Review

Inilah Channel Lagu dan Bobodoran Sunda di Youtube

share to whatsapp



Channel youtube bodor Sunda

Kemajuan teknologi mau tak mau menggiring para penikmat lagu maupun bobodoran Sunda berganti media. Kehadiran Youtube dan aplikasi medsos mengubah pola mendengarkan atau menonton lagu dan humor Sunda. Lagu dan bobobodoran bagi urang Sunda menjadi ruang untuk rileks sejenak dari hiruk pikuknya dunia. Ya, sedikit buat merenggangkan otot wajah agar tidak terlalu serius, biar bisa rileks sejenak.

Bagi yang ingin belajar atau mengenal bahasa Sunda, kehadiran channel-channel Youtube yang mengusung konsep hiburan ala urang Sunda bisa jadi pilihan. Kehadiran Youtube pun bisa jadi media penyambung bagi berbagai generasi buat menikmati hiburan ala urang Sunda tersebut.

Dengan bekal gadget atau PC serta jaringan internet, pengguna bisa mengakses lagu-lagu Sunda maupun menikmati tayang video bodor-bodor Sunda. Bandingkan dengan zaman era 80-90an dimana buat menikmati kedua genre hiburan tersebut, hanya bisa di radio, kaset, atau kali-kali di TV.

Jembatan budak ayeuna dan budak baheula
Adanya video-video lagu dan bobodoran Sunda di Youtube secara tak langsung jadi jembatan bagi barudak milenial dan barudak baheula. Bagi anak-anak sekarang, adanya video lagu dan bobodoran Sunda di Youtube, bisa mengenal kembali karya seniman-seniman Sunda. Bagaimana jaman 80-90an, di Tatar Sunda khususnya Bandung, punya seniman sekaliber: Kang Ibing yang saat membawakan bobodoran Sunda selalu dinanti penggemarnya.

Belum lagi jika sudah berkolaborasi dengan kawan-kawannya di D'Kabayan bersama Aom Kusman, Babah Ho Liang, Kang Wawan, dan Mang Ujang. Bukan hanya itu, kolaborasi bodor Sunda antara pelawak Sunda dengan dalang wayang golek pun bikin perut terpingkal-pingkal. Cobalah cari di Youtube video kolaborasi bobodoran dari era Kang Ibing - Asep Sunandar Sunarya sampai era Ohang dengan Dadan Sunandar Sunarya. Bagi yang hobi menonton wayang golek, bodoran Cepot atau para buta (raksasa) pun bisa jadi hiburan tersendiri buat babarakatakan.

Sebagai informasi, sosok Kang Ibing adalah seniman Sunda multitalenta yang bukan hanya jago ngabodor, tapi juga piawai dalam seni akting, menciptakan lagu, menyanyi, sampai ceramah. Salah satu karya beliau dalam bidang pentas, sebelum wafat Kang Ibing bikin naskah buat pementasan sandiwara komedi Sunda berjudul "Juragan Hajat".

Juga bagi kaum milenial, bisa mencari video-video klip lagu Sunda era dulu yang pernah berjaya pada zamannya. Dari penyanyi Sunda Nining Meida, Darso, Doel Sumbang, hingga Bungsu Bandung. Mereka adalah dari sebagian seniman-seniman Sunda yang memberi roh pada peradaban masyarakat Sunda dari jalur karya seni.

Bodor dan lagu Sunda di era Youtube
Di zaman sekarang, selain bisa menikmati lagu dan bodoran lawas, tak sedikit para seniman yang "hijrah" memanfaatkan kanal Youtube buat memperkenalkan karya-karya mereka. Selain para seniman, netizen lain pun banyak yang mengunggah video bobodoran dan lagu Sunda koleksi mereka sendiri.

Bagi seniman, tentunya juga ada nilai lebih, kalau kata urang Sunda mah fardu kasambut, sunah kalampah. Artinya, yang utama bisa dilakoni, yang selingannya bisa dicapai. Ya, di kanal Youtube selain bisa menampilkan karya, hasil dari AdSense pun bisa mereka raup.

Berikut ini beberapa seniman Sunda yang aktif mengunggah video-video terbaru mereka, di antaranya ada channel:

Channel Youtube Lagu Sunda
- Nining Meida: Nining Meida Official
- Doel Sumbang: Doel Sumbang Asli
- Rika Rafika: Rika Rafika Channel
- Sundanis Hip Hop Sunda: Sundanis TV
- Rita Tila: Rita Tila Official
- Yayan Jatnika: Yayan Jatnika Channel
- Bungsu Bandung: Bungsu Bandung Channel
Lagu pop Sunda 80-90an: Xae Fang Radio Parahyangan
- AK TV: AKTV 43UHF 99 Persen Nyunda

Channel Youtube Bobodoran Sunda, Wayang Golek, dan Info Sunda
- Putra Giri Harja 3 (Dadan Sunandar Sunarya): PGH 3 Channel
- Sule: Sule Channel
- Budi Dalton: Budi Dalton NGOBAT Official
- Ohang: Ohang Management Channel
- Jenong: Jenong Channel
- Apil (dubbing Sunda): Apil
- Bazit (dubbing Sunda): BAZITCREATIVE chenol
- Banyolan Sunda: Banyolan Sunda
- Belajar Bahasa Sunda: TheBudakBageur




share to whatsapp