Review

Profil Hj. Isye Sumarni Pemeran Emak/Mertua Kang Mus di Sinetron Preman Pensiun





Pada Episode 5, tanggal 16 Januari 2015, kemunculan tokoh Emak ini  seakan menjadi orang penting yang dicari semua orang. Secara tak langsung, Emak adalah "pemersatu" semua preman. Muasalnya, Emak yang ikut ke pasar bareng Ceu Esih dan anaknya tiba-tiba menghilang. Kang Mus sebagai menantu pun ikut kalang kabut. Ia memerintahkan semua anggota preman bawahannya untuk mencari Emak.

Termasuk juga Kang Komar yang sampai nyasar ke sana ke mari mencari sosok Emak; yang dia sendiri tak tahu wajah mertua bosnya itu. Sampai akhirnya, pimpinan tertinggi preman yaitu Kang Bahar yang tak sengaja menemukan Emak sedang menangis di pinggir jalan. Kang Bahar pun mengantarkan Emak ke rumah anak buahnya tersebut.

Inilah Emak, si biang kekesalan semua pihak dengan gaya omongan dan tingkahnya. Rasanya semua orang tak ada yang sanggup menahan sikap Emak yang kumaha aing alias egois. Belum lagi omongannya yang seperti memberi smash pada orang lain. Ada saja bahan omongan plus tingkahnya yang bisa bikin sosok Kang Mus, Esih, Eneng, atau Ceu Edoh pada akhirnya hanya bisa geleng-geleng kepala sambil menahan rasa geram.

Bahkan, di tempat umum pun sikap cuek Emak bikin suasana jadi kacau. Contohnya saat Emak naik Bus Bandros diantar Eneng, cucunya. Sosok Emak-lah pula orang tua yang berani nimbrung selfie dengan anak-anak muda. Ia pula satu-satunya nenek yang pernah ngompol di atas Bus Bandros.

Profil Pemeran Emak
"Ema mah pikasebeleun nya?" begitu pertanyaan yang dilontarkan oleh sosok pemeran Emak ini saat tim wisatabdg.com mewawancarainya. Tokoh Emak yang diperankah Hj. Isye Sumarni tersebut memang digambarkan punya karakter tiis bin dingin dan kerap membuat lawan main (bahkan penonton) jengkel. Emak mengaku aslinya berasal dari daerah Perkebunan Teh Goalpara, Sukabumi.


Ia lama tinggal di Bandung tepatnya di kawasan Jalan Kinanti. Ibu ini memilih dunia entertain sebagai jalan hidupnya, karena menurutnya ia merasakan kepuasan tersendiri ketika berakting. Tak heran ia dulu sering ikut ke casting dari satu tempat ke tempat lain. Untuk urusan peran di sinetron "Preman Pensiun", ia merasa sudah merasa menjalin chemistry dengan tokoh anaknya, Esih yang diperankan Vina.