Review

Menikmati Keindahan Lanskap Bandung dari Bukit Moko





Jika dilihat-lihat seputaran wilayah Bandung, kota ini seperti kuali raksasa dimana di pingiran kota "dibentengi" oleh pegunungan. Oleh sebab itu, wisata alam Bandung menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Lihat saja kawasan Lembang, Ciwidey, atau Pangalengan kerap menjadi primadona para wisatawan yang melancong ke Bandung. Menikmati keindahan Kot Bandung juga bisa Anda nikmati di daerah Punclut. Di sana selain berburu santapan kuliner Sunda, Anda bisa menerawang ke sekeliling arah Kota Bandung.

Namun, adakah alternatif lain bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kota Bandung? Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi kawasan titik tertinggi di Kota Bandung, namanya Bukit Moko dengan Puncak Bintang sebagai spot idola untuk menerawang Bandung dari ketinggian. Untuk mencapai Bukit Moko, Anda tingga mengarah ke daerah Bandung timur, tepatnya sekitar terminal Cicaheum. Di sini tinggal mengarahkan perjalanan Anda ke Jln. Padasuka, kemudian lurus terus naik ke atas hingga mentok. Di situlah Bukit Moko berada dan di puncak tertinggi Bandung ini pengunjung bisa melihat keindahan lanskap Kota Bandung.

Rute Menuju Bukit Moko
Anda bisa ke Bukit Moko dengan menggunakan kendaraan atau kalau ingin lebih menantang bisa dengan jalan kaki. Adapun jarak dari Terminal Cicaheum ke Bukit Moko sekitar 8  Km lebih. Perjalanan Anda bisa melalui jalur Padasuka-Caringin Tilu  kemudian ke Bukit Moko. Selengkapnya, jika dari Terminal Cicaheum bisa melewati Jalan Padasuka hingga ke Desa Cimenyan.

Para pengunjung, terutama akhir pekan banyak yang menuju daerah ini. Terutama mereka yang senang naik sepeda. Untuk jalannya sendiri, kondisinya bisa dikatakan bagus. Daerah ini termasuk ramai oleh kawasan permukiman. Di daerah sini juga dikenal dengan lokas wisata seni Saung Angklung Udjo (SAU).

Rute tanjakan yang ada di sini bisa menjadi tantangan tersendiri. Jika Anda merasa kebingungan, warga sekita sini siap memberikan bantuan untuk menunjukkan arah ke Bukit Moko. Nah, selepas perjalanan dari Desa Cimenyan, lebar jalan mulai menyempit, jalannya masih beraspal. Rumah-rumah pun mulai jarang terlihat. Di kawasan atas banyak kebun-kebun sayuran yang menjadi ciri khas Bandung di kawasan ketinggian. Tantangan tanjakan bisa Anda rasakan ketika melewati Caringin Tilu menuju Bukit Moko. Namun, setelah sampai di Bukit Moko rasa lelah Anda akan terbayar dengan melihat keindahan lanskap Bandung dari Puncak Bintang.

Berfoto dan Menikmati Kuliner
Konon Puncak Bintang di Bukit Moko merupakan titik tertingginya Kota Bandung. Puncak ini berada di ketinggian sekitar 1500-an meter dari permukaan laut. Di sini kita bisa ngaso dulu di Warung Daweung. Di warung inilah kita bisa sekalian menyaksikan Bandung dari titik tertinggi. Cocok dengan namanya, Warung Daweung yang dalam bahasa Sunda artinya melamun. Di sini Anda, bisa memotret kawasan Bandung yang dikelilingi oleh gunung-gunung, di tengah kawasan Bandung berjejer bangunan-bangunan (terutama daerah bisnis). Sementara di belakang Warung Daweung, kita bisa menikmati keindahan alam hutan pinus dan kebun-kebun milik warga yang tersusun rapi.

Bukit Moko
Cimenyan, Kabupaten Bandung
[Lihat peta lokasi]
Harga tiket masuk Rp15.000 (sewaktu-waktu bisa berubah)
Foto-foto di Bukit Moko lihat di sini.
Video di Bukit Moko tonton di sini.