Review

Informasi Fasilitas, Harga Tiket, Rute, dan Halte Naik Bus Bandros Bandung





Bandros yang ini bukan makanan tradisional khas Sunda, namun kepanjangan dari Bandung Tour on The Bus. Ini adalah bus tingkat di Kota Bandung yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung. Bandros diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014.

Bus wisata ini melayani para wisatawan di kota Bandung asalnya bisa dipergunakan secara gratis.  Bandros juga merupakan bentuk Corporate Social Responsibility dari Perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung. Bus wisata ini berkapasitas kurang lebih 30 orang ini dimaksimalkan di lantai dua, sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri. 

Update layanan Bus Bandros: lihat di sini

Selain mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, bus wisata yang dirancang dengan nyaman dan menarik ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi sehingga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di kota Bandung. Sebelumnya, untuk penamaan nama bus sendiri, pemerintah kota Bandung juga mengadakan sayembara terbuka untuk memberi nama bus wisata tersebut melalui jejaring sosial Twitter. Sayembara ini dimenangkan oleh Erry Pamungkas yang memberi nama bus wisata ini dengan nama Bandros, singkatan dari Bandung Tour on The Bus. 

Update Reservasi Bus Bandros
Bandros sudah dipindah kelola yang asalnya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung kini oleh komunitas Masyarakat Peduli Bandung (Mang Dudung).

Pengelola Bus Bandros dari Komunitas Mang Dudung, Poppy menjelaskan, Bus Bandros bisa dinaiki secara gratis oleh perorangan, namun harus melakukan registrasi sehari sebelumnya. Sedangkan untuk reservasi dikenai biaya Rp 800.000 per unit selama 8 jam.

Bus Bandros ini akan berwisata memutari sejumlah tempat terkenal dan bersejarah di Kota Bandung, seperti taman-taman tematik hingga Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika. Untuk shelter tempat naik atau penyewaan ada di Taman Cibeunying Bandung.

"Ada enam unit Bus Bandros, satu unit untuk reguler, dan lima sisanya bisa disewa oleh umum. Untuk yang disewa bisa dijemput langsung ke tempat, kalau reguler naiknya di Taman Cibeunying," terangnya.

Rute Bus Bandros reguler ini pun akan mengelilingi Bandung berkisar antara 45 menit hingga 1 jam. Penumpang tidak diperkenankan turun dari bus selama beroperasi, karena disediakan seorang tour guide untuk menjelaskan titik-titik tempat yang dilewati. Bus Bandros beroperasi mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB serta berkapasitas 22-25 orang didalamnya.

Informasi lebih lengkapnya Anda bisa hubungi call center Bandros: 0896-2203-3971 (Poppy)