Review

Cari Produk Khas Bandung? Ke Galeri Dekranasda Aja

share to whatsapp



Galeri Oleh Oleh Bandung

Kota Bandung resmi membuka galeri store di Bandung Creative Hub (BCH), Kamis (2/5/2019). Galeri ini menjadi fasilitas bagi industri kreatif memasarkan produk unggulannya.
Ketua Dekranasda Kota Bandung, Siti Muntamah Oded menyatakan langkahnya tidak akan berhenti hanya dengan membuka gerai saja. Namun, Dekranasda Kota Bandung telah merancang berbagai strategi untuk mendongkrak promosi produk yang diakomodir Galeri Store.

Umi, panggilannya menuturkan, kunci menggulirkan galeri store ini yakni membangun sinergisitas dengan sejumlah perangkat daerah. Diantaranya dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUKM) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

“Jadi Dekranansda sebagai salah satu bagian dari ekonomi kreatif maka harus dikaitkan dengan Disbudpar. Jadi Disbudpar punya program, punya target, punya ‘arrange’ tentang Kota Bandung dan kita akan nempel di sana. Tentu dengan produk yang berdaya saing,” katanya usai pembukaan Galeri Store Dekranasda Kotra Bandung, di Gedung BCH, Jalan Laswi, Kamis (2/5/2019).

“Dipadukan dengan Disdagin, Dinas KUKM dan Disbudpar, saya yakin bisa memasuki pasar regional, nasional dan internasional,” lanjutnya.

Selain membangun kolaborasi bersama sejumlah dinas, sambung Umi, Dekranasda juga menjalin kerjasama dengan e-commerce atau situs perdagangan online. Dalam hal ini Dekranasda Kota Bandung menggandeng blibli.com sebagai rekan kerjanya.

“Salah satu yang kita gandeng adalah blibli.com. Hari ini kita kembangkan pemasaran dalam bentuk online. Wall-wall kita buat sedemikian rupa agar tidak monoton. Kita mengikut dengan sistem mereka. Itu sudah internasional dan wallnya itu kita ditaruh di depan,” ujarnya.

Umi menuturkan, kehadiran Galeri Store Dekranasda ini juga untuk merangsang para perajin atau pelaku industri kreatif di Kota Bandung untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas karyanya. Namun, tetap mengedepankan originalitas dan ciri khas muatan lokal di setiap produknya.

Dalam pembukaan galeri store ini, Dekranasda berhasil mengakomodir 111 produk unggulan. Nantinya, produk unggulan yang ditampilkan di gerai akan diatur secara bergiliran.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial menyerukan kepada Dekranasda agar tak cepat berpuas diri. Menurutnya potensi industri kreatif di Kota Bandung sangat besar, sehingga perlu menggali lebih dalam.

“Saya lihat Kota Bandung sebagai ibu kota kreatif. Urusan kualitas sudah cukup bagus, tapi dengan catatan tidak boleh merasa puas. Kualitas harus kita tingkatkan. Tidak hanya kualitas, dari sisi harga pun harus bisa bersaing,” ucapnya.

Wali kota menilai, Galeri Store Dekranasda ini memiliki manfaat besar. Sehingga, dia berharap keberadaanya bisa bertambah lagi. Utamanya di lokasi yang lebih strategis di titik destinasi wisatawan.

“Ini baru satu. Kita cari titik-titik strategis di tempat lain. Karena kalau cuma satu, nanti turis datang berjubel di tempat ini,” katanya. (Humas Pemkot Bandung)




share to whatsapp