikan gratis bagi warga. Festival itu juga menjual beragam komoditas sayur dan buah berkualitas.

15. Hari Jadi Kota Bandung
Ini nih yang biasanya menghadirkan event seru setiap bulan September dimana bakal ada event Bandung Run, Bandung Light Festival, Seni Bandung#3, hingga Bandung Great Sale.

16. Festival Film Berbasis Wilayah
Event pada November 2019 ini akan melibatkan komunitas film dari perwakilan masing-masing wilayah di Kota Bandung.

17. Bandung Design Biennale
Acara ini kembali hadir di bulan November nanti untuk meningkatkan ekosistem desain di Kota Bandung dengan mempertemukan para desainer.

18. Festival Masyarakat Bandung
Masih di bulan November, event ini menampilkan pemenang beberapa acara berbasis seni dan budaya di Kota Bandung seperti Pasanggiri Bandung, Bandung Rengkak, Jaipong, Pasanggiri Longser Bandung, Festival Eak, akan mengisi Desember.

19. Bandung Berdzikir
Menutup tahun 2019, kembali diadakan Bandung Berdzikir, yang mengisi malam pergantian tahun mengganti pesta perayaan. Bandung Berdzikir merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial.