Review

Bandung Bakal Punya Masjid Terapung di Tengah Danau




Konsep desain masjid terapung Bandung

Kawasan Bandung Timur kini sedang menggeliat. Selain sedang berjalannya pembangunan di kawasan Gede Bage, juga rencana kepindahan Gedung Pemkot ke kawasan tersebut. Ada pula rencana lainnya untuk mengembangkan kawasan Bandung Timur sebagai kawasan tujuan wisata dan permukiman sekaligus menjadi ikon kota Bandung. 

Selain dengan dibangunnya Gelora Bandung Lauta Api, di sana juga rencananya akan dibangun tempat wisata mirip Marina Bay yang berada di Singapura. Ada dua tujuan pembangunan danau mirip Marina Bay di Bandung. Pertama, untuk menampung air hujan supaya tidak terkena dampak banjir. Kedua, sebagai tempat wisata baru di Bandung. Untuk mewujudkan rencana itu, sang Wali Kota meminta sejumlah kepala dinas untuk mempelajari konsep Marina Bay dari berbagai aspek. Konsep mirip Marina Bay ini sangat cocok dibangun di Gedebage, karena di kawasan itu masih terdapat lahan yang kosong.

Selain itu, rencana menarik lainnya adalah di kawasan Bandung Timur tersebut akan dibangun masjid terapung di tengah-tengah danau yang letaknya di di kawasan Gedebage, Bandung. Rencananya Pemprov Jabar dan Pemkot  Bandung akan bekerja sama membuat masjid di tengah-tengah danau. Nantinya, di sana akan dibuat danau buatan denga masjid terapung di tengahnya. Adapun rencana dan anggarannya sedang digodok.

Pembangunan masjid terapung itu merupakan salah satu program pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Jawa Barat. Selain di Bandung, rencananya, pembangunan masjid seperti itu akan dilakukan di kabupaten/kota di Jawa Barat di lahan milik pemerintah provinsi.