Review

Berburu Aneka Kuliner di Seputaran Jalan Burangrang, Bandung





Burangrang, sebuah jalan di Kota Bandung yang bisa dikunjungi dari berbagai arah. Anda bisa memasuki Jalan Burangrang dari Jalan Lingkar Selatan (Peta), Jalan Karapitan, atau dari arah Utara (Jalan Ahmad Yani/Kosambi). Kawasan yang berdekatan dengan Pasar Buku Palasari dan Lapang Softball Lodaya ini di sisi kanan dan kiri jalannya berjejer kios-kios juga kafe-kafe dan resto-resto. Di  Jalan Burangrang banyak sekali pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan makanan, dari mulai pecel lele, nasi goreng, hingga mie rebus. Kawasan kuliner Burangrang ini diresmikan Wali Kota Bandung Dada Rosada pada 7 Juni 2008.

Dari Makan Berat Sampai Makanan Ringan
Jalan yang bisa dilalui angkutan kota jurusan Elang-Cicadas dan St Hall-Gedebade ini terhitung mudah dijangkau. Di kawasan ini, ada sekitar 60 kios PKL dan puluhan pelaku usaha kuliner lainnya di jalan ini.Yang pasti, penataan pedagang yang tidak mengambil areal trotoar menjadi salah satu alasan mengapa para pemburu kuliner senang mendatangi kawasan ini.  Di sini, hampir 70 persen kuliner yang disajikan termasuk kategori makanan berat dengan harga yang variatif bergantung juga lokasi dagangannya.

Dari yang ingin sarapan hingga yang kelaparan tengah malam bisa cari makan di Jalan Burangrang. Dan yang pasti, setiap pedagang mempunyai menu andalan sendiri-sendiri. Sehingga, pengunjung tidak akan menemukan makanan yang sama di satu dagangan dengan dagangan lainnya. Beberapa tempat kuliner yang ada di Jalan Burangrang di antaranya: Batagor Riri, Ayam Goreng Suharti, Uji Nyali, Cafe, Sate Maranggi 77 Ceu Dewi, Ketan Susu 77, Gorengan, Bajigur Bandrek 77, Nasi Rames Pak Anas, Pujasera; Martabak San Francisco, Batagor Athong, Batagor Burangrang, Baso Tahu Saboga, Baso Tahu Putri, Cafe Ngopi Doeloe, Bakso Malang Enggal, Sate Padang Pariaman Mansyur.

Aneka Kuliner di Jalan Burangarang
Selain itu, ada juga kuliner lain, yaitu: Warung Jadul, Roti Bakar Si Kumis, Bakso Jai, Bubur Ayam Pelana, Sop Tiga Saudara, Kebab Lovers, Kebab Baba Rafi, Kue Balok, Warung Java, Es Kelapa, Pempek Sari Sanjaya, Pempek Apy Plaju,Serabi Kinca dan Oncom, Seafood , Soto Ceu Yat, Roti Bakar Dwi Lingga, Nasi Goreng Jabrig, Kue Balok Sarang Janda, Pisang Goreng Simanalagi, Restoran Sedep Malem, Bakpao BPI, Open Cafe, Gochi Resto, Kupat Tahu Pak Haji, Gudeg Yogya Ojolali Masakan Mbok Yem, Nasi Pecel Madiun Cak Tembong, Bebek Goreng Jago, Dilia, Asli Kapau, Mr Puencheng.

Banyaknya pilihan tempat kuliner di Jalan Burangrang ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa mencoba beberapa makanan untuk kemudian di lain hari bisa mencoba yang lain. Jika penasaran, Anda bisa membungkus makanan dan dibawa ke rumah. Satu yang pasti, tempat ini cocok bagi Anda yang akan kongkow-kongkow bareng teman atau keluarga. Masalah tempat parkir tidak terlalu repot, para tukang parkir akan membantu Anda mengatur kendaraan. Namun, jika sedang weekend atau musim liburan, harap sabar saja jika susah mendapat tempat parkir. *Tim liputan www.wisatabdg.com