Review

Puncak Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung, 24 April 2015




Pada April 1955, Bandung mencatat sejarah sebagai kota yang menjadi pusat pertemuan negara-negara di Asia dan Afrika.  Itulah yang dikenal dengan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang melahirkan Dasasila Bandung. Dasasila ini melahirkan pernyataan mengenai dukungan bagi perdamaian dan kerjasama dunia. Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru. Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.

Menjelang bulan April 2015, Bandung bersiap-siap untuk menggelar event besar 60 tahun Konferensi Asia Afrika. Memang bukan hanya Kota Bandung yang menjadi tuan rumah. Pada event pertama akan digelar di Jakarta pada 19-23 April 2015. Sedangkan di Bandung sendiri akan dilangsungkan pada 24 April 2015 di. Untuk kegiatan di Jakarta akan diisi pertemuan tingkat pejabat tinggi. Kegiatan lainnya adalah pertemuan setingkat menteri.

Adapun pertemuan kedua yang akan dilangsungkan di Bandung dilaksanakan pada 24 April. Tanggal tersebut sekaligus juga merupakan puncak acara. Dimana dalam pertemaun tersebut, para pemimpin negara Asia-Afrika akan bertemu di Bandung. Pertemuan itu sekaligus sebagai napak tilas seperti ketika Konferensi Asia Afrika dibuka pertama kali pada 1955.

Acara lainnya yang digelar yaitu Asia-Africa Business Summit dan Asia-Africa Festival. Acara pertama dipersiapkan guna mendorong kerjasama ekonomi. Kegiatan ini diikuti para pengusaha dan kamar dagang dan industri dari negara-negara di kawasan Asia-Afrika. Sementara pada kegiatan peringatan KAA ini, akan dihadiri sebanyak 109 kepala negara dan 25 organisasi internasional.

Sementara tema yang akan diangkat dalam peringatam 60 tahun KTT Asia Afrika adalah perkuatan, stragthening, kerjasama selatan-selatan. Kerjasama selatan-selatan sekaligus juga ajang kampanye global akan kontribusi terhadap upaya untuk mempromosikan perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Anda ingin menjadi Relawan KAA? Untuk informasi dan kontak silakan buka akun Twitter: Relawan KAA