Review

Jajanan Rujak di Kota Bandung




Rujak adalah kuliner Nusantara yang menjadi primadona tersendiri. Di Tanah Sunda, kebiasaan ngarujak (merujak) bisa ditemukan di setiap daerah. Rujak yang dibikin bisa beraneka bahan dan bumbu. Bagi Anda para pecinta kuliner rujak, di Kota Bandung ada beberapa tempat untuk menikmati kuliner ini. Salah satunya adalah di Jalan Macan (dekat kawasan Jalan Lodaya/Jalan Buah Batu). Di sini dikenal ada rujak yang ditumbuk. Aroma khas rujak di sini mampu membangkitkan selera. Bahannya sendiri terbuat dari cabai merah dan gula aren (gula kawung). Di sini, Anda juga bisa menikmati jenis rujak lainnya: rujak asinan dan rujak manis. 

Jika Anda ingin mencoba sajian rujak lainnya, cobalah berkunjung ke arah Jalan Pungkur. Di sini, Anda bisa mencicipi rujak ulek, lotek, dan petis. Letaknya di Jalan Pungkur No. 239. Lokasinya bisa dijangkau dari arah Jalan Moh. Ramdan atau Jalan Ciateul. Tempat ini berdiri sejak tahun 1970-an. Di sini, Anda bisa menikmati variasi menu rujak dengan asinan. Bahannya sendiri menggunakan buah-buahan, asinan, gula, cabai, dan kacang tanah (suuk).   

Sementara di daerah Bandung Timur, Anda bisa mengunjungi daerah Cipadung (Jalan A.H. Nasution). Di sini, ada rujak Pak Anang. Rujak milik Pak Anang ini biasa menjadi langganan para mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati. Memang letaknya persis di depan kantos BRI - UIN Sunan Gunung Djati. Aneka buah seperti kedondong, jambu air, belimbing, nanas, pepaya, dan sebagainya dihidangkan dengan bumbu gula kawung, asam jawa, kacang, dan garam diulek hingga menghasilkan bumbu rujak yang maknyos.  

Bicara kuliner rujak, salah satu kekhasan rujak yang ada di Tatar Sunda adalah penggunaan bumbu honje/combrang. Anda bisa menikmati rujak dengan wangi alami bahan honje ini di daerah Ciherang Banjaran, kawasan Bandung Selatan. Namun, bagi Anda yang ada di daerah tengah kota Bandung, bisa mendatangi rujak honje yang ada di daerah Perumahan Margahayu Metro. Tepatnya di Jalan Venus Raya No. 2 (dekat Rumah Makan Laksana/Bundaran).

Tempat lainnya yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi rujak adalah:
- Rujak Cenghar Mak Yos, terletak di foodcourt Festival Citylink lantai III. Jln. Peta
- Rujak dan lotek Paranti Lotek Paranti Jl. Cilentah No.4, Kota Bandung 
- Rujak Cingur Bu Azis, Jalan Parakan Raya Indah No. 1 (Jalan Soekarno-Hatta/By Pass)
- Rujak Cingur Jl Anggrek, Bandung (sebelah sate madura Jl. Anggrek)
- Rujak Cipaganti, Jalan Cipaganti Np. 75
- Rujak Sumber Sari di Komp. Sumber Sari Jln. Soekarno-Hatta (depan BCA). Keluar tol Pasiroja belok kanan ke arah Jln. Soekarno-Hatta, belok kanan lagi ke Perumahan Sumber Sari.
- Rujak Mekarwangi, Depan Ruko Perumahan Istana Mekarwangi No. 8 (Jalan Soekarno-Hatta)
- Rujak Restoran Sagoo, Jalan Trunojoyo
- Rujak Jegeg (khas Bali), Jln. Sukajadi 181, Bandung. Tlp. 022-2034622 / 022-92327000
- Rujak Ciherang, rujak paling ngehits di Bandung selatan dengan bumbu menggunakan kecombrang. Alamat di daerah Ciherang, Jln. Raya Banjaran - Soreang.
- Rujak Lugina, di Jl.Gegerkalong Hilir
- Rujak Tasik, Jl. Laswi (dekat Rumah Makan Bumbu Desa/perempatan Jln. Ahmad Yani)
- Rujak dan lotek Ibu Ini Garsela Jln. Perumahan Batununggal (dekat JNE Batununggal), masuk dari jalan sebelah Bank Mandiri Batununggal. Telepon: 0853 2030 7777 / 0853 5399 1999