Review

Peringatan Dua Tahun Teras Cihampelas Dimeriahkan dengan Bandung Lautan Musik



Bandung Lautan Musik Teras Cihampelas

Teras Cihampelas (Skywalk Cihampelas) telah berusia dua tahun. Sejak diresmikan pada 4 Februari 2017, Skywalk Cihampelas ini telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Bandung.

Guna merayakan dua tahun berdirinya infrastruktur pejalan kaki ini, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung menggelar acara Bandung Lautan Musik dengan menghadirkan berbagai grup musik Kota Bandung, Sabtu (16/3/2019). Grup musik Pri and Friends, X-River Band, HMS Project, Mat Stone, Nd Band, serta Mihob N friend tampil memeriahkan acara.

Acara yang dimulai sejak pukul 17.00 WIB itu cukup menarik perhatian. Meskipun diawali hujan deras, pertunjukan itu tidak sepi penonton. Wisatawan yang tengah berbelanja di kawasan Skywalk Cihampelas turut menikmati irama musik yang mengehentak.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang turut hadir pada perhelatan itu, bahkan turut menyumbangkan sebuah lagu. Ia melantunkan lagu Chrisye berjudul "Cintaku".

Wakil Wali kota mengaku senang dengan adanya acara ini. Menurutnya, kegiatan semacam ini harus rutin dilakukan untuk menciptakan aktivasi ruang publik di lokasi ikonik itu. Terlebih lagi, Teras Cihampelas telah dinobatkan sebagai wisata buatan terfavorit oleh Kementerian Pariwisata.

"Kegiatan ini harus lebih sering dilakukan agar punya daya tarik lain. Semakin banyak kegiatan, akan mengundang orang untuk datang. Semakin banyak yang datang, kan juga mengundang pembeli," ujarnya.

Ia menilai, acara bertema seni dan budaya cocok ditampilkan di Skywalk Cihampelas. Selain tempatnya yang unik, lokasi ini juga cukup strategis dan mudah diakses. "Kegiatannya bisa seni musik, seni tari, seni rupa, macam-macam lah," imbuhnya.

Wakil wali kota pun mendorong masyarakat untuk turut berpartisipasi mengaktivasi Teras Cihampelas ini. Ia mendukung jika masyarakat bisa ikut berkegiatan di sana.

"(Masyarakat) harus ikut terlibat. Jadi lebih banyak kegiatan, banyak juga wisatawan yang datang sehingga berpotensi menaikkan penjualan pedagang," katanya.

Pada acara Bandung Lautan Musik itu, wakil wali kota juga berterima kasih kepada 192 pedagang Teras Cihampelas yang selalu menaati aturan untuk tidak berjualan di atas trotoar. Ia pun akan bertindak tegas jika masih ada pedagang yang jualan di bawah Teras Cihampelas.

"Saya selaku Ketua Satgasus PKL, kalau ada PKL yang masih (berjualan) di bawah saya akan tegas. Saya bersihkan, tertibkan. Kita harus hargai teman-teman yang sudah menaati aturan Pemerintah Kota Bandung," tegasnya.




share to whatsapp