Review

Dusun Bambu: Menikmati Kesejukan Bandung Utara Bersama Keluarga




Dusun Bambu Lembang Bandung

Wisata alam di kawasan Bandung utara menjadi primadona tersendiri bagi para wisatawan. Maka tak heran, jika setiap akhir pekan atau musim liburan, para pelancong berduyun-duyun ke kawasan Bandung utara. Ya, daerah Lembang menjadi destinasi wisata alam yang kerap diburu para wisatawan untuk menikmati kesejukannya. Jika Anda termasuk yang ingin menikmati wisata alam di kawasan Lembang, cobalah untuk mengunjungi kawasan wisata Dusun Bambu. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tengah tengah berwisata ke Kota Bandung bersama keluarga. 

Lokasi Dusun Bambu
Kawasan wisata Dusun Bambu terletak di Jln. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat. Pengunjung bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu. Ada pula Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik seolah bergelantungan di antara pepohonan. Sementara jika ingin bersantap, ada Burangrang yang merupakan restoran keluarga dengan suguhan hidangan Indonesia. Sementara area Purbasari menyuguhkan hidangan tradisional Sunda dengan konsep lesehan di gazebo-gazebo bambu di tepi danau. Jika ingin membeli berbagai sayur dan buah segar maupun snack dan suvenir khas Sunda bisa mengunjungi Pasar Khatulistiwa.

Rute Menuju Dusun Bambu
Jika Anda ingini ke lokasi ini, bisa melalui Jalan Sersan Bajuri (jalan yang ada di seberang Terminal Ledeng), ikuti jalan tersebut terus sampai melewati Vila Istana Bunga, lanjut terus ke Universitas Advent dan masih berlanjut melewati Curug Cimahi. Sepanjang jalan ada petunjuk kok jadi nggak perlu kuatir tersesat. Nah dari Curug Cimahi sekitar 300 meter di sebelah kanan jalan ada jalan masuk dengan gapura bertuliskan Komando. Kemudian, Anda tinggal masuk ke jalan itu kemudian kurang lebih 500m akan sampai di gerbang masuk Dusun Bambu. Di sini, Anda akan ditarik tiket masuk akan dikenakan Rp15.000,- per orang (anak kurang dari 3 tahun gratis) dan mobil Rp10.000,-.

Di sini, setiap villa dilengkapi dengan layanan kamar 24 jam, akses WiFi gratis, TV satelit, bathroom amenities gratis, teh dan kopi gratis, peralatan BBQ serta dapur dan peralatan lengkapnya. Pokoknya sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan dengan memilih area wisata alam ini.

Fasilitas Dusun Bambu

1. Villa
Tipe kamar yang bisa dipilih adalah Villa 1 Kamar dan Villa 2 kamar. Harga sewa per villa bervariasi sekitar 2 hingga 3 jutaan.

2. Kampung Layung
Cottage ini bernuansa alam pedesaan, dari eksterior, interior sampai dengan hiasan semua terbuat dari kayu dan bambu. Tapi jangan ditanya isi cottagenya, ruang tamu lengkap dengan TV layar datar dan speaker home theatre, dapur dengan kompor induksinya, kamar mandi dengan shower air panasnya. Paduan nuansa desa dan kota, tradisional dan modern. Di beranda ada tempat lesehan untuk duduk-duduk bersantai. Dilengkapi juga adanya halaman belakang yang dilengkapi dengan fasilitas BBQ. 

3. Lutung Kasarung
Ini merupakan cafe yang cocok untuk nongkrong. Bentuk kafenya sangat unik seperti kandang burung raksasa yang bergantung di atas pohon. Antara satu ruangan dengan ruangan lain dihubungkan dengan jembatan kayu. Pengunjung akan melihat kapsul-kapsul diselimuti akar-akar pohon yang kalau dilihat dari bawah itu seperti bergelantungan di pohon-pohon. Bangunan ini ada rangka dan struktur penyangganya. Kapsul-kapsul tersebut ada kapsul yang isinya wastafel untuk cuci tangan, ada kapsul yang isinya tempat duduk-duduk.

4. Cafe Burangrang
Ini mungkin bangunan paling modern yang ada di Dusun Bambu. Kafe ini memang tidak jauh berbeda dengan kafe-kafe yang biasa kamu temui di kawasan lain. Apalagi, letaknya yang cukup tinggi membuat para pengunjung bisa menikmati pemandangan spektakuler sambil menyantap makanan mereka. Cafe Burangrang ini juga terbilang luas kok, travelers, karena bisa menampung hingga 600 pengunjung. Kalau mau mencoba menu istimewa mereka, kamu bisa memesan Ayam Bakar Bambu Betutu, Bebek Bakar Bambu Betutu, Nasi Bakar Kelapa Muda atau Cumi Ala Dusun Bambu.

5. Pasar Khatulistiwa
Pasar Khatulistiwa terletak di lantai dua dari gedung yang bersatu dengan Restoran Burangrang. Pasar ini menjual berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar yang katanya beberapa diambil langsung dari gunung Burangrang. Ada juga suvenir dan makanan-makanan tradisional Sunda yang bisa Anda dapatkan di sana dan berbagai macam barang lainnya. Semua transaksi di Pasar Khatulistiwa dan kuliner harus menggunakan voucher yang bisa ditukar di beberapa tempat di sekitar sana. Kabar baiknya kalau tidak habis terpakai bisa direfund uangnya.

6. Tegal Pangulinan
Tegal Pangulinan dalam bahasa Indonesia bisa diartikan tempat untuk bermain. Di sini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk mencoba aneka permainan tradisional khas Sunda, seperti: jajangkungan/egrang, lomba bakiak, dan aneka permainan tradisonal lainnya. 

Di Dusun Bambu juga tersedia area camping ground. Ini jika Anda ingin benar-benar "menjajal" hawa sejuk kawasan Bandung utara dan berwisata lain dari biasanya. Kawasan perkemahan ini, Anda bisa masuk ke dalam tenda ada ruang kumpulnya di tengah dengan sekatan-sekatan kamar di sekelilingnya. Untuk kelengkapannya, ada WC dan kamar mandi pribadi terpisah di luar tenda lengkap dengan air panas dan air dingin. Setiap tenda punya kamar mandi pribadi.

DUSUN BAMBU
Alamat: Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat
Peta lokasi: KLIK DI SINI

Kontak:
Telepon: 022 - 82782020
Fax : 022 - 82782014
Mobile : 0857-2125-4446
PIN BBM: 572624A0

- Update info silakan klik: http://dusunbambu.com
- Video lokasi Dusun Bambu: tonton di sini.